6 Jenis Investasi Yang Menguntungkan Di Masa Pandemi

Apa? Investasi merupakan satu kata yang saat ini menjadi kata sakti yang banyak diucapkan oleh setiap orang di Indonesia, alasan investasi menjadi populer disebabkan dengan kondisi perekenomian masyarakat Indonesia yang saat ini sedang dilanda kesulitan, dengan keadaan ekonomi yang serba sulit ini benar saja investasi memang menjadi salah satu solusi terbaik untuk tetap bertahan.

Yuk disimak biar paham


Sebelum melakukan investasi tentunya kita harus mengetahui dulu makna sesungguhnya dari investasi supaya kita tidak salah dalam melakukan investasi atau memilih investasi yang cocok bagi kita.

Apa itu investasi


Nah sobat, kalian ada yang sudah mengetahui apa itu investasi?

Investasi adalah upaya memanamkan modal atau dana dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan di masa depan

Pada dasarnya investasi merupakan salah satu cara untuk mengembangkan uang yang kita punya serta memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang, tujuan mengembangkan uang ini pun sangat beragam bagi setiap orang.

Investasi memiliki banyak manfaat dan keuntungan

Manfaat dari investasi


Investasi sendiri memiliki banyak manfaat yang tentunya akan sangat bermanfaat bagi kita, seperti :

  1. Kebebasan finansial, artinya kita tidak perlu khawatir lagi tidak memiliki uang walaupun tidak bekerja, nah dengan melakukan investasi kita tentunya bisa mendapatkan kebebasan finansial khususnya di masa pandemi seperti sekarang.
  2. Melindungi aset dari pengaruh inflasi, inflasi memang memiliki pengaruh buruk bagi aset yang kita miliki karena inflasi bisa mengurangi nilai aset yang kita miliki, namun dengan investasi aset kita akan berkembang nilainya dan sedikit banyak akan terhindari dari pengaruh buruk inflasi.
  3. Meningkatkan kekayaan yang kita miliki, investasi memang memiliki tujuan untuk meningkatkan kekayaan, jadi jika kita melakukan investasi secara benar dijamin kekayaan yang kita miliki akan semakin bertambah.
  4. Bisa menjadi solusi saat kondisi darurat, investasi bisa menjadi jalan aman untuk menghadapi kondisi darurat di masa depan, seperti masa pandemi sekarang ini orang-orang yang sudah melakukan investasi sejak lama tentunya tidak akan mengalami masalah finansial jika dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan investasi.


Panduan dasar sebelum berinvestasi


Investasi pada dasarnya sangat mudah, namun bagi seseorang yang belum pernah melakukan investasi tentunya membutuhkan setidaknya sebuah panduan dasar sebelum melakukan investasi.
Apa aja yang harus dilakukan sebelum melakukan investasi? yuk disimak sob :

- Investasi harus memiliki tujuan yang jelas


Sobat sebelum memulai investasi, kita harus menentukan tujuan atau untuk apa kita melakukan investasi hal ini tentunya berkaitan dengan investasi apa yang akan kita pilih, mulai dari segi jangka waktunya, jenisnya, hingga dimana kita akan melakukan investasi.

- Tentukan seberapa banyak modal yang harus diinvestasikan


Yang namanya investasi tentunya harus menggunakan modal, tidak ada investasi yang tidak menggunakan modal namun di masa sekarang modal yang dikeluarkan untuk melakukan investasi tidak sebesar di zaman dulu, bahkan dengan uang 100 ribu rupiah kita sudah bisa melakukan investasi namun patut diingat sobat

- Pahami resiko dari investasi


Semua hal yang berkaitan dengan uang tentunya memiliki resiko dan yang namanya investasi tidak selamanya akan terus menghasilkan keuntungan yang besar ada juga yang hanya menghasilkan keuntungan kecil bahkan kita bisa mengalami kerugian, untuk itu kalian wajib mengetahui bahwa ada resiko dibalik yang namanya investasi.

Jenis-Jenis Investasi yang menguntungkan saat ini


Setelah membaca panjang lebar tulisan saya akhirnya kita sampai kepada poin paling penting dari tulisan saya kali ini yaitu mengenai jenis investasi yang menguntungkan saat ini, nah yuk kita mulai bahas satu persatu sob :

1. Deposito


Pada dasarnya deposito merupakan tabungan, namun memiliki nilai keuntungan yang tinggi karena bunga yang kita dapatkan lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa dan dengan resiko yang cukup rendah, namun patut diingat untuk memaksimalkan keuntungan yang kita dapat melalui deposito kita wajib menginvestasikan dana dalam jumlah yang cukup besar juga sobat.
Jika kalian bingung ingin menginvestasikan dana menjadi deposito kalian bisa mengunjungi HSBC karena bunga yang ditawarkan terhitung cukup tinggi yaitu 6,25% pertahun loh sobat

2. Emas


Salah satu investasi yang menguntungkan adalah emas

Emas merupakan investasi yang sangat menarik terlebih lagi dengan nilainya yang terus melonjak selama pandemi ini, cara investasinya pun cukup mudah karena kita hanya perlu membeli emas fisik, dan jika kita memerlukan uang cash kita tinggal menjualnya atau bisa juga menggadaikannya.

3. Properti


Investasi properti merupakan investasi yang paling stabil

Properti itu terdiri dari rumah dan tanah, nah jadi cara untuk berinvestasi properti yang kita hanya perlu lakukan adalah dengan membeli rumah atau tanah kemudian menyimpannya serta menjual properti tersebut jika dirasa harga properti tersebut meningkat drastis, namun ada cara lain juga untuk berinvestasi properti yaitu kalian bisa menyewakan properti tersebut untuk mendapatkan sejumlah uang, investasi properti ini memiliki resiko yang terbilang rendah.

4. Saham


Saham merupakan investasi yang memiliki resiko paling tinggi namun dengan kemungkinan keuntungan yang paling besar pula, keuntungan dari saham itu berasal dari dividen serta pertumbuhan saham itu sendiri.

Pergerakan saham

Jadi jika kalian menginvestasikan dana yang kalian miliki disaham yang tepat bukan tidak mungkin kalian akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar, namun patut diingat untuk mendapatkan saham yang tepat tersebut butuh pemahaman yang sangat tinggi dan analisa yang detail juga sobat, jadi bagi para pemula wajib untuk belajar sistem dan cara investasi saham sebelum terjun langsung.

5. Reksadana


Reksadana secara simplenya merupakan investasi yang mana dana atau uang dari beberapa investor dikumpulkan menjadi satu kemudian diinvestasikan ke pasar modal, dan reksadana sendiri terbagi menjadi 5 yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana saham, reksadana campuran dan reksadana index.
Dari kelima reksadana yang tersedia memiliki resiko serta keuntungan yang berbeda-beda semakin tinggi resiko maka semakin tinggi pula keuntungan yang bisa didapatkan, modal untuk menginvestasikan reksadana ini juga tidak terlalu besar yaitu mulai dari 500 ribu rupiah dan kalian bisa membelinya melalui HSBC loh sobat.

6. P2P Lending


Yang terakhir dari daftar investasi yang menguntungkan ini adalah P2P (peer to peer) Lending, investasi yang satu ini terbilang sangat mudah sekali karena kita hanya harus meminjamkan uang kepada pihak yang membutuhkan baik itu perusahaan ataupun personal melalui platform yang sudah dikembangkan oleh perusahaan P2P Lending.
Keuntungan dari investasi ini kita mendapatkan timbal balik dari bunga pinjaman yang telah kita berikan, bunga yang ditawarkan oleh P2P Lending ini cukup menjanjikan hingga 18% pertahunnya, dan keuntungan lain dari investasi ini adalah modal yang kecil karena dengan uang 100 ribu rupiah saja kita sudah bisa mulai berinvestasi.

Konklusi


Nah jadi itulah 6 investasi yang menguntungkan saat ini, sangat cocok dilakukan di masa pandemi seperti sekarang, namun patut diingat setiap investasi pasti akan memiliki resiko jadi pastikan kalian sudah memahami resiko yang akan dihadapi karena ingat kita berinvestasi untuk mendapatkan tambahan uang, namun jika uang yang kita miliki malah berkurang akibat tidak memperhatikan resiko tentunya hal tersebut tidak baik sobat.
Jadi yuk mulai berinvestasi.....(RAA)



Posting Komentar

0 Komentar