Baca Tulisan Ini Dulu! Sebelum Upgrade OPPO R17 Sobat ke R17 Pro - Review Apa Aja

Selasa, 29 Januari 2019

Baca Tulisan Ini Dulu! Sebelum Upgrade OPPO R17 Sobat ke R17 Pro

Apa? Hai sobat OPPO di akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019 ini menggebrak pasar dengan sangat sporadis pasalnya belum lama menghadirkan OPPO R17, OPPO kini kembali menghadirkan OPPO R17 Pro, nah tentunya bagi sobat yang sudah beli OPPO R17 merasa nyesek kan sob pasalnya R17 Pro menawarkan spek dan kemampuan yang lebih baik dari R17.
Wujud asli OPPO R17
Eits namun sobat jangan bersedih dulu apalagi langsung merasa menyesal telah membeli OPPO R17, pasalnya dalam tulisan saya kali ini saya akan membahas perbedaan antara OPPO R17 dan R17 Pro, apakah perbedaanya sangat mencolok atau tidak? Lets cekidot.
Wujud asli OPPO R17 Pro

Kamera Yang Sedikit Berbeda


OPPO R17 dan R17 Pro merupakan smartphone dari OPPO yang difokuskan di segmen fotografi maka dari itu kedua smartphone ini memiliki kekuatan yang ekstra di kamera belakangnya, namun antara R17 dan R17 Pro ternyata terdapat perbedaan yang mencolok yang mana untuk R17 hanya memiliki kamera ganda dengan konfigurasi terdiri dari kamera 16 MP bukaan F/1.8, 25mm(wide), dan dilengkapi sudah PDAF (phase detection autofocus) yang mampu menangkap gambar dengan fokus yang cepat meski minim cahaya, namun belum dilengkapi OIS (optical image stabilitation) sebagai penstabil kamera ditambah kamera kedua berukuran 5 MP yang berguna sebagai kamera penghasil bokeh.

Kamera OPPO R17
Sedangkan untuk OPPO R17 Pro, kamera utama yang dihadirkan terdiri dari tiga kamera belakang dengan konfigurasi 12 MP bukaanF/1.5-2.4, 26mm(wide) dilengkapi Dula Pixel PDAF yang lebih baik dibandingkan milik R17, kemudian terdapat OIS untuk menangkap gambar dengan lebih baik dan stabil, kamera keduanya 20 MP, bukaan F/2.6 dilengkapi dengan auto fokus, dan yang terakhir kamera TOF 3D Stereo yang memiliki fitur realistis ganda atau augmented reality.

Kamera OPPO R17 Pro
Untuk berswafoto kedua smartphone ini memiliki kamera swafoto yang sama yaitu 25MP, bukaan F/2.0 dan dilengkapi fitur HDR dan tanpa dilengkapi lampu flash loh sobat.

Prosesor dan GPU Yang Beda-Beda Tipis


Di sisi dapur pacu kedua smartphone ini jelas memiliki perbedaan, namun siapa sangka dengan embel-embel “PRO” ternyata R17 Pro menggunakan prosesor yang hampir tidak terlalu jauh perbedaan performanya dengan yang digunakan R17, pasalnya R17 Pro hanya menggunakan prosesor besutan Qualcomm, yaitu Snapdragon 710 Octa-core, bandingkan dengan yang digunakan oleh R17 yaitu Snapdragon 670 Octa-core yang diatas kertas kemampuannya hampir mirip bahkan bisa dibilang identik.
Begitu pula dengan GPU yang digunakan juga hampir mirip yaitu Adreno 615 yang digunakan oleh R17 dan Adreno 616 yang digunakan oleh R17 Pro, hmmmm…….100x

Kapasitas Baterai Yang Tidak Terpaut Terlalu Jauh


OPPO R17 Pro merupakan smartphone yang sedikit lebih unik dibandingkan dengan OPPO R17 dalam urusan baterai, pasalnya R17 Pro merupakan smartphone yang dibenamkan dengan dual baterai berukuran total 3.700 mAh dengan masing-masing baterai berukuran 1.850 mAh, pada awalnya saya merasa aneh dengan penggunaan dual baterai ini sobat namun ternyata OPPO sengaja menggunakan dual baterai untuk memaksimalkan fitur Super VOOC Flash Charge mereka, karena dengan penggunaan dual baterai ini mampu membuat fitur Super VOOC Flash Charger mengisi daya hingga 40% hanya dalam waktu 10 menit.
Fitur super VOOC sudah tersedia di OPPO R17 Pro
Sedangkan pada OPPO R17 dengan penggunaan baterai berkapasitas 3500 mAh meskipun sama-sama menggunakan fitur VOOC Flash Charge namun tidak bisa mengisi baterai secepat seperti miliki R17 Pro loh sobat.

Desain dan Layar Gimana??


Desain layar OPPO R17 Pro
Nah untuk desain dan layar sendiri baik OPPO R17 dan R17 Pro memiliki bentuk yang sangat identik tanpa ada sedikitpun perbedaan baik dari tampak depan maupun tampak belakang, karena kedua smartphone ini mengusung layar berukuran 6,4 inci dengan panel AMOLED dan memiliki rasio layar hingga 91,5 %, dibagian layar ini juga terdapat notch atau poni yang sangat kecil yang diberi nama waterdrop desain dan sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass 6 untuk perlindungan.

Desain layar Oppo R17
Pada bagian belakang, body baik dari OPPO R17 dan R17 Pro sama-sama mengusung desain gradasi dengan warna yang indah dan menarik, hal ini nampaknya disesuaikan dengan tren pasar saat ini.
Oh ya satu lagi sobat, kedua smartphone ini sama-sama memiliki RAM 8GB dan media penyimpanan sebesar 128 GB, namun OPPO R17 dan R17 Pro juga tersedia dalam varian RAM sebesar 6GB loh sob.

Jadi??


Dengan embel-embel “PRO” ekspektasi terhadap OPPO R17 Pro tentunya sangat tinggi, bahkan mampu membuat gundah gulana para pembeli OPPO R17 yang sudah terlanjur meminang smartphone tersebut, bahkan ada yang langsung berencana untuk mengganti smartphone OPPO R17 yang sudah dimiliki dengan R17 Pro.

Bermain game menggunakan kedua smartphone ini tentunya mengasyikan
Namun melihat perbedaan di antara OPPO R17 dan OPPO R17 Pro yang tidak begitu jauh bahkan menurut penglihatan saya hanya dibagian kameranya saja, maka menurut saya bagi sobat yang terlanjur sudah membeli R17 tidak perlu mengupgrade smartphone yang sudah dimiliki untuk diganti ke R17 Pro karena kemampuannya hampir mirip-mirip, namun bagi sobat yang mempunyai budget lebih tentunya sah-sah saja jika ingin mengupgrade R17 ke R17 Pro.
Oh ya sobat sebagai informasi saja bahwa OPPO R17 dijual dipasaran dengan banderol sebesar Rp. 8.899.000,- sedangkan OPPO R17 Pro dijual dipasaran dengan banderol sebesar Rp. 9.999.000,- baiklah sobat sekian tulisan singkat saya mengenai perbandingan OPPO R17 dan OPPO R17 Pro semoga bisa menjadi referensi dan pencerahan bagi sobat yang ingin memahami lebih detail mengenai OPPO R17 dan R17 Pro.(RAA)
Comments

Reviewer dari Pontianak yang mencoba eksis, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon