Astra Motor Kalbar Adakan Edukasi #Cari_aman Bersama Komunitas Grand Riders Pontianak

Apa? Pada hari Sabtu tepatnya 10 Juli 2021 Astra Motor Kalimantan Barat bersama Komunitas Honda yaitu Grand Riders Pontianak melakukan edukasi Safety Riding. 
Berdiskusi terkait keselamatan berkendara yang menjadi point utama dalam pertemuan kali ini, edukasi yang seru dan nyaman melalui aplikasi meeting online memberikan keamanan ketika berbagi informasi tentang keselamatan berkendara.

Edukasi safety riding dari Astra Motor Kalbar


Sosialisasi yang dilakukan Astra Motor Kalimantan Barat merupakan kegiatan yang memberikan padangan luas terhadap pengguna sepeda motor terkait keselamatan berkendara, yang sedari awalnya diantara mereka menganggap bahwa menggunakan riding gear membuat gerah, susah bergerak hingga tidak keren dirumah pandangannya bahwa menggunakan riding gear itu aman dan keren atau Safety and Style.

Edukasi safety riding untuk keselamatan


Edukasi Safety Riding yang diberikan ialah bagaimana tips berkendara saat berboncengan dengan anak yang disampaikan oleh Prastya Agusta selaku Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat. Banyak keseruan didalamnya, dari mulai sesi tanya jawab bersama peserta dan Instruktur Safety Riding Astra Motor Kalimantan Barat.

#Cari_aman bersama komunitas Grand Riders Pontianak


Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan edukasi safety riding yang diberikan kepada pengguna sepeda motor terutama untuk membuat mereka perduli terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain ketika berkendara dengan tips berkendara dengan membonceng anak, “Astra Motor Kalimantan Barat memberikan edukasi Safety Riding terkait tips berkendara dengan membonceng anak agar aman untuk diri sendiri, untuk anak dan orang lain” Tuturnya.

Peserta safety riding

#Cari_aman di Masa Pandemi


Setelah beberapa bulan masyarakat Indonesia menghadapi Pandemi Covid-19, kini bersiap memasuki era New Normal, di mana masyarakat mulai beraktivitas kembali dengan menerapkan protokoler kesehatan.

Tips berkendara di masa pandemi

Para pengguna sepeda motor pun harus membiasakan diri dengan hal-hal baru yang berbeda dari kebiasaan sebelumnya dalam beraktivitas seharihari.
Beberapa hal perlu diperhatikan dan dilakukan para pengendara untuk berkendara dengan cara aman di era New Normal, mulai dari sebelum berkendara, cara berkendara hingga setelah berkendara.

1. Pengecekan Suhu Tubuh


Sebelum berkendara, sebaiknya para pengendara sepeda motor agar melakukan pengecekan suhu tubuh untuk memastikan kondisi badan fit dan sehat.
Jika suhu tubuh menunjukkan 37,3 derajat atau lebih, sebaiknya Anda tidak beraktivitas di luar rumah. Periksalah kondisi sepeda motor terutama sepeda motor yang sudah lama tidak digunakan.
Cek kondisi secara ringan seperti kebocoran oli, perhatikan kondisi dan tekanan ban, periksa sistem pengereman dan kopling serta lampu tetap berfungsi baik.

2. Cek perlengkapan kendaraan


Selain mengecek kondisi motor, persiapkan riding gear sesuai standar berkendara seperti helm, sarung tangan dan jaket berkendara. 
Para bikers sebaiknya membawa masker cadangan untuk antisipasi apabila masker kotor atau basah saat berkendara, sehingga saat sampai di tujuan tetap dapat beraktifitas menggunakan masker dengan sehat dan nyaman

3. Hindari Penggunaan Helm Secara Bergantian


Selain itu, para pengendara juga perlu memperhatikan riding gear yang digunakan dalam era New Normal. 
Hindari penggunaan helm secara bergantian dan selalu gunakan visor saat berkendara untuk mencegah benda asing masuk serta mencegah mengusap mata saat dalam perjalanan. 
Pengendara sepeda motor yang berkendara menggunakan Buff sebaiknya juga tetap menggunakan masker agar kemampuan penyaringan partikel berbahaya dapat bekerja lebih baik.
Sarung tangan yang digunakan sebaiknya yang menutupi seluruh bagian tangan (full cover). Bila hanya memiliki satu sarung tangan, selalu terapkan cuci tangan sebelum dan sesudah menggunakan sarung tangan.

4. Utamakan Keselamatan Bekendara


Pada saat berkendara, selalu utamakan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Hindari berkendara melintasi wilayah-wilayah yang merupakan pusat pandemi atau teridentifikasi sebagai zona merah, dengan mencari jalur alternatif lainnya.
Usahakan saat berkendara, tetap cari aman, menjaga jarak dengan pengendara lainnya, serta hanya berboncengan dengan keluarga atau kerabat yang tinggal bersama dalam satu rumah.
Setelah sampai tujuan, pengendara wajib mencuci tangan dan mencuci wajah dengan sabun setelah melepas seluruh perlengkapan berkendara.

5. Bersihkan perlengkapan kendaraan dan tubuh setelah berkendara


Jika telah sampai rumah, segeralah mandi sebelum bertemu keluarga. Riding gear yang telah digunakan dapat disimpan di bagasi motor atau sediakan tas tersendiri.
Bila memungkinkan, lakukan penyemprotan disinfektan ke riding gear yang telah digunakan dan sarungkan motor dengan kain pelindung saat tidak digunakan agar tidak terpapar udara secara langsung.
Jaket berkendara dan sarung tangan yang telah digunakan sebaiknya langsung dicuci atau disemprot disinfektan, sehingga mengurangi potensi terpapar bakteri ataupun virus, terutama untuk keluarga di rumah.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar