Mudik Dengan Sepeda Motor? Ini Hal Yang Harus Diperhatikan

Apa? Sobat Momen Hari Raya merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama sanak saudara. Beragam pilihan transportasi perlu dicermati dengan tepat untuk mengantarkan keluarga bersilahturahmi, salah satunya menggunakan sepeda motor.
Pilihan transportasi mudik yang berbeda harus dipertimbangkan secara matang agar keluarga tetap berhubungan, salah satunya adalah penggunaan sepeda motor. Marketing Manager Astra Motor Kalbar mengatakan berkendara bersama keluarga memang menyenangkan terutama saat pulang kampung seperti Singkawang, Sanggau, Sintang hingga Putussibau namun tetap memperhatikan beberapa hal agar tercipta rasa aman, aman dan nyaman untuk berkendara jarak jauh maupun pada jarak pendek.

Mudik dengan motor jadi pilihan

“Penting bagi kami para pengendara sepeda untuk mengikuti aturan dan berhati-hati saat mudik berkendara, terutama saat membawa orang yang mereka sayangi. Berbagai elemen perlu diperhatikan saat perjalanan,” ujar Yusticia. 

Perhatikan hal-hal berikut ini supaya berkendara dengan motor makin aman dan nyaman


Berikut beberapa hal yang perlu diketahui dan disiapkan oleh para bikers yang ingin berkendara bersama keluarga :

1. Membawa Barang dan Penumpang


Berkendara menggunakan sepeda motor ditemani anggota keluarga adalah hal yang menyenangkan, namun membutuhkan konsentrasi tinggi bagi pengendara karena adanya kecenderungan ingin melakukan melakukan percakapan ringan atau bersenda gurau dengan pembonceng. Hal ini dapat merusak konsentrasi dan juga keseimbangan.
Saat berboncengan, alangkah baiknya pembonceng dapat memeluk pengendara atau dapat memegang jaket pengendara untuk menambah keseimbangan saat berkendara. Selain itu, pembonceng perlu mengikuti arah pergerakan pengemudi di depannya.
“Penting saat bepergian dengan penumpang bahwa penumpang juga harus menggunakan perangkat kemudi yang lengkap dan harus bisa menjadi penumpang yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengemudi. Juga tidak boleh terlalu banyak membawa barang bawaan, terutama barang bawaan. untuk kebebasan berkendara,” kata Yusticia,
Meningkatkan kenyamanan berkendara karena lebar bagasi tidak melebihi setang dan muatan diletakkan di belakang pengemudi dan tidak melebihi panjang sepeda motor atau setinggi bahu pengendara saat duduk di roda. Juga, pastikan barang bawaan Anda diikat agar tidak kehilangan keseimbangan saat mengemudi.

2. Atur Perjalanan


Dalam berkendara, pengguna sepeda motor juga harus memperhatikan jarak yang ditempuh. Jika Anda berkendara jarak jauh dengan waktu mengemudi lebih dari 2 jam, sebaiknya istirahat setiap 2 jam untuk melihat apakah tubuh Anda lelah. Jika Anda bersepeda jarak pendek, yaitu kurang dari dua jam, Anda harus memperhatikan asupan cairan dengan minum lebih banyak dan istirahat.
Perencanaan perjalanan merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan para biker, terutama bagi mereka yang melakukan perjalanan jauh. Pengemudi dapat memeriksa kondisi lalu lintas dari berbagai aplikasi perjalanan dan mencari kemungkinan rute alternatif untuk menghindari kemacetan lalu lintas.
Pengendara juga harus mempertimbangkan kondisi cuaca dan area yang akan mereka lalui untuk mendapatkan gambaran umum tentang kondisi perjalanan dan bagasi yang mereka bawa.
Mengatur rute perjalanan itu penting

“Pengendara sepeda motor harus mengetahui kondisi jalan di depan dengan berkonsultasi dengan aplikasi peta digital atau dengan membaca referensi yang dapat informatif. Rencana ini akan memberikan perkiraan waktu tempuh, liburan minimal 30 menit, dan tempat membeli bahan bakar,” kata Lucky.

3. Riding Gear

Sepeda motor masih di tengah pandemi, hal itu juga mempengaruhi penggunaan riding gear. Tidak hanya helm dan sarung tangan, para bikers wajib menggunakan riding gear yang tepat untuk dapat menutupi seluruh tubuh seperti jaket, celana panjang, sarung tangan dan sepatu, serta juga menggunakan masker untuk berkendara. Selalu menggunakan masker saat beristirahat di tempat umum, sehingga mengurangi resiko terpapar virus atau penyakit lainnya.

Gunakan perlengkapan berkendara yang lengkap

Baiklah sobat semoga tulisan saya kali ini bermanfaat bagi kalian yang khususnya akan melakukan perjalanan mudik menggunakan motor, semoga selamat sampai tujuan ya sobat.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar