Tips Dan Cara Agar Gigi Bisa Tumbuh Kembali Dengan Baik

Apa? Hai sobat alhamdulillah setelah sebulan berpuasa akhirnya kita merayakan hari raya Idul Fitri 1445 H, sudah makan banyak ketupat dan opor di kampung halaman sob? pasti menyenangkan banget ya.
Oh ya saya lupa mau ngucapin selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir batin ya sob siapa tau ada di antara kalian yang merasa tersinggung dan tidak nyaman atas tulisan yang saya sajikan sob, saya minta maaf yang sebesar-besarnya.
Idul Fitri atau lebaran selain identik dengan ketupat dan opor ayam juga identik dengan kue kering dan kue lapis yang semuanya bisa bikin batuk dan sakit gigi bahkan bisa membuat gigi menjadi lepas untuk anak kecil bahkan dewasa sekalipun.

Kalau gigi lepas harus ngapain?



Hal ini tentunya karena kandungan gula yang cukup tinggi di kue kering dan kue lapis tersebut apalagi kalau dimakan secarra berlebih beeh cepat sekali gigi menjadi sakit, nah gimana jadinya kalau sudah terlanjur mengalami gigi lepas apa yang harus dilakukan? simak tulisan saya ini sampai selesai ya sob.

Apa yang harus dilakukan saat gigi lepas?


Setelah gigi lepas, ada beberapa langkah yang perlu kalian lakukan sob agar proses pemulihan berjalan dengan baik.
Berikut ini tips perawatan setelah gigi lepas dari saya sobat, yuk cekidooot:

1. Hindari berkumur


Dalam 24 jam setelah gigi lepas ada baiknya jangan berkumur dan meludah denagn kencang karena bisa menyebabkan area bekas gigi yang terlepas terluka yang tentunya akan menyebabkan tidak nyaman di mulut.

2. Jangan makan makanan dan minuman pedas atau panas


Saat gigi kalian lepas, makanan dan minuman pedas atau panas merupakan hal yang wajib kalian jauhi untuk sementara, karena saat gigi kalian terlepas are mulut kalian sedang mati rasa, jadi kalian harus berhati-hati jika tidak ingin merasakan sakit di mulut akibat makanan dan minuman pedas serta panas.

3. Hindari menggunakan sedotan saat minum


Lebih baik hindari menggunakan sedotan saat minum dalam keadaan gigi lepas karena Gerakan menyeruput dengan sedotan dapat memecahkan bekuan darah dan menyebabkan kondisi bernama dry socket yang cukup menyakitkan.

4. Jangan merokok


Merokok dapat meningkatkan risiko perdarahan dan memperlambat proses pemulihan, untuk itu hindari merokok dalam waktu 24 jam setelah gigi lepas supaya tidak terjadi masalah yang dapat menganggu kesehatan gigi.

5. Jangan minum minuman beralkohol


Minuman beralkohol dapat memicu perdarahan dan menunda penyembuhan pada gigi yang lepas jadi, hindari minuman keras atau alkohol dalam 24 jam setelah gigi lepas.

7. Istirahat


Duduk dan beristirahat dengan kepala yang disangga oleh bantal untuk menghindari perdarahan selain itu juga membuat nyaman di rongga mulut dan gusi, dan hindari olahraga yang berat

Tips supaya gigi cepat kembali tumbuh setelah lepas


Jika telah mengikuti tips perawatan gigi lepas tersebut yang bisa kalian lakukan adalah menunggu gigi untuk tumbuh kembali, atau kalian bisa juga melakukan beberapa hal berikut ini untuk mempercepat gigi yang tumbuh sob (cuma berlaku untuk anak-anak dan remaja ya sob, yang sudah tua sudah tidak bisa lagi), cekidooot:

1. Atur pola makan yang sehat dan seimbang


Kesehatan gigi tidak terlepas dari pola makan yang sehat dan seimbang. Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium, seperti susu, keju, dan sayuran hijau, sangat penting untuk memperkuat gigi, astikan juga untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan vitamin K2, karena kedua nutrisi ini dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Dengan pola makan yang sehat, kalian dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk merangsang pertumbuhan gigi baru.

2. Rutin mengonsumsi suplemen kalsium dan vitamin D


Suplemen kalsium dan vitamin D dapat membantu memperkuat tulang dan gigi, sehingga mempercepat proses pertumbuhan gigi baru. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen, agar dosis dan jenis suplemen yang tepat dapat disesuaikan dengan kebutuhan tubuh sob.

3. Gunakan pasta gigi dan mouthwash yang mengandung fluoride


Fluoride adalah mineral alami yang dapat memperkuat enamel gigi dan mencegah kerusakan gigi. Penggunaan pasta gigi dan mouthwash yang mengandung fluoride dapat membantu dalam proses remineralisasi gigi dan tumbuhnya gigi baru.

4. Lakukan perawatan gigi secara rutin


Menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan melakukan perawatan gigi rutin sangatlah penting dalam merangsang pertumbuhan gigi baru. Sikat gigi dua kali sehari, gunakan benang gigi secara teratur, dan rutinlah melakukan pemeriksaan gigi ke dokter gigi.

Konklusi


Gigi yang rusak atau copot bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu, dan seringkali membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dalam berinteraksi sosial.
Butuh perhatian dan cara agar gigi bisa tumbuh kembali dengan sempurna, seperti yang telah saya jelaskan di atas sob caranya juga tidak ribet bahkan simple dan mudah sekali.
Baiklah sobatque semoga tulisan saya kali ini bermanfaat buat kalian ya sob, sampai jumpa di tulisan saya berikutnya see you.(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar