Tips Membeli Smartphone Bekas Anti Zonk

Apa? Sobat smartphone sudah menjadi kebutuhan setiap manusia di muka bumi, bekerja, hiburan, bermain game, dan banyak aktifitas lainnya bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone.
Namun untuk membeli smartphone baru tentunya tidak banyak orang yang mampu, khususnya yang pengen punya smartphone spek mumpuni tapi cuma punya budget yang mini.

Mau beli smartphone bekas? simak tipsnya

Solusinya gimana? ya jelas saja membeli smartphone bekas bisa jadi pilihan yang menarik karena kita bisa dapat yang speknya tinggi dengan harga yang cukup miring.
Tapi membeli smartphone bekas jelas ada resikonya seperti kualitasnya yang jelek, rusak, bahkan bisa jadi imeinya diblokir yang menyebabkan hilangnya sinyal di smartphone tersebut.

Simak tipsnya


Nah ditulisan saya kali ini saya mau bagikan tips bagi kalian yang akan membeli smartphone bekas, tips dari saya ini dijamin anti zonk sob, apa aja itu? yuk cekidottt :

1. Cek smartphonenya 'ex' apa


Bagi kalian yang ingin membeli smartphone bekas mengecek status smartphone yang akan dibeli menjadi hal nomor 1 yang wajib kalian lakukan.
Kenapa? karena smartphone di Indonesia banyak sekali beredar produk-produk dari region lain misalnya ex-jepang, ex-inter, ex-global, dan lain-lain.
Mengecek ex-ex ini akan menjamin smartphone yang kalian miliki tidak akan mengalami pemblokiran imei yang berujung kepada hilangnya sinyal smartphone kalian.
Bagi kalian yang gak masalah smartphone yang kalian miliki cuma 'wifi-only' tips nomor 1 ini bisa kalian skip sob.
Untuk memastikan smartphone yang kita beli itu ex apa, kita bisa menanyakan kepada penjualnya dan juga kita bisa mengecek imei yang tertera pada smartphone dan boxnya untuk kita lakukan pengecekan sendiri apakah imeinya sudah terdaftar atau belum di website bea cukai atau .
Smartphone yang biasanya merupakan produk ex inter, global, dll adalah smartphone flagship seperti iPhone, Samsung seri S, dan juga smartphone yang tidak beredar di Indonesia seperti Sony Xperia, Google Pixel, dan Motorola.

2. Cek kondisi fisiknya

Dicek kondisinya apakah baik atau gak

Jika membeli secara offline hal berikut yang harus kalian lakukan adalah mengecek kondisi fisiknya, apakah ada dent atau penyok pada body, pecah layar, dan retak.
Kondisi fisik smartphone yang memiliki dent dan pecah berarti smartphone tersebut sering jatuh yang tentunya kualitas dari smartphone tersebut sudah kurang baik.
sedangkan jika kalian membeli secara online untuk mengecek kondisi smartphone kalian bisa melakukannya dengan mengecek deskripsi yang tertera, penjual yang baik akan menampilkan semua kekurangan dari smartphone bekas yang mereka jual jadi pastikan kalian harus rajin membacanya ya.


3. Pastikan bisa menyala


Smartphone bekas yang kita beli harus bisa menyala, karena itu mengecek hal ini wajib dilakukan.
Kalau smartphone bekas yang kita beli tidak bisa menyala apa gunanya?
Bagi yang membeli smartphone secara online kalian wajib merekam saat proses unboxing, hal ini untuk memastikan saat smartphone bekas yang kalian beli tidak menyala kalian bisa mengklaimnya dengan bukti video unboxing yang kalian lakukan.

4. Apakah semua fitur bisa berfungsi dengan normal?


Pastikan fiturnya bisa berjalan ya sob

Hal berikutnya yang harus kalian lakukan sebelum membeli sebuah smartphone bekas ada mengecek berbagai macam fungsinya, seperti kamera, wifi, baterai, dll.
Hal ini tentu saja untuk memastikan smartphone bekas yang kalian beli bisa kalian gunakan dengan maksimal tanpa ada kendala berarti.

5. Cari yang harganya masuk akal


Dan tips terakhir dari saya bagi kalian yang akan membeli smartphone bekas adalah mengenai harga, pastikan harga yang ditawarkan dari smartphone bekas incaran kalian masih masuk akal.
Jangan pernah membeli smartphone bekas yang harganya hampir mirp dengan smartphone keluaran terbaru jatuhnya kalian rugi sob.
Dan jangan lupa untuk menawar sedikit supaya harga yang kalian dapatkan lebih sesuai dan cocok dengan budget yang kalian miliki.

Konklusi


Membeli smartphone bekas tidak dilarang, cuma banyak hal yang harus diperhatikan dibandingkan dengan membeli smartphone baru.
Namun jika kalian mendapatkan smartphone bekas yang kualitasnya oke dengan harga yang terjangkau artinya kalian beruntung banget sob.
Baiklah sekian tips singkat dari saya ini semoga bisa bermanfaat buat kalian semua, terutama yang akan membeli smartphone bekas.(RAA)

Sumber foto : unsplash.com



Posting Komentar

0 Komentar