Kembangkan Bisnis Startup Dengan Memperhatikan Tahapan Product Development Strategy

Apa? Sobat! kalian punya keinginan untuk memiliki bisnis startup sendiri? dan jadi bingung sendiri untuk memulai sebuah bisnis startup yang berujung dengan terkuburnya impian memiliki bisnis startup tersebut.

Yuk buat bisnis startup

Padahal untuk memiliki sebuah bisnis startup itu tidak sesulit yang dibayangkan loh sobat, namun memang ada beberapa langkah yang harus dilakukan supaya kalian memiliki bisnis startup sendiri, apa aja itu?

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memulai bisnis startup


Berikut beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk memiliki sebuah bisnis startup, yuk disimak sobat :

1. Yakin!


Hal pertama yang harus kalian lakukan sebelum memulai bisnis startup adalah YAKIN, kenapa? karena menjalankan sebuah bisnis tidak semudah yang terlihat.
Banyak rintangan yang harus kita hadapi khususnya bisnis startup ini, maka yakin menjadi hal yang paling penting untuk dilakukan, karena dengan yakin kita juga akan menyiapkan mental kita dalam menghadapi rintangan dalam menjalaninya.
Selain itu dengan menyiapkan mental artinya kita juga akan siap menghadapi kegagalan yang bisa datang kapan saja, dan kegagalan tidak akan menghalangi kita untuk membangun sebuah bisnis startup.

2. Pikirkan akan seperti apa bisnis startup tersebut


Menentukan tema besar dari bisnis startup yang akan dibuat menjadi hal berikut yang mesti dilakukan, apakah kalian ingin memiliki sebuah bisnis startup yang berkecimpung dibidang fashion, kuliner, otomotif, atau teknologi.

Tema besar bisnis startup harus diwujudkan

Pilih tema bisnis startup yang sesuai dengan minat dan tren yang sedang berkembang saat ini, sehingga kemungkinan bisnis startup yang akan kalian buat menjadi besar lebih besar.

3. Kembangkan produk


Setelah mendapatkan tema besar untuk bisnis startup, kita bisa mulai mengembangkan produk yang akan kita jual, untuk mengembangkan produk untuk bisnis startup, kita bisa melakukan Tahapan Product Development Strategy yang dibagi menjadi:
  • Penciptaan ide
  • Penyaringan ide
  • Pengembangan dan pengujian konsep
  • Pengembangan produk, dan
  • Komersialisasi
Jika seluruh tahapan dijalankan dengan benar maka kita akan mendapatkan produk yang sesuai keinginan sob.

4. Riset pasar


Setelah mendapatkan produk yang sesuai kita bisa langsung ke tahap berikutnya yaitu riset pasar, hal ini tentunya untuk menentukan target pasar untuk produk yang kita miliki.
Dengan melakukan riset pasar akan memastikan produk yang kita jual akan laku keras dipasaran, dan benar-benar bisa diterima di pasar.

5. Buat rencana bisnis


Banyak orang, khususnya yang berkecimpung di bisnis startup yang tidak memperhatikan rencana bisnis atau business plan, padahal rencana bisni sangat penting karena catatan detail bisnis kalian ada di dalam rencana bisnis ini sob.

Rencana bisnis untuk keberlangsungan bisnis startup

Ada beberapa hal yang bisa dicatat dalam rencana bisnis seperti rencana marketing, rencana finansial, dan masih banyak lagi yang bisa kalian masukkan ke dalam bisnis plan.

6. Cari modal


Langkah kelima yang harus kalian lakukan adalah mencari modal atau investor, hal ini tentunya sangat penting karena sebuah bisnis startup yang tidak disokong dengan modal yang cukup, dijamin akan sulit berkembang dan akan stuck disitu saja.

Modal sangat penting

Untuk itulah usahakan untuk mulai mencari modal atau investor yang bisa menyokong bisnis startup yang kita jalankan.

Konklusi


Jika kalian mengikuti langkah-langkah yang telah saya jelaskan di atas dijamin bisnis startup yang akan kalian buat akan semakin berkembang dan besar bahkan siapa tau kelak bisa menjadi salah satu bisnis startup besar di Indonesia.
Baiklah sobat sekian artikel saya berikut ini sampai jumpa lagi di tulisan menarik saya berikutnya, see ya.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar