Mengenal Dedicated Server dan Berbagai Macam Kelebihannya

Apa? Kamu yang memiliki website tentunya sudah mengenal apa itu dedicated server, terutama kalau kamu pernah mengalami siatuasi ketika website kamu memiliki traffic yang tinggi dan sering melonjak secara tiba-tiba. 

Yuk pahami dedicated server

Jangan khawatir, untuk kamu yang belum tahu tentang dedicated server, mimin akan kupas tuntas mengenai dedicated server dan kenapa sih pemilik website profesional harus menggunakan layanan dedicated server untuk websitenya.

Dedicated Server pilihan buat websiter


Dedicated server merupakan salah satu tipe hosting yang memungkinkan pengguna menyewa satu server secara menyeluruh tanpa berbagi dengan pengguna lainnya. 
Dengan begitu, ketika kamu memilih untuk membeli produk dedicated server, maka kamu dapat menggunakannya seorang diri. Pengelolaan dedicated server juga dapat dilakukan sendiri seperti melakukan pengaturan untuk memilih operating system, hardware, dan lain-lain.
Namun jika kamu menggunakan dedicated server, kamu tidak perlu khawatir dan repot untuk melakukan instalasi hardware sendirian, karena provider atau pihak ketiga yang menyediakan dedicated server untukmu bisa melakukan pemasangan tersebut hingga dedicated server dapat langsung digunakan.

Dedicated server biasanya digunakan untuk menjaga supaya tidak ada data yang hilang

Biasanya dedicated server ini ditujukan untuk perusahaan atau client yang sudah profesional dan memiliki database besar yang penting dan sangat rentan jika terjadi kehilangan data. Dengan begitu, dedicated server dapat dijadikan solusi untuk perusahaan karena data perusahaan akan disimpan dengan baik dan aman di pusat data center, salah satu data center Indonesia yang bisa kamu percaya adalah neuCentrIX .
Selain karena biaya yang ditetapkan untuk dedicated server Indonesia relatif tinggi, maka untuk para pebisnis pemula atau yang menggunakan website hanya untuk blogging sebenarnya belum terlalu membutuhkan dedicated server. Namun kalau kamu punya e-commerce sendiri dan berencana memperluas bisnismu, tidak ada salahnya untuk mengetahui soal ini.

Kelebihan dari dedicated server


Jadi, sebelum kamu memutuskan untuk menggunakan dedicated server, simak beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan dedicated server, yaitu :

Efektif


Salah satu keunggulan yang dimiliki dedicated server yaitu membuat pekerjaanmu lebih efektif. Ketika kamu menggunakan layanan ini, kamu bisa mengontrol server dengan hanya menggunakan remote saja. Dengan demikian, kamu tidak perlu melakukan pengawasan terhadap server fisik secara langsung. 
Hal ini dapat memudahkan kamu jika memiliki suatu pekerjaan yang lebih urgent dan kamu sedang tidak sempat untuk melakukan pengawasan fisik server secara langsung. Dengan hanya menggunakan remote, kamu dapat mengawasi server tersebut dan memastikan bahwa server berjalan dengan lancar.

Keamanan

Keamanan juga menjadi salah satu kelebihan dari dedicated server. Karena dedicated server hanya dapat diakses penuh oleh satu penggunanya, maka hanya pengguna yang punya akses saja yang dapat mengakses data-data di dalamnya. 
Dengan begitu, keamanan data lebih terjaga dibandingkan menggunakan non-dedicated server. Selain itu, jika terjadi kerusakan pada dedicated server, kamu tidak perlu mengurusnya sendiri, lho, karena provider akan membantumu untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi pada dedicated server.

Dengan dedicated server lebih aman

Full Access


Akses penuh merupakan kelebihan paling utama dari layanan dedicated server. Mengapa demikian? Karena dedicated server memungkinkan penggunanya untuk mengakses secara bebas dalam melakukan pengaturan dan pengelolaan sesuai keperluan dan keinginan.
Selain itu, kamu dapat menentukan hardware dan software serta konfigurasi berdasarkan bentuk spesifikasi apa yang ingin kamu pasang pada dedicated server tersebut.

Tidak Terganggu Aktivitas Lain


Jika menggunakan dedicated server hanya dapat diakses penuh oleh penggunanya, maka hal tersebut memungkinkan pengguna dedicated server untuk tidak diganggu oleh orang lain maupun aktivitas lain. Dengan menggunakan dedicated server, tentunya aktivitas client lain tidak akan mempengaruhi kinerja dari website kamu. Jadi, misalnya saat traffic di website-mu meningkat, kamu hanya perlu fokus mengurus traffic di website-mu saja tanpa perlu memikirkan aktivitas client lain yang tidak berpengaruh pada kinerja website-mu. 
Jenis server ini juga memberikan kesempatan pada penggunanya agar dapat mengelola beberapa domain pada satu server, serta manajemen website pun akan berjalan maksimal karena hanya satu pengguna yang memegang kontrol dan kendali secara penuh.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar