Tips Foto-Foto Asik Dengan Kamera Smartphone Di Saat Lebaran Idul Fitri

Apa? Sobat Minal Aidin walfaidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin, izinkan saya selaku pemilik blog reviewapaaja.com ini mengucapkan mohon maaf lahir batin yang tak terhingga bagi kalian semua sobat yang sudah setia membaca blog saya, bagi yang berdomisili di Pontianak bolehlah mampir ke rumah untuk berlebaran.

Selamat lebaran sob

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri akhirnya tiba dan hal yang paling menyenangkan saat lebaran selain mencicipi opor ayam dan ketupat, adalah kita bisa berfoto-foto dengan seluruh anggota keluarga, dan biasanya personilnya lengkap karena semuanya pada mudik dan berkumpul di rumah orang tua.
Aktifitas berfoto bersama keluarga saat lebarannya tentunya berguna untuk mengabadikan momen kebersamaan yang hanya terjadi setahun sekali, ada banyak cara berfoto disaat Lebaran, namun yang paling simple kita bisa menggunakan fitur kamera yang sudah tersedia di smartphone yang kita miliki.
Nahhhh …. Pada tulisan saya kali ini saya akan membagikan tips untuk berfoto menggunakan kamera smartphone untuk menghasilkan foto yang menarik dan bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan, apa aja itu? Kuy disimak :

1. Gunakan tripod saat berfoto


Untuk menghasilkan foto yang bagus dengan menggunakan smartphone yang kita miliki sebisa mungkin saat memotret kita jangan terlalu banyak bergerak karena jika kita banyak bergerak dijamin foto yang dihasilkan blur, tidak fokus, dan kualitasnya jelek.

Menggunakan tripod bikin foto jadi makin ciamik


Nah untuk membantu menghasilkan foto yang jernih dengan hasil terbaik kita bisa menggunakan bantuan tripod, untuk semakin memaksimalkan fungsi dari tripod saat akan mengambil foto kita wajib menggunakan timer sobat hal ini untuk mengurangi goyangan pada smartphone akibat kita memencet tombol shutter kamera pada smartphone, yuk lanjut ke tips kedua.

2. Jangan ragu gunakan mode pro


Biasanya saat mengambil gambar kita selalu menggunakan mode auto, nah coba deh sekali-sekali gunakan mode pro dijamin kalian akan merasakan perbedaan dari hasil foto yang kalian hasilkan, mode pro memungkinkan kalian bisa mengatur segala aspek dari kamera smartphone yang kalian miliki.

Jangan ragu gunakan mode pro


Dengan menggunakan mode pro pada smartphone dijamin hasil foto yang kalian hasilkan akan jadi lebih baik dan bagus sob, nah untuk tutorial mode pro pada smartphone akan saya buatkan tutorialnya pada tulisan saya berikutnya ya sob jadi ditunggu saja.

3. Percantik foto dengan aplikasi editing


Setelah mengambil foto ada baiknya kita melakukan proses editing secukupnya untuk membuat hasil foto menjadi lebih baik baik, namun patut diingat jangan terlalu berlebihan saat melakukan editing foto karena biasanya hasilnya akan terlihat tidak natural yang jatuhnya akan membuat hasil foto bukan terlihat keren malah jadi jelek sob.

Edit biar hasilnya makin keren

Ada banyak sekali aplikasi editing foto yang bisa digunakan di smartphone salah satunya adalah snapseed yang merupakan aplikasi edit foto dari google, saya sendiri sangat senang sekali menggunakan aplikasi ini, kalau kalian suka menggunakan aplikasi editing yang seperti apa sob? Coba komen di kolom komentar ya.

4. Gunakan smartphone yang mempunyai kamera ciamik


Tips berikutnya bagi kalian yang akan mengabadikan momen berlebaran adalah selalu gunakan smartphone yang memiliki fitur kamera terbaik, salah satu fitur yang membantu kalian menghasilkan foto kualitas istimewa adalah OIS (Optical Image Stabilization) yang mampu membuat stabil kamera saat pengambilan foto.

Kamera smartphone flagship hasil fotonya keren

Fitur OIS ini biasanya ada di smartphone kelas atas seperti iPhone 14, Samsung S22 Ultra dan terkadang juga ada di smartphone mid range, OIS mampu membuat hasil foto menjadi lebih baik loh sob kalian bisa buktikan sendiri.
Selain fitur OIS, yang membuat hasil foto dari kamera smartphone terlihat bagus adalah sensor kamera yang digunakan, tapi apakah sempat kita memikirkan spesifikasi smartphone yang mampu menghasilkan foto keren saat lebaran? Ya tentu saja tidak karena pada dasarnya kita cuma ingin mengabadikan momen lebaran saja, jadi apapun smartphonenya yang terbaik untuk berfoto saat lebaran adalah smartphone yang ada atau yang kalian miliki saat itu.

Konklusi


Momen lebaran yang setahun sekali memang menjadi ajang bagi kita untuk berfoto bersama sanak saudara yang telah lama tidak kita jumpai, dan tentunya kita ingin hasil foto tersebut bagus dan baik sebagai kenangan.
Nah dengan mengikuti tips-tips dari saya di atas akan membantu kalian untuk menghasilkan foto yang bagus baik itu untuk dicetak ataupun untuk dipamerkan di media social, kalian punya tips lain yang mampu membuat hasil foto terlihat lebih baik? Kuy segera berikan komentar di kolom yang tersedia ya sob.
Baiklah sobat sekali lagi saya mau mengucapkan ‘Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Batin Ya Sob Selamat Lebaran’.(RAA)



Posting Komentar

15 Komentar

  1. fitur kamera yg dibenamkan d smartphone nih kereennnn yha

    yg jelas, kita kudu kreatif
    supaya hasil poto menariiikkk

    BalasHapus
  2. sekarang smartphone cameranya sudah mantep mantepsih, belum lagi sudah banyak sekali aplikasi editing foto yang ngebuat hasil foto beneran cakep dan maksimal

    BalasHapus
  3. Kalau semuanya sudah, tinggal gayanya aja yang kaku, dan kadang pas jadi, eh malu ngeliatnya wkwkwk. Btw pengen punya ipon sih, kameranya terbaik.

    BalasHapus
  4. Nah iya, kadang kita menemukan momen penting yang sayang kalau tidak didokumentasikan. Menggunakan tips yang sudah diberikan bisa membuat foto yang dihasilkan maksimal kualitasnya ya...

    BalasHapus
  5. Sejauh ini belum coba untuk ambil foto pakai hp dengan mode pro, mas *belum punya kamera digital hihiii
    Karena belum terlalu bisa atur juga
    Jadinya mode otomatis aja lah ehheee

    BalasHapus
  6. Duhhh lahh, gini ini jadi makin pengen punya iphone 14, hahaha, sebagus ituuu.. Di hp aku ada mode pro tp gak pernah pake, jd pengen nyoba. Mohon maaf lahir batin ya mas arif. Btw, yg bener itu "minal aidin" Bukan "aidzin" Di paragraf akhir. Hehehe artinya nanti beda

    BalasHapus
  7. Kayaknya aku kudu beli tripod, dari dulu kok maju mundur aja Mas. Ternyata penting biar gambar yang dibidik ga blurred, bisa fokus ke objek. Selama ini jarang eksplorasi fitur kamera smartphone, asal jepret aja. Mestinya pakai app juga ya biar makin cantik. Sambil ngayal bisa punya iPhone 14 hehehe

    BalasHapus
  8. aku termasuk yang jarang banget mengaktifkan mode pro, habis baca post bang Arief, perlu dicoba nih next time

    dann dari kemarin mau beli tripod baru, malah ketunda terus, ehh jadi keinget lagi pas baca artikel ini :D

    BalasHapus
  9. Pakai tripod emang paling gampang ya kalau mau foto keluarga. Cuma kadang tuh lagi poto, eh udah keburu ada yang ngunjungi. Mari lihat tahun depan akan gimana biar dapat foto yang oke

    BalasHapus
  10. nyaman banget ruang tamu rumahnya bang, salam buat istri dan keluarga sehat semuanya ya. Aku sempat foto juga pas lebaran tapi nggak lengkap hiks

    BalasHapus
  11. Salah satu yang wajib dilakukan saat lebaran adalah foto2 keluarga. Apalagi kalau mudiknya ketemu keluarga besar,. penting banget ya mengabadikan momen :D
    Kami juga mengandalkan kamwera HP biasanya biar gak ribet. Tripod banyak membantu. Tak lupa memanfaatkan cahaya illahi juga biar cakep :D

    BalasHapus
  12. Menggunakan mode pro nih masih PR banget buat aku, belum bisa mengaturnya sih. Kalau edit foto mah sudah tidak malas lagi.

    BalasHapus
  13. Duh, impian banget sih punya S23 Hihii...
    Sebelum nanti nonton konser lagi, semoga bisa ganti HP dengan kualitas kamera terbaik. Hasil foto dan videonya pun, mashaAllah~
    Kaya orangnya keluar dari HP saking real-nya.

    BalasHapus
  14. Yah kamera hapeku udah gak cantik lagi hasil bidikannya, soalnya udah tua, hihihi.. gimana, dong? Masa beli baru lagi buat foto-foto? Haha.
    Btw kalau lebaran aku jarang banget bisa foto sekeluarga yang bagus gitu. Anak-anak susah diaturnya :D

    BalasHapus
  15. Aplikasi editing is a must nih. Hehe. Aku pakai snapseed biasanya. Tripod juga kalau ga ada yang motoin juga penting

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan memperhatikan beberapa hal berikut :
1. Dilarang menyisipkan link aktif
2. Dilarang komentar secara berulang (spam)
3. Dilarang komentar yang menyinggung, serta yang terkait sara dan agama
4. Dilarang meminjam uang karena saya blogger bukan pinjol
5. Dilarang memesan makanan karena saya bukan ojol
Semoga tulisan saya bermanfaat bagi kalian
semua ya sobat.