5 Game Yang Cocok Untuk Mengajarkan Mengenai Literasi Keuangan Kepada Anak

Apa? kalian tau dengan yang namanya literasi keuangan sob? nggak tau? waduhhhh inilah akibat kalian gak dapat ilmunya jadinya pada gak tau dengan yang dimaksud dengan literasi keuangan.

Yuk simak sampai selesai

Jadi literasi keuangan itu merupakan pengetahuan dan keterampilan seseorang dalam mengelola keuangan, dengan memahaminya seseorang dalam jangka waktu yang panjang akan mampu menjaga kondisi keuangannya untuk tetap stabil dan aman sepanjang waktu.
Bahkan saat ini literasi keuangan sangat diperlukan oleh setiap orang tak peduli apakah dia seorang dewasa, remaja, ataupun anak-anak sekalipun yang artinya literasi keuangan ini benar-benar penting.
Untuk saat ini mari kita setujui bahwa....

"literasi keuangan = kunci keberhasilan hidup"

Gunakan game sebagai sarana pembelajaran literasi keuangan


Berhubung banyak dari kalian yang belum memahami mengenai literasi keuangan, sebenarnya kapan sih waktu terbaik untuk mengajarkan mengenai literasi keuangan kepada seseorang? kalau menurut saya waktu yang tepat untuk mengajarkan seseorang mengenai literasi keuangan adalah sedini mungkin yaitu sejak masa anak-anak.
Salah satu cara yang bisa dipakai untuk mengajarkan mengenai literasi keuangan adalah melalui game, kenapa menggunakan game? karena dengan menggunakan game anak-anak semakin mudah memahami mengenai literasi keuangan.
Apa aja game yang bisa membuat anak menjadi melek literasi keuangan? kuy simak listnya :

1. Lego City Adventure Build And Protect


Game pertama yang bisa mengajarkan mengenai literasi keuangan adalah Lego City Adventure Build And Protect, dengan konsep membangun sebuah kota melalui berbagai macam sembari mengumpulkan uang.

Game Lego City Adventure Build And Protect

Game ini mengajarkan anak-anak serta memberikan pemahaman bahwa untuk mendapatkan uang/coin kita harus menunggu, bersabar sembari bekerja dan akan membuat anak-anak menjadi paham bahwa mengumpulkan uang tidak mudah.
Untuk membangun gedung dan kota di game ini anak-anak harus mengumpulkan block-block Lego dengan cara menggalinya dengan menukar beberapa coin.

Membangun kota sembari mengumpulkan coin


Tantangan yang ada di game ini adalah terkadang muncul perampok yang akan berusaha menguras uang yang kita miliki dan kita harus mencegah supaya uang/coin yang kita miliki tidak semakin terkuras.
yuk lanjut ke game berikutnya...

2. Cash Back


Game yang kedua ini adalah game berjudul Cash Back merupakan game yang cukup menarik karena di game ini anak-anak diajarkan cara menjadi kasir dan mengembalikan uang kembalian dari pelanggan yang berbelanja.

Game Cash Back


Ada tiga jenis tingkat kesulitan dari game ini yaitu easy, normal, dan hard yang memberikan tantangan dan nilai kembalian yang berbeda-beda tergantung level yang dipilih.

Salah satu contoh 

Game ini akan mengajarkan anak tentang nilai uang serta terkait dengan literasi digital yang tentunya akan bermanfaat bagi masa depan sang anak.

3. Treze Coins


Treze Coins merupakan game yang akan mengajarkan anak untuk menabung dengan nilai yang sesuai, selain dapat memahami cara menabung, anak-anak juga akan lebih paham, mengenai nilai uang yang akan ditabung.

Game Treze Coins


Game Treze Coins hanya memiliki satu tingkat kesulitan yang cocok dimainkan oleh anak umur berapa pun dan untuk menyelesaikan game ini juga terbilang mudah.

Bisa menabung dan mengenal nilai coins



4. Idle Money Tree


Game ke empat dalam list ini adalah Idle Money Tree merupakan game yang mampu melatih motorik anak sekaligus mengajarkan anak untuk bersabar dalam mengumpulkan uang/coin.

Game Idle Money Tree


Cara bermain game Idle Money Tree ini cukup mudah karena anak-anak hanya perlu memencet kantong uang yang menggantung di atas pohon untuk mengumpulkan uang yang kemudian uangnya bisa ditukar dengan item-item yang akan meningkatkan penghasilan dari kantong uang yang ada di atas pohon.

Cara bermain game Idle Money Tree cukup mudah



5. Stocks


Game terakhir pada tulisan saya kali ini yang mengajarkan mengenai literasi keuangan adalah game yang satu ini yaitu stocks, game ini sangat simple dan mudah dimengerti oleh anak-anak karena game ini mengambil konsep jual beli saham.

Game Stocks


Dengan konsepnya yang berfokus kepada saham, game ini tentunya akan mengajarkan anak untuk memahami cara membeli dan menjual saham, serta waktu yang tepat untuk membeli saham.

Ajari anak jual beli saham


Stocks ini tentunya akan meningkatkan literasi keuangan anak-anak zaman now karena saham merupakan salah satu instrumen keuangan sehingga memahami konsep jual beli saham dapat meningkatkan literasi digital anak-anak.

Konklusi


Memberikan pemahaman terhadap anak mengenai literasi keuangan memang wajib sejak dini supaya anak lebih aware tentang keuangan dan tentunya bisa membuat masa depan sang anak menjadi lebih terarah dan terjamin.
Mengajarkan anak tentang literasi keuangan mudah untuk dilakukan jika menggunakan game, dan di list game yang telah saya sebutkan di atas mampu dan bisa mengajarkan anak-anak untuk lebih paham mengenai literasi keuangan.
Untuk memainkan game-game yang ada pada list kalian bisa mengunjungi laman : https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ selain game-game di atas ada lebih banyak game yang bisa dimainkan oleh anak-anak.
Baiklah sobat semoga artikel kali ini mengenai literasi keuangan dan cara untuk mengajarkan anak untuk memahami literasi keuangan bisa bermanfaat buat kalian semua, dan apabila ada yang ingin ditanyakan bisa langsung menuliskan di kolom komentar ya sob.

Sip ya sob, sampai jumpa lagi di artikel saya berikutnya see you.(RAA)



Posting Komentar

8 Komentar

  1. Sekarang banyak juga, ya, permainan yang sifatnya mendidik. Bermain sekaligus belajar. Seru juga 5 perminan yang bisa mengajarkan literasi banyak anak.

    BalasHapus
  2. Wah banyak juga rekomendasi game untuk membantu meningkatkan literasi keuangan, bagaimana pun literasi keuangan adalah hal penting yang wajib dimiliki semua orang termasuk ibu rumah tangga dan anak-anak, ditengah maraknya kejahatan di bidang perbankan. Tidak hanya memahami berbagai produk keuangan, memiliki literasi keuangan yang baik akan membuat seseorang bisa mengelola keuangan dengan baik.

    BalasHapus
  3. diantara banyak game yang tersedia, ada beberapa yang memang bertujuan bermain sambil belajar sejak dini. Pas banget diinstal buat anak belajar mengelola uangnya. Mantap banget sih ini

    BalasHapus
  4. Serunya bisa belajar literasi keuangan sejak dini bersama https://www.mortgagecalculator.org/money-games/ .

    Karena bagi sebagian orang (termasuk aku), literasi keuangan ini agaknya menjadi materi yang berat. Tapi kalau dilatihkan melalui games, semoga pesannya mengenai kelola keuangan bisa sampai.

    BalasHapus
  5. Anak-anakku juga suka main game di situs itu. Yg cashback cocok buat anak TK, hehe..
    Memang anak-anak perlu banget diajarkan literasi keuangan sejak dini, ya.

    BalasHapus
  6. Menarik banget ini konsep game nya, lebih ke edukasi. Kayanya ini cocok untuk anak yg usianya udah kaya 8 atau 10+ gitu kali ya mas yg udah ngerti duit

    BalasHapus
  7. asiknya ya bang punya ini jadibisa mengajari anak keuangan sejak dini. Ntar kalau anakku udah gedean mau juga ah ajarin ini

    BalasHapus
  8. Wow menarik nih. Aq baru tahu ada game bisa untuk literasi keuangan. Seharusnya orang dewasa yg suka hutang ke pinjol bisa ikutan game ini, hehe

    BalasHapus

Silahkan berkomentar dengan memperhatikan beberapa hal berikut :
1. Dilarang menyisipkan link aktif
2. Dilarang komentar secara berulang (spam)
3. Dilarang komentar yang menyinggung, serta yang terkait sara dan agama
4. Dilarang meminjam uang karena saya blogger bukan pinjol
5. Dilarang memesan makanan karena saya bukan ojol
Semoga tulisan saya bermanfaat bagi kalian
semua ya sobat.