Lestarikan Alam Dengan Memilih Perumahan yang Mendukung Green Living

Apa? Sobat cuaca saat ini sedang tidak menentu bukan? siang hari cuaca bisa panas terik, sedangkan sore dan malam harinya malah hujan, pusing? tentu saja kalau kita hujan-hujanan di malam hari sobat.

Menjaga alam bisa melalui gaya hidup green living

Perubahan cuaca yang ekstrim seperti ini disebabkan oleh banyak hal, pemanasan global hingga kerusakan alam yang disebabkan oleh manusia menjadi salah satu penyebabnya.
Untuk mengurangi hal tersebut muncul konsep hidup yang bersinergi dengan alam atau disebut juga dengan green living.

green living demi alam yang lestari

Green living hadir supaya kita bisa menyelamatkan alam dengan mengusung gaya hidup yang lebih sehat dan ramah lingkungan, salah satu cara paling simple untuk memulai green living ini kita bisa menempati rumah atau hunian yang memiliki konsep green living juga sobat.
Ditulisan saya kali saya akan berikan tips untuk menemukan rumah atau hunian yang ramah lingkungan, kuy disimak sobat.

Tips memilih rumah yang mendukung green living


Menemukan perumahan dengan konsep green living itu gampang-gampang susah sobat, karena tidak banyak perumahan yang dengan gamblang menyebutkan bahwa konsep perumahannya mengusung green living, namun kita tetap bisa menemukan perumah yang mendukung green living dengan memperhatikan hal-hal berikut ini :

1. Tersedia ruang terbuka hijau


Ruang terbuka hijau bisa terdiri dari taman, hutan mini, bahkan kebun manfaatnya tentu saja untuk menampung pohon-pohon dan bunga-bunga, jika sebuah perumahan menyediakan ruang terbuka hijau artinya perumahan tersebut sudah mendukung gaya hidup green living.

Taman wajib ada di perumahan yang mendukung green living

Dengan tersedianya ruang terbuka hijau tentunya kita semakin merasa dekat dengan alam, dan secara tidak langsung kita juga akan menjaga lingkungan sekitar.

2. Sistem perumahan yang ramah lingkungan


Sistem perumahan yang ramah lingkungan bisa kita lihat dengan penggunaan peralatan listrik yang hemat listrik, misalnya saja lampu rumah yang hemat listrik.
Untuk mengetahui sebuah perumahan menggunakan perangkat yang hemat listrik atau tidak kita bisa menanyakannya langsung kepada developer perumahan mengenai spesifikasi peralatan elektronik di perumahan tersebut.

3. Mengusung desain minimalis


Desain minimalis menjadi salah satu ciri sebuah perumahan mengusung konsep green living, desain minimalis disini adalah rumahnya harus memiliki kesan yang minimalis dan ruangan yang ada di dalam rumah semuanya memiliki kegunaan.

Desain minimalis dengan banyak jendela dan ventilasi sebagai wujud gaya hidup green living

Kemudian perhatikan juga penggunaan desain jendela dan ventilasi dari perumahan tersebut apakah cukup untuk memasukkan cahaya dan udara dari luar ke dalam rumah, jika cahaya dan udara yang masuk cukup tentunya bisa membuat kita menghemat penggunaan listrik.

4. Perhatikan pengelolaan sampah dan saluran pembuangan


Perumahan yang mengusung konsep green living harus memiliki sistem pengelolaan sampah dan saluran pembuangan yang baik, jadi saat akan memilih sebuah perumahan ada baiknya sobat menanyakan pengelolaan sampah dan saluran pembuangan dari perumahan tersebut apakah baik atau tidak.

Setelah memahami tips menemukan perumahan dengan konsep green living sobat bisa mulai berburu perumahan yang sesuai dengan kriteria di atas, kalau sobat tak mau ribet saya juga memiliki rekomendasi perumahan yang mendukung konsep green living yaitu Kota Baru Parahyangan.

Kota Baru Parahyangan, perumahan yang mendukung konsep green living


Kota Baru Parahyangan merupakan kompleks perumahan yang sangat luas, saking luasnya bahkan bisa dibilang sebagai kota mandiri di Bandung, Jawa Barat.

Kota Baru Parahyangan

Dengan luas 1250 hektar kompleks perumahan ini bisa dibilang benar-benar mendukung konsep green living dengan berwawasan pendidikan karena banyak sekali fasilitas pendidikan yang terdapat disini mulai dari playgroup hingga universitas.
Di Kota Baru Parahyangan banyak sekali ruang terbuka hijau yang bisa kita lihat saat memasukinya, dan juga penghijauan di dalam kompleks perumahan ini sangat masif sehingga menimbulkan kesan asri dan teduh hal ini tentunya sejalan dengan konsep green living yang mewajibkan kita untuk lebih dekat dengan alam.

Hunian Kota Baru Parahyangan yang paling mengusung green living


Ada banyak sekali jenis hunian yang ada di Kota Baru Parahyangan total ada 22 jenis hunian yang bisa dipilih oleh kalian sobat, dari sekian banyak hunian yang ada, ada 1 yang sangat menarik banget karena konsep green livingnya yang begitu kental yaitu hunian Tatar Tarubhawana.

Hunian tipe Tatar Tarubhawana

Tatar Tarubhawana ini menggunakan desain yang begitu kompak dengan tema modern tropical house, dari tampilannya hunian yang satu ini memiliki banyak jendela dengan ukuran yang besar yang artinya akan ada banyak cahaya yang bisa masuk ke dalam rumah yang membuat penghuninya semakin dekat dengan alam.
Kemudian ada fitur eco smart home pada hunian ini yang mana memperhatikan keseimbangan hunian dengan lingkungan sekitar, yang terbukti dengan turut hadirnya taman tematik science of trees bagi penghuni sebagai tempat beraktivitas di luar ruangan namun dekat dengan rumah.
Memilih hunian Tatar Tarubhawana di Kota Baru Parahyangan benar-benar mendukung gaya hidup green living, demi alam dan lingkungan yang akan tetap terjaga.

Konklusi


Green living memang konsep yang sangat penting demi keberlangsungan alam dan lingkungan kita, dan langkah untuk mendukungnya bisa dimulai dengan memilih hunian atau perumahan yang mendukung konsep green living.
Tidak banyak perumahan yang mendukung konsep green living, namun kita bisa mengenali perumahan berkonsep green living dengan beberapa hal yang ada seperti memperhatikan ketersediaan ruang terbuka hijau, sistem yang ramah lingkungan bahkan pengelolaan sampah yang baik bisa menjadi ciri dari perumahan dengan konsep green living.
Bagi kalian yang tidak mau repot lagi di Bandung, Kota Baru Parahyangan merupakan kompleks perumahan yang benar-benar mengusung konsep green living yang bisa dipilih sebagai hunian.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar