Astra Motor Kalbar Berkomitmen Edukasi #Cari_aman Bagi Anak Sekolah

Apa? Sobat pada hari Kamis tepatnya tanggal 17 Februarui 2022 Astra Motor Kalimantan Barat memberikan edukasi safety riding kepada siswa-siswi SMK N 7 Pontianak guna meningkatkan kepercayaan generasi #Cari_Aman dalam berkendara dengan aman dan nyaman. Banyak Keseruan yang didapatkan oleh peserta dari quiz yang diberikan, pertanyaan tentang keselamatan berkendara hingga ajang diskusi terkait keselamatan berkendara.

Komitmen dalam Cari_aman

Edukasi Safety Riding Tingkat SLTA yang diberikan ini ialah pak Prastya Agusta selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat yang sudah tersertifikasi oleh PT Astra Honda Motor. Edukasi Safety Riding yang berguna meningkatkan kepercayaan peserta dalam berkendara sebagai generasi #Cari_Aman ketika berkendara.
Edukasi yang diberikan bersifat Online menggunkan Sistem Webinar yang dimana Astra Motor Kalimantan Barat selalu memberikan yang terbaik untuk siswa-siswi agar tetap aman ketika mendapatkan edukasi safety riding, banyak games yang diberikan untuk peserta yang membuat edukasi safety riding ini sangat seru dan nyaman di ikuti.
Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan akan selalu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang keselamatan berkendara yang terfokus dari setiap jajaran rana dari Sekolah, Instansi, Goverment, Komunitas hingga Umum, “Kami Selaku Pelopor Keselamatan Berkendara akan selalu memberikan edukasi safety riding kepada masyarakat tentang pentingnya berkendara secara #Cari_Aman agar masyarakat tetap aman ketika berkendara dari setiap jajaran rana Sekolah, Instansi, Goverment, Komunitas hingga Umum.”, Tuturnya.

Peserta edukasi safety riding

Lakukan safety check demi keamanan berkendara


Simpel namun penting, Itulah safety cek.Safety cek merupakan sikap kepala yang menoleh ke belakang. Mata sampai melihat ke belakang, dengan menolehkan kepala ke sisi kanan maupun kiri.Dari sini, mata mendapat informasi kondisi lalu lintas di belakang. Keputusan untuk menjalankan motor, sesaat setelah motor berhenti dan pindah jalur bisa dilakukan dengan aman.
“Tujuan safety check ini untuk memastikan kondisi di sekitar aman. Mencegah terjadinya kecelakaan saat akan berkendara dan saat pindah jalur. Meningkatkan rasa aman saat berkendara,” kata Prasetya Agusta selaku Safety Riding Coordinator, Astra Motor Kalimantan Barat yang juga sering mengisi edukasi safety riding di Kalbar.

Cara melakukan safety check

Melihat kondisi lalu lintas di belakang lewat spion saat akan menjalankan motor atau start dan berhenti baik dan wajib. Tapi spion memiliki keterbatasan dan area blind spot. Maka itu penting melakukan safety check agar aman.
Untuk memastikan kondisi lalu lintas kosong atau ada pemakai jalan yang bisa bahaya bila kita menjalankan maupun menghentikan motor atau pindah jalur. Karena tanpa melihat ke belakang, motor langsung di gas, pemakai jalan yang ada di belakang bisa kena imbasnya dengan menabrak yang tentunya akan sangat berbahaya dan merugikan baik yang menabrak ataupun yang ditabrak, kerugian terjadi bahkan bisa mengancam nyawa loh sobat.
Demikian juga safety cek sesaat setelah motor berhenti penting untuk memastikan posisi berhenti sudah aman. Tidak menggangu lalu lintas atau bisa tertabrak pemakai jalan dari belakang, lakukan safety check yang hanya beberapa detik ingat sobat hanya beberapa detik, jangan sampai 1 jam nanti gak sampai-sampai kalian ditempat tujuan, semua ini demi Cari_aman di jalan.
Dengan sering melakukan safety check membuat keamanan kita saat berkendara menjadi meningkat karenanya para pelajar wajib mengetahui bahwa Safety check sangat diperlukan saat berkendara di jalan raya terutama saat menggunakan sepeda motor.
Baiklah sekian artikel singkat saya kali ini mengenai keselamatan berkendara dan cara melakukan safety check saat berkendara, semoga memberikan informasi dan wawasan bagi kalian semua ya sobat sampai jumpa lagi di tulisan saya berikutnya terkait keselamatan dan keamanan saat berkendara di Jalan Raya.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar