Astra Motor Kalbar Konsisten Terhadap #Cari_aman Dengan Terus Mengadakan Edukasi Safety Riding

Apa? Pada hari Senin hingga Kamis kemarin tepatnya tanggal 12, 13, 14, 15 September 2022 Astra Motor Kalimantan Barat melakukan Edukasi Safety Riding di Main Dealer Training Center Astra Motor Kalimantan Barat kepada karyawan PT Telkom Akses guna pengetahuan keselamatan berkendara didapat oleh karyawan secara menyeluruh.
Edukasi berjalan dengan seru dengan canda dan tawa, tentunya dengan kefokusan peserta mengikuti edukasi para peserta mendapatkan nilai yang baik.

Pegawai Telkom Akses mendapatkan edukasi safety riding

Edukasi yang diberikan kepada karyawan PT Telkom Akses ialah berkendara dasar dengan untuk meningkatkan profesionalnya mereka dalam profesi. Edukasi yang diberikan berupa kepedulian diri sendiri dan orang lain ketika berkendara, teknik berkendara dasar dalam membawa barang, hingga memprediksi bahaya ketika berada dijalan.
Edukasi yang bertempat di Main Dealer Training Center Astra Motor Kalimantan Barat memberikan fasilitas untuk peserta guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan dalam mengikuti edukasi, edukasi ini berupa penyampaian materi, peraktek, dan diskusi #Cari_aman yang dimana para peserta bisa sharing pertanyaan dan tanggapan hingga pengalaman ketika berkendara.
Antofany Yusticia Ahmadi selaku Manager Marketing Astra Motor Kalimantan Barat mengungkapkan akan selalu berperan aktif dalam melakukan edukasi safety riding #Cari_aman kepada perusahaan di Kalimantan Barat guna menciptakan keamanan berkendara saat berkerja maupun saat menjalani kehidupan sehari-hari.
”Kami selaku pelopor keselamatan berkendara #Cari_aman akan selalu berusaha melakukan edukasi kepada karyawan perusahaan dan selalu mendukung perusahaan tersebut dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman saat berkendara maupun dalam menjalani kehidupan sehari-hari.”, tuturnya.

Keselamatan saat berkendara itu penting


Sepeda motor saat ini menjadi salah satu pilihan transportasi yang efisien untuk menunjang aktivitas masyarakat di Indonesia. Kepraktisannya membuat sepeda motor menjadi populer di kalangan masyarakat, apalagi jika berkendara dalam jarak dekat di mana rutinitas tersebut tidak lepas dari membawa barang dan penumpang.

Belajar safety riding itu penting

“Keselamatan berkendara harus selalu menjadi prioritas, termasuk ketika membawa barang bawaan. Kelalaian berkendara seperti membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas dapat membahayakan pengemudi dan pengguna jalan lain. Oleh karena itu, bijaklah dalam mebawa barang bawaan sesuai dengan beban yang dianjurkan dan tidak melebihi aturan dimensi yang diperbolehkan,” ujar Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) Johanes Lucky.
Saat membawa barang menggunakan sepeda motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar berkendara tetap aman dan nyaman. Berikut adalah tips ketika #Cari_aman membawa barang secara aman saat berkendara, yaitu:

1 Perhatikan berat barang bawaan


Pastikan Anda tidak mengangkut barang bawaan yang melebihi kapasitas atau standar kendaraan bermotor. Pada buku panduan pemilik sepeda motor, tercantum beban maksimal barang bawaan yang bisa ditampung oleh sebuah kendaraan. Untuk itu, perlu dicermati setiap informasi yang tercantum di dalamnya. Membawa barang bawaan terlalu berat dapat menyebabkan kondisi suspensi atau shockbreaker pada motor rusak. Selain itu, komponen mesin dan ban pun juga dapat terkena dampak dari hal ini.

2. Lebar barang tidak melebihi stang motor


Jika berkendara dengan membawa barang bawaan di depan, barang yang diangkut tersebut tidak boleh melebihi panjang dari stang kendaraan. Hal ini dikarenakan dapat mengurangi ruang gerak pengemudi dan berpotensi menyenggol pengguna jalan lain yang mengakibatkan kehilangan keseimbangan atau terjatuh.

3. Barang bawaan tidak melebihi tinggi pengemudi


Terakhir, pengendara motor juga harus memperhatikan dimensi barang bawaan tidak boleh lebih tinggi dari pengemudi. Sebab hal ini dapat mempengaruhi keseimbangan ketika berkendara.

4. Ikat barang bawaan dengan kuat


Kondisi jalanan yang tak selalu mulus membuat barang bawaan kita berpotensi mengganggu keseimbangan atau bisa saja jatuh sewaktu-waktu. Untuk menghindari risiko tersebut, pengguna sepeda motor perlu memastikan telah mengikat barang tersebut dengan kuat pada motor.

5. Barang bawaan tidak menutupi lampu-lampu


Jika barang bawaan berada di belakang, perlu dipastikan bahwa barang tersebut tidak menutupi lampu sein dan lampu rem. Hal ini dikarenakan fungsi lampu sein dan lampu rem yang penting untuk menyampaikan informasi, sekaligus memberikan tanda pada pengendara di belakang ketika akan berbelok atau mengurangi kecepatan.
Sampai jumpa diartikel saya berikutnya ya sobat, tetap pantengin terus blog saya ini.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar