Ingin Motor Tetap Awet? Berikut Tips Untuk Merawat Motor yang Kalian Miliki

Apa? Sobat pernah gak sih kalian saat service motor yang awalnya niatnya cuma mau ganti oli eh kok malah disuruh ganti motor? awalnya mau hemat eh kok jadi kantong jebol fix ini kamu pasti dihipnotis sama teknisinya ini hehe *bercanda.

Gimana caranya?

Hal ini biasanya terjadi pada motornya ciwi-ciwi nih soalnya sudah servisnya jarang-jarang, part motornya banyak yang sudah rusak pulak.
Bahkan saya sempat baca jargon ciwi-ciwi buat apa servis motor dan ganti oli mending duitnya beli seblak, ckckck hal ini tentunya gak boleh kalian lakukan ya sob soalnya motor itu penting banget loh.
Supaya kalian gak dihipnotis lagi sama mekanik atau montir servis motor ada baiknya kalian baca tulisan saya ini sampai selesai ya, biar motor tetap awet dan tetap bisa seblakan juga cekidot.

Merawat motor cukup seperti ini aja


Sobat merawat motor itu sebenarnya mudah sih kalian cuma perlu melakukan beberap hal berikut ini supaya motor tetap awet dan kuat membawa kalian menyusuri jalan-jalan di kota kalian sob.

Apa aja itu yuk cekidot khususnya kalian para ciwi-ciwi :s

1. Rajin ganti oli ya


hal pertama yang paling penting adalah kalian harus rajin melakukan pergantian oli motor matic dan oli motor bebek setiap 4 bulan setengah atau kalau lagi gak ada duitnya bolehlah olinya diganti paling lama 6 bulan deh.
Hal ini karena beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.
Oli yang mesti diganti itu ada dua ya sob, oli mesin dan oli gardan, kedua oli inilah yang membuat motor kita terlindungi, karena fungsinya untuk melumasi mesin dan gear motor yang kalian miliki.
Jangan sampai oli mesin dan oli gardan kering ya sob karena berpotensi untuk merusak mesin dan gear motor yang kalian miliki.

2. Perhatikan part yang aus atau rusak


Motor itu punya banyak sekali part-part yang semuanya wajib kalian perhatikan sobat, karena apabila ada part yang aus dan rusak akan mempengaruhi performa motor yang kalian miliki.

Perhatikan banyak hal berikut supaya motor tetap terawat

Ada beberapa part wajib yang harus kalian perhatikan, apa aja itu? kuy cekidot :

- Ban

Part pertama yang wajib kalian perhatikan tentu saja adalah ban, tanpa ban motor kalian gak bakalan bisa jalan sob hehe.
Selain itu ban memiliki jangka waktu pakai 1 tahunan atau sampai bunga atau motifnya mulai gundul, jika salah satu kondisi ini tercapai ada baiknya kalian mengganti ban tersebut.
Ban yang gundul jika terus digunakan bisa berbahaya, karena bisa membuat motor menjadi slip saat menikung.

- Kampas Rem

Part berikutnya yang harus diperhatikan adalah rem, karena rem adalah nyawa kalian sob, karena jika rem motor kalian blong dijamin kalian akan menabrak dan bisa masuk ke Isekai.
Untuk itulah kalian wajib menjaga kondisi kampas rem supaya pengereman motor kalian bisa selalu optimal

- Lampu

Lampu dan lampu sein yang ada di motor kalian merupakan penerangan dan penanda yang ada di motor kalian.
Kalau lampu kalian rusak tentunya akan membuat kalian kesulitan bahkan tidak bisa berkendara di malam hari, jadi pastikan kalian selalu memperhatikan kondisi lampu motor kalian ya sob.

- Part lainnya

Part-part lain yang harus kalian perhatikan supaya motor tetap enerjik saat berjalan di jalan raya terdiri dari filter udara, busi, Kampas ganda, aki, dan lain-lain.
Semua part ini wajib dicek untuk memastikan kondisinya, jadi ketika kalian akan melakukan servis kalian tau mana part yang harus diganti mana yang tidak dan tidak ada lagi tambahan atau pergantian part yang sebenarnya tidak perlu diganti.
Biasanya sih pergantian part ini akan diinformasikan oleh mekanik kepada kalian sobat dan kalau kalian paham sparepart yang perlu diganti apa aja tentunya jadi lebih baik bukan? setelah kalian setuju barulah mekanik akan segera melakukan pergantiannya.

3. Servis motor secara berkala


Supaya motor tetap awet merawat motor juga bisa dilakukan dengan rajin untuk servis motor secara berkala atau bahasa kerennya tune up sob.
Pastikan untuk selalu melakukan servis rutin sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pabrik motor atau bengkel terpercaya.
Dengan melakukan perawatan secara rutin, maka motor kalian akan tetap dalam kondisi prima dan dapat digunakan dengan aman dan nyaman dalam jangka waktu yang lama.

Pilih tempat servis terbaik


Memilih tempat servis terbaik merupakan salah satu cara bagi kalian untuk merawat motor agar tetap awet dan yang paling penting adalah supaya tidak terkena hipnotis dari mekanik yang akan memperbaiki motor kalian sob.

Servis motor di bengkel yang kasi layanan terbaik

Berikut beberapa tips memilih bengkel motor atau tempat servis yang baik menurut reviewapaaja.com, cekidot :
  1. Pilih bengkel motor yang memiliki reputasi baik dan terpercaya, kalian bisa mencari referensi dari teman atau keluarga yang sudah pernah menggunakan jasa bengkel tersebut.
  2. Perhatikan kualitas teknisi yang bekerja di bengkel tersebut, pastikan mereka memiliki sertifikasi dan pengalaman yang cukup untuk menangani perbaikan motor.
  3. Periksa fasilitas yang tersedia di bengkel tersebut, pastikan bengkel menyediakan alat-alat dan suku cadang yang lengkap sehingga memudahkan dalam melakukan perbaikan.
  4. Lihat ulasan atau testimonial dari konsumen sebelumnya mengenai pelayanan dan kualitas hasil perbaikan di bengkel tersebut.
  5. Pastikan harga yang ditawarkan oleh bengkel tersebut sesuai dengan kualitas perbaikan yang diberikan, jangan terlalu tergiur dengan harga murah namun kualitasnya tidak terjamin ya sobat.
  6. Cek lokasi bengkel, pastikan mudah dijangkau dan memiliki akses transportasi yang memadai untuk mengambil atau mengantarkan motor.
  7. Perhatikan jam operasional bengkel, pastikan sesuai dengan jadwal kalian sehingga tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.
  8. Jangan ragu untuk bertanya kepada teknisi tentang masalah pada motor kalian dan proses perbaikannya, pastikan mereka memberikan penjelasan yang jelas dan memuaskan bagi kalian.

Planet Ban hadirkan layanan servis motor istimewa


Setelah memahami tips memilih bengkel untuk servis motor, saya akan berikan rekomendasi bengkel servis motor terbaik menurut saya yaitu Planet Ban.

Bengkel rekomendasi dari saya Planet Ban

Kenapa harus memilih Planet Ban sebagai tempat untuk servis motor yang kalian miliki sob? yuk disimak sob.
  • Servis di Planet Ban sudah pasti dikerjakan dengan sangat profesional sob, seluruh bagian dan setiap part mesin akan dibersihkan dengan seksama sehingga menjadi sepertio baru kembali, kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran, hal ini tentunya gak bakalan kalian temukan di tempat lain sobat.
  • Planet Ban menggunakan oli khusus yang mampu meningkatkan performa motor dan juga bisa melindungi mesin yang akan membuat mesin jadi lebih awet dan tahan lama.

Planet Ban melayani pergantian oli terbaik
  • Dengan melakukan servis di Planet Ban, motor yang kalian punya terasa jadi seperti motor baru loh sob dan bisa membuat tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.
  • Berkat servis di Planet Ban kita juga ikut memelihara lingkungan loh sob karena emisi dan polusi dari motor yang kalian miliki berkurang drastis.
  • Biaya untuk servis di Planet Ban juga terbilang murah dan terjangkau, Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,- dengan biaya semurah ini tentunya gak bakalan bikin kantong jebol deh.

Konklusi


Merawat motor yang kalian miliki itu sebenarnya tidak begitu susah, kalian hanya perlu melakukan servis secara teratur, ganti oli dengan rajin, cek part yang rusak, dan saat akan servis pilih bengkel yang menawarkan pelayanan terbaik.
Nah gimana sob? dengan artikel singkat dari saya kali ini semoga bisa menjadi pedoman dan acuan bagi kalian yang ingin merawat serta menjaga motor yang kalian miliki ya sob.
Baiklah sampai jumpa di artikel berikutnya ya sob, tetap pantengin artikel - artikel menarik di reviewapaaja.com.(RAA)



Posting Komentar

16 Komentar

  1. Nice info gan
    Kmaren baru aja disuruh bubut mesin gara2 faktor U dan jarang servis :(

    BalasHapus
  2. Eits, tidak semua ciwi-ciwi lebih milih beli seblak uang service motornya. Saya milih bakso aja lah 😂. Jarang service karena motornya juga jarang dipakai 😊

    BalasHapus
  3. Nah, iya ya perawatan servis motor emang kudu rutin setiap bulan. Bagus banget Planet Ban kualitas produk dan montirnya. AKu biasanya ganti oli gearbox juga selain cek rem dll. Harga servis dan sparepart nya terjangkau ya mantap!

    BalasHapus
  4. Wkwkwk gak seimbang ya kalau dibandingkan sama seblak 🤣 kalau punya kendaraan emang harus dirawat dengan baik ya biar mesinnya juga bisa bekerja dengan baik. Planet Ban emang profesional banget, aku kalau perawatan motor selalu di Planet Ban. Hasilnya memuaskan.

    BalasHapus
  5. Tau banget kalau aku jarang baenget service motor hahah. Tapi emng planet ban wothit banget sih buat service apa aja. Aku kalau service juga udah gak mau ribet ngantri di ahas lagi, langsung aja ke planet ban dah cepet full service pula.

    BalasHapus
  6. Benar sekali. Bagi saya nih buibu rumah tangga, walau ga ada keahlian dalam hal mekanik, tapi kalau soal motor emang sebaiknya diservis di tempat terpercaya seperti planet ban. Hasilnya memang bagus. Motor makin terawat harga terjangkau

    BalasHapus
  7. Khusus untuk ciwi-ciwi uy... :D Aku yang gak bisa motoran, dulu tu ngerasa agak aneh liat suami rajin service motor. Wkwkwkw. Perasaan motor baik-baik aja. Tapi sekarang aku paham.

    BalasHapus
  8. Saya termasuk yang jarang servis gegara motor cuma dipakai jarak dekat. Waktu saya servis 2000 kiloan sampai ditanya petugasnya, "dua ribu kilonya sampai setahun ya Mbak?" haha...

    BalasHapus
  9. Minggu lalu aku ganti ban di Planet Ban. Wih layanannya juara. Alat-alat yang dipakai juga udah canggih, jadi gak pakai lama prosesnya. Planet Ban memang top

    BalasHapus
  10. Yang penting ganti oli sebulan sekali sudah cukup sih kalo saya mah . Wkwk

    BalasHapus
  11. Trejangkau banget ya itu biaya servis di Planet Ban. Sepertinya planet ban belum ada di batam, jadi masih harus ke bengkel biasanya meski terkadang hasilnya nggak memuaskan

    BalasHapus
  12. Artikel ini jadi warning buat aku yang jarang bgt service motor. Service motornya klo pas ada yang mau diperbaiki aja haha. Alhasil sekarang banyak rusaknya. Terimakasih infonya...

    BalasHapus
  13. Iya benar banget nih, aku pun paling gak suka urusan perbengkelan. Mungkin itulah sebabnya kemudian aku ditakdirkan takut motoran setelah kecelakaaan. SIM C kubiarin mati. Jadi, merdekalah aku dari urusan perbengkelan.

    BalasHapus
  14. Servis teratur dijamin gak bikin susah, yang susah kalau misalnya gak pernah diservis eh sewaktu2 rusak pas mau dipakaia atau lebih parahnya lagi pas udah di jalan waduuhh. Biaaya perawatan pun jadi jauh lebih banyak malah ujung2nya ganti motor. Padahal kalau mau merawat kendaraannya bisa awet yaa.

    BalasHapus
  15. Langganan Planet Ban juga ya Kak? Memang pilihan tepat sih bengkel ini banyak sekali kelebihannya ya

    BalasHapus
  16. Sering merawat motor seperti ini penting banget sih, apalagi kalau kendaraan tersebut sering kita gunakan untuk aktivitas baik kerja atau harian.

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan memperhatikan beberapa hal berikut :
1. Dilarang menyisipkan link aktif
2. Dilarang komentar secara berulang (spam)
3. Dilarang komentar yang menyinggung, serta yang terkait sara dan agama
4. Dilarang meminjam uang karena saya blogger bukan pinjol
5. Dilarang memesan makanan karena saya bukan ojol
Semoga tulisan saya bermanfaat bagi kalian
semua ya sobat.