Kontrol Keringat Berlebih Untuk Cegah Jerawat Ketiak

Apa? Sobat keringat merupakan cara tubuh untuk mendinginkan badan yang kepanasan atau dengan kata lain proses alami dari tubuh kita untuk menyesuaikan suhu tubuh.
Keringat merupakan cairan yang mengandung garam dan dikeluarkan oleh tubuh melalui kelenjar keringat, keringat akan keluar diseluruh tubuh namun khusus untuk area ketiak, keringat yang dikeluarkan lebih banyak mengandung protein dan lemak.

Yuk dikontrol

Oleh sebab itu jika keringat yang keluar diketiak terpapar bakteri, maka akan menimbulkan bau tidak sedap dan dalam kasus ekstrem bisa menimbulkan jerawat ketiak hiiii.

Atasi keringat berlebih


Untuk menghindari jerawat ketiak dan bau tidak sedap pada ketiak akibat berkeringat berlebih kita bisa mengatasinya dengan mengontrol keringat berlebih tersebut.
Bagaimana caranya? yuk simak tips mengontrol keringat berlebih dari saya berikut ini :

1. Cukur bulu ketiak


Mencukur bulu ketiak mampu mengurangi keringat yang berlebih karena sifat bulu ketiak yang lembab bisa menyebabkan keringat yang berlebih di area ketiak, mencukur bulu ketiak efektif mengurangi keringat di area tersebut.
Namun patut diperhatikan untuk menggunakan pisau cukur yang tajam dan steril saat mencukur bulu ketiak, untuk menghindarkan timbulnya jerawat ketiak akibat penggunaan pisau cukur yang tumpul dan tidak steril.

2. Mengelap ketiak hingga kering setelah mandi


Setelah mandi pastikan untuk mengelap kering ketiak, hal ini untuk mencegah ketiak berkeringat tepat setelah mandi dan berpakaian.
Membiarkan ketiak basah setelah mandi dan menggunakan pakaian akan membuat ketiak lembab yang berujung kepada munculnya keringat yang berlebih sob.

3. Gunakan pakaian yang menyerap keringat


Menggunakan pakain yang menyerap keringat merupakan salah satu solusi mudah untuk mengurangi keringat berlebih pada tubuh.

Gunakan pakaian yang menyerap keringat

Pakaian dengan kain ringan, tipis dengan pori-pori baik dikenakan untuk kalian yang selalu bermasalah dengan keringat berlebih, dan jangan lupa gunakan pakaian yang longgar juga untuk memaksimalkan penyerapan keringat oleh pakaian.

4. Jaga makanan


Menjaga makanan yang kita makan bisa mengatasi keringat yang berlebih, hindari makanan pedas karena makanan pedas akan membuat tubuh menjadi panas yang berujung kepada keringat berlebih.
Cobalah untuk mengkonsumsi makanan penurun keringat yang mengandung banyak air, buah-buahan yang mengandung air, makanan dengan kandungan kalsium tinggi, pisang, sayuran, minyak zaitun, gandum, dan teh hijau.

5. Kurangi rokok dan kafein


Kafein bisa memaksa kelenjar keringat bekerja lebih banyak karena kafein akan menyebabkan tekanan darah naik yang berujung pada keringat yang keluar secara berlebihan.
Sedangkan nikotin pada rokok juga memiliki efek yang sama seperti kafein untuk itulah mengurangi rokok dan kafein akan mampu mengurangi keringat yang berlebih pada tubuh.

6. Gunakan deodorant


Mengatasi keringat berlebih kalian bisa menggunakan deodoran, dan bila ketiak kalian sangat sensitif kalian bisa menggunakan deodorant yang dirancang khusus untuk kulit sensitif seperti Dove Sensitive Deodorant.

Gunakan deodorant

Penggunaan deodorant terbukti bisa mengurangi keringat berlebih khususnya di area ketiak, untuk pengaplikasiaannya pastikan pakai deodoran setiap selesai mandi dan biarkan deodorant tersebut kering terlebih dahulu sebelum menggunakan pakaian.

Konklusi


Keingat berlebih memang tidak nyaman, khusus untuk area ketiak bahkan bisa menyebabkan bau yang tidak sedap serta mampu menimbulkan jerawat ketiak, untuk itulah kita harus mengatasi keringat berlebih dengan beberapa tips yang sudah saya jelaskan di atas.
Demikian tips singkat dari saya untuk mengontrol keringat berlebih, semoga bermanfaat bagi kalian semua ya sobat, sehingga kalian bisa bebas dari keringat berlebih dan terlindungi dari resiko jerawat ketiak.
Tetap stay tune diblog saya ini untuk menikmati artikel-artikel menarik dari saya berikutnya, bye.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar