8 Tips Supaya Sendi Lutut Tetap Sehat dan Kuat Ala Reviewapaaja

Apa? Sendi merupakan penghubung antara dua tulang yang sangat bermanfaat untuk melakukan berbagai macam aktifitas dan salah satu sendi yang ada di tubuh adalah sendi lutut, sendi lutut wajib dijaga karena jika sendi lutut kita mengalami masalah maka kita akan kesulitan dalam beraktifitas seperti berlari, berjalan, bahkan duduk pun kita akan mengalami kesulitan, kalian tentunya tidak mau seperti ini kan sob?



Banyak cara untuk merawat sendi lutut salah satunya adalah makan makanan yang bagus untuk sendi lutut, namun apakah dengan makanan tersebut sudah pasti akan membuat sendi lutut tetap terjaga dan sehat? yuk simak artikel saya kali ini jika kalian ingin memiliki lutut yang sehat.

Tips merawat sendi lutut


Seperti yang sudah saya jelaskan bahwa sendi lutut merupakan hal yang peting dan wajib hukumnya untuk dirawat, berikut ini tips singkat dari saya untuk kalian dalam merawat sendi lutut, apa aja itu kuy disimak :

1. Jaga berat badan ideal




Menjaga berat badan ideal merupakan salah satu cara supaya sendi lutut tetap sehat hal ini karena sendi lutut, pinggul, dan punggung menanggung berat badan, bayangkan saja betapa beratnya tugas sendi lutut, pinggul, dan punggung jika kita mengalami kelebihan berat badan.
Jadi artinya semakin tinggi berat badan kita semakin tinggi pula resiko sendi lutut kita akan mengalami gangguan sobat, jadi buat kalian yang kelebihan berat badan ada baiknya untuk segera menurunkan berat badan ya.

2. Jangan duduk terlalu lama


Sebagian besar orang saat ini pasti sering melakukan aktifitas yang namanya duduk, terlebih lagi orang yang berkutat di depan komputer seperti saya yang berprofesi sebagai seorang blogger yang namanya duduk di depan komputer bisa berjam-jam.



Tapi tahu kah kalian? jika duduk dalam jangka waktu yang lama akan meningkatkan resiko gangguan sendi, khususnya sendi lutut jadi ada baiknya jika akan melakukan duduk dalam jangka waktu ada baiknya kita melakukan peregangan setiap 15 menit sekali ya sob.

3. Jaga postur tubuh


Menjaga postur tubuh sepertinya menjadi hal yang asing bagi setiap orang saat ini, padahal menjaga postur tubuh dengan baik akan membuat sendi di tubuh menjadi sehat.
Postur tubuh yang buruk seringkali disebabkan karena posisi duduk, berdiri, atau berjalan yang kurang baik, jadi mari mulai menjaga postur tubuh dengan memahami posisi duduk, berdiri, dan berjalan dengan benar.

4. Makan makanan yang bagus untuk sendi lutut


Ada banyak sekali makananan yang bagus untuk sendi lutut sebut saja makanan laut seperti udang, kepiting, ikan, kemudian bayam, kacang-kacangan, bawang putih, susu, dan juga minyak zaitun.



Semua makanan yang saya sebutkan itu merupakan makanan yang banyak mengandung zat yang baik untuk sendi lutut, mulai sekarang ayo mulailah untuk rajin konsumsi makanan yang bagus untuk sendi lutut.
Dan jika kalian kebingungan susu apa yang baik untuk tubuh ada baiknya kalian mengkonsumsi susu Anlena yang terbukti bisa merawat tulang dan sendi lutut kita sobat.

5. Hindari merokok


Merokok selain dapat menganggu kesehatan tubuh ternyata juga mampu merusak kesehatan sendi dan tulang, karena merokok dapat menyebabkan osteoporosis menurut para ahli.
Jadi dengan menghindari merokok selain kita bisa menjaga kesehatan tubuh, tentunya juga bisa menjaga kesehatan sendi lutut kita sobat.

6. Rajin berolahraga




Olahraga memang terbukti sangan baik bagi tubuh, karena dengan menggerakan seluruh tubuh melalui olahraga kita terbukti bisa membuat sendi-sendi pada tubuh menjadi lebih sehat hal ini karena semakin sering sendi bergerak semakin baik pula kesehatan sendi tersebut terjaga.

7. Lakukan pemanasan dan pendinginan sebelum olahraga


Sebelum berolahraga ada baiknya kita melakukan yang namanya pemanasan sobat hal ini untuk mencegah sendi pada tubuh mengalami cedera saat berolahraga.
Sedangkan pendinginan bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi sedikit santai setelah melakukan olahraga yang berat, ingat sobat pemanasan dan pendinginan ini baik kalian lakukan sebelum atau setelah berolahraga dengan durasi sekitar 5 menit.

8. Jangan berlebihan dalam berolahraga


Olahraga secara rutin memang baik, namun ingat pepatah lama sesuatu yang berlebih itu tidak baik, begitu juga dengan berolahraga jika kita melakukannya secara berlebihan maka akan menyebabkan tubuh menjadi khususnya sendi tubuh menjadi nyeri.
Kalian tentunya tidak mau kan olahraga yang harusnya bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat malah berujung menyebabkan nyeri sendi terutama sendi lutut.

Konklusi


Baiklah sobat semoga dengan tips-tips yang saya utarakan di atas mampu membuat sendi lutut kita tetap sehat walaupun diusia tua kita sob, karena sendi yang sehat tentunya membuat kita nyaman untuk melakukan aktifitas baik dimasa sekarang maupun di masa yang akan datang.
Nah sekian artikel singkat saya kali ini sobat sampai jumpa lagi di artikel saya berikutnya see you.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar