Cara Simple Untuk Mengaktifkan Dark Mode Chrome Untuk Semua Gadget

Apa? Google Chrome saat ini memang merupakan sebuah browser yang begitu powerful, disetiap laptop, komputer, tab, bahkan smartphone semuanya menggunakan yang namanya Chrome ini, ya kalau ada yang menggunakan browser lain mungkin gak sampai 40% kayaknya (ini masih asumsi saya sih sobat, kalau ada waktu nanti saya tampilkan datanya ya hihi).
Menggunakan Chrome untuk berselancar di dunia maya memang seru dan menyenangkan selain tampilannya yang menarik, kecepatan membuka halaman internet menggunakan Chrome juga di atas rata-rata, namun kalian yang familiar dengan tampilan Chrome tentunya merasa sedikit risih dengan warna putih yang ada di Chrome karena membuat silau saat sedang membaca artikel.

Yuk disimak biar kalian paham sobat

Jadi solusinya gimana? ada 1 fitur yang bisa kalian gunakan untuk membuat Chrome tampil lebih kalem yaitu dengan menggunakan "Dark Mode" penasaran caranya gimana? yuk simak tulisan saya kali ini ya sob.

Dark mode Google Chrome


Sebenarnya apa itu dark mode? dark mode merupakan salah satu fitur yang ada di Chrome yang mengubah tampilannya menjadi warna hitam, dengan mengubah tampilannya menjadi warna hitam otomatis cahaya yang menyilaukan setiap kita menggunakan Chrome yang berwarna putih akan berkurang sehingga membuat kita semakin nyaman berselancar di dunia maya.

Mengaktifkan dark mode Chrome akan memberikan pengalaman berbeda

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan jika mengaktifkan dark mode Chrome yaitu :
  1. Mengurangi cahaya biru yang dikeluarkan oleh layar dengan signifikan,
  2. Lebih nyaman bagi mata,
  3. Ternyata dark mode juga mampu membuat penggunaan baterai menjadi lebih hemat, dan
  4. Memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan saat menggunakan Chrome

Yuk aktifkan dark mode Chrome


Mengaktifkan dark mode pada Chrome berbeda-beda tergantung perangkat yang digunakan, disini saya akan rangkum cara mengaktifkannya sesuai dengan perangkat yang digunakan.

Cara aktifkan dark mode untuk PC atau laptop berbasis Windows


Caranya sangat mudah yaitu :
Langkah 1 : Buka Desktop PC atau laptop kalian, kemudian kalian langsung menuju ke settings
Langkah 2 : Setelah membuka settings, pilih "Personalization" dan gulirkan ke bawah
Langkah 3 : Sekarang kalian akan melihat banyak pilihan pengaturan, kemudian pilih "Colors" dan gulirkan ke bawah dan pilih "Choose Your Default App Mode"
Langkah 4 : Sekarang kalian tinggal pilih kedua pilihan light dan dark, nah kalian tinggal pilih dark, dan voila semua aplikasi termasuk Google Chrome akan langsung menggunakan dark mode,

Cara aktifkan dark mode untuk PC atau laptop berbasis macOS


Caranya sangat mudah yaitu :
Langkah 1 : Buka settings
Langkah 2 : Cari "system preferences" kemudian pilih tab "general"
Langkah 3 : dari pilihan yang ada kalian tinggal pilih "appearance"
Langkah 4 : Sekarang kalian tinggal pilih "dark mode" dan itu saja sobat, sekarang semua aplikasi yang ada di laptop kalian berbasi macOS akan langsung menggunakan dark mode.

Aktifkan dark mode Chrome menggunakan ekstensi


Jika kalian hanya ingin Google Chrome saja yang aktif dark modenya kalian juga bisa menggunakan ekstensi "Dark Theme for Chrome" yang begitu dipasang akan mengaktifkan dark mode khusus di Chrome saja sobat, kalau ada ekstensi lain yang bisa mengaktifkan dark mode di Chrome bisa sampaikan di kolom komentar ya sobat.

Cara aktifkan dark mode di Android


Dark mode Chrome di Android juga bisa

Dark Mode di Android merupakan update terbaru yang baru saja ditambahkan belum lama ini, untuk mengaktifkannya juga sangat mudah yaitu :
Langkah 1 : Buka Chrome, lalu masukkan chrome://flags di kolom browser saat kita akan berselancar di dunia maya, setelah melakukan itu maka kalian akan melihat banyak pengaturan
Langkah 2 : Pilih "Search flag box" kemudian tekan enter dan kalian tinggal tulis "dark" dan kemudian ada 2 pilihan yang akan muncul, yang pertama adalah "Android Chrome UI dark mode" yang kedua adalah "Android Web Contents dark mode"
Langkah 3 : Kalian tinggal pilih pilihan pertama dan dark mode seharusnya sudah langsung aktif untuk perangkat Android kalian

Cara aktifkan dark mode di iOS and Apple Gadget


Aktifkan dark mode di gagdet Apple sangat mudah

Dark Mode untuk Chrome di iOS dan Apple Gaget baru saja ditambahkan belum lama ini, untuk mengaktifkannya juga sangat mudah yaitu :
Langkah 1 : Masuk ke settings dan cari "Display and Brightness"
Langkah 2 : Ada dua pilihan yang terdapat disana di bawah "Appearance : Light or Dark" kalian tinggal memilih dark saja
Langkah 3 : Selesai, mudah sekali bukan untuk mengaktifkan dark mode untuk Chrome di iOS dan Apple Gagdet.s

Konklusi


Dark mode ini tentunya sangat berguna bagi kita saat berselancar di dunia maya menggunakan Chrome dalam jangka waktu yang lama, membuat pengalaman menggunakan Chrome jadi lebih baik.
Nah begitulah sobat cara mengaktifkan dark mode di berbagai perangkat semoga bermanfaat bagi kalian semua sobat, sampai jumpa di artikel saya berikutnya ya sobat see you.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar