Inilah Perbedaan Mobil JDM dengan Versi Internasionalnya

Apa? Sobat mobil Japanese Domestic Market merupakan mobil terkenal di dunia otomotif karena segala fitur dan kecanggihannya. Mobil ini dikenal juga dengan sebutan mobil JDM. Mobil ini merupakan mobil yang dirancang dan diproduksi khusus untuk pasar domestik Jepang.

Mobil yung beredar di Jepang disebut Mobil JDM

Meskipun beberapa merek mobil Jepang seperti Toyota, Honda, dan Nissan juga membuat mobil untuk pasar internasional, mobil JDM memiliki beberapa perbedaan penting dengan versi internasionalnya.

Perbedaan Mobil Japanese Domestic Market dengan Versi Internasionalnya


Di bawah ini adalah perbedaan-perbedaan yang harus Anda ketahui mengenai mobil versi JDM dengan versi internsionalnya:

1. Spesifikasi Mesin


Perbedaan pertama adalah mobil versi JDM memiliki spesifikasi mesin yang lebih baik daripada versi internasionalnya. Sebagai contoh, mobil Honda Civic Type R JDM memiliki mesin K20A yang menghasilkan tenaga sebesar 220 hp, sementara versi internasionalnya hanya menghasilkan 197 hp.
Selain itu, mobil versi JDM seringkali memiliki opsi mesin yang tidak tersedia di versi internasionalnya.

2. Penampilan


Tampilan mobil JDM keren

Berikutnya adalah dari sisi penampilan. Mobil Japanese Domestic Market mempunyai tampilan yang berbeda dari versi internasionalnya. Hal ini dikarenakan selera desain dan aturan keselamatan yang berbeda di Jepang.
Contohnya adalah mobil Toyota Supra JDM yang memiliki lampu depan yang berbeda dengan versi internasionalnya, dan Honda NSX JDM yang memiliki spoiler belakang yang berbeda dengan versi internasionalnya.

3. Aksesori Mobil versi JDM Lebih Lengkap


Mobil versi JDM memiliki aksesori yang lebih lengkap dan lebih eksklusif dibandingkan dengan mobil versi internasionalnya. Contohnya adalah mobil Nissan Skyline GT-R JDM memiliki pilihan aksesori yang lebih banyak daripada versi internasionalnya.
Mobil versi JDM pun seringkali memiliki warna yang lebih unik dan lebih eksklusif. Hal tersebut membuat banyak pecinta otomotif ingin memiliki mobil ini karena berbeda dari kebanyakan versi yang dijual secara internasional.

4. Fitur Keamanan


Perbedaan yang keempat adalah mobil versi JDM memiliki fitur keamanan yang sedikit lebih terdepan dibandingkan mobil versi internasionalnya. Aturan keselamatan di Jepang yang ketat membuat produsen mobil harus mengikuti standar tersebut.
Contohnya adalah mobil Honda Odyssey JDM yang memiliki fitur keselamatan seperti airbag kabin belakang dan sistem pengereman otomatis, yang tidak tersedia di versi internasionalnya.

5. Harga yang Lebih Mahal


Perbedaan yang juga mencolok dari mobil-mobil JDM ini adalah harganya yang cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan harga mobil versi internasionalnya. Harga mobil ini sangat terpengaruh karena eksklusivitasnya dan aturan impor yang ketat di beberapa negara.
6. Suku Cadang yang Sulit Didapatkan.

Harga mobil JDM lebih mahal

Perbedaan berikutnya sekaligus terakhir adalah sulitnya mendapatkan suku cadang mobil versi JDM di luar Jepang, sehingga menyulitkan perawatan dan perbaikan mobil.

Perbedaan-perbedaan yang sekaligus menjadi kelebihan dan kekurangan mobil JDM ini tidak menyurutkan minat penggemar otomotif di seluruh dunia untuk mendapatkan mobil ini. Alasannya adalah karena eksklusivitasnya dan kualitasnya yang terkenal baik.
Baiklah sobat semoga artikel saya kali ini mengenai Mobil JDM bisa bermanfaat buat kalian semua ya sobat jangan lupa untuk kembali mampir ke blog saya ini ya sob.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar