Belum Pernah Coba Isi Ulang Freon AC Mobil Sendiri? Baca Tipsnya Disini

Apa? Sobat ada satu komponen yang bukan merupakan komponen utama tetapi jika bermasalah maka akan membuat rasa nyaman jadi hilang yaitu komponen AC (Air Conditioner). Bagi yang pernah mengalami AC bermasalah secara tiba-tiba dan tidak berfungsi sama sekali dalam perjalanan jauh tentunya akan merasa sangat tidak nyaman. 
Saat AC dalam keadaan rusak, tentunya pengemudi dan penumpang akan membuka jendela untuk mengurangi panas di dalam mobil. Tetapi dengan membuka jendela tentu akan membuat tidak nyaman karena akan ada angin yang masuk dan juga debu atau kotoran yang bisa menempel di setiap sisi interior.

Merawat AC mobil sangat penting sobat

Bahkan bisa dikatakan jika AC rusak maka akan merasa serba salah berada di dalam mobil maka itu penting untuk melakukan perawatan agar tidak terjadi hal seperti itu lagi.

Rawat AC mobil dengan rutin mengisi ulang freonnya


Lalu bagaimana cara merawat AC mobil sendiri? jawabannya cukup mudah yaitu dengan rutin membersihkan dan mengecek freon. Jika freon sudah hampir habis sebaiknya bisa langsung dilakukan isi ulang di bengkel atau bisa dilakukan secara mandiri.
Dengan melakukan kedua hal itu maka dijamin kinerja AC akan lancar tanpa kendala apalagi sampai terjadi kerusakan dan membuat komponen ini tidak berfungsi sama sekali. Lalu apakah sudah tahu atau pernah mencoba isi ulang freon AC mobil sendiri di rumah? bagi yang belum dan ingin mencobanya maka bisa baca dulu tipsnya berikut ini :

1. Siapkan semua perlengkapannya dulu


Pertama tentu harus menyiapkan semua perlengkapan yang memang diperlukan untuk isi ulang freon. Dari sekian banyak perlengkapan, ada satu yang tidak boleh tertinggal yaitu alat yang bernama Manifold Gauge yang berfungsi untuk mengetahui kadar tinggi atau rendahnya tekanan di dalam freon.
Jika alat menunjukkan tekanan ada di angka berkisar 160 sampai 250 psi maka terbilang tinggi, sedangkan jika angkanya ada di rentang 15 sampai 40 psi maka bisa dikatakan tekanannya rendah.

2. Kosongkan sisa freon


Hal yang perlu diingat adalah jangan langsung mengisi ulang freon padahal masih ada sisa freon lama karena jika hal ini dilakukan bisa mengganggu kerja AC ke depannya. 

Kosong terlebih dahulu sebelum menambahkan freon baru ke AC mobil

Cara yang benar adalah kosongkan dahulu sisa freon lama sebelum memasukkan freon yang baru. Setelah freon lama kosong, selanjutnya adalah membersihkan freon dengan vakum agar tidak ada freon yang lama yang tersisa dan biasanya menghabiskan waktu sekitar 10 menit.

3. Lumasi kompresor AC


Setelah benar-benar kosong, maka selanjutnya bisa melumasi kompresor bagian AC dengan pelumas berkisar 5 sampai 10 cc. Tujuan dilakukan pelumasan ini adalah untuk meminimalisir terjadinya penyumbatan pada saluran AC. 
Setelah pelumasan selesai, maka bisa langsung mengisi ulang dengan freon yang baru hingga penuh.

Konklusi


Itulah tips isi ulang freon AC pada mobil pribadi yang bisa diterapkan langsung di rumah. Bagi yang baru saja berencana beli mobil bekas Bandung dengan kualitas AC yang bagus maka jangan ragu untuk mendaftar ke mobbi. Platform ini bisa diakses dengan mudah bisa lewat website beserta aplikasi bernama mobbi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan mo88i. Dengan memanfaatkan platform ini, maka dijamin setiap orang akan dengan mudah untuk jual sekaligus beli kendaraan second.
Baiklah sobat semoga artikel dari blog saya kali ini dapat membantu kalian yang ingin mengganti ulang freon AC mobil secara mandiri, kalau ada pertanyaan kalian bisa mengajukannya di kolom yang sudah tersedia sobat.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar