Tips Keuangan ala Reviewapaaja Dalam Menghadapi Pandemi - Review Apa Aja

Saturday, December 19, 2020

Tips Keuangan ala Reviewapaaja Dalam Menghadapi Pandemi

Apa? Wah tak terasa ya sudah weekend lagi tahun 2020 ternyata sangat cepat berlalu ya sobat, nah ngomongin tahun 2020 apa yang paling kalian saat ini sobat? pandemi? virus? atau apa sobat? kalau saya sendiri yang paling saya ingat mengenai tahun 2020 adalah uang yang menipis sobat. 
Saat pandemi virus corona menyerang ekonomi langsung menjadi lesu sobat, bayangkan saja sobat banyak bisnis yang terkena dampaknya dan bahkan sampai gulung tikar, sedangkan untuk saya sendiri yang berprofesi sebagai seorang blogger dampaknya juga terasa sobat yaitu uang yang mulai menipis, sehingga mau tidak mau uang tabungan pun menjadi korban. 

Keuangan menipis disaat pandemi?


Nah terkait hal tersebut pada tulisan saya kali ini saya akan memberikan tips keuangan yang bisa sobat manfaatkan untuk menghadapi situasi seperti sekarang ini, yuk disimak sob : 

1. Dapatkan penghasilan tambahan 


Hal pertama yang wajib kita lakukan untuk menghindari uang yang semakin menipis dimasa pandemi adalah mendapatkan penghasilan tambahan, ada banyak cara yang bisa kita lakukan sobat seperti berjualan.

Penghasilan tambahan sangat diperlukan disaat pandemi seperti sekarang


Namun patut diingat meskipun hanya penghasilan tambahan namun jika kita melakukannya dengan serius bukan tidak mungkin keuntungan yang kita dapatkan akan lumayan besar. 

2. Evaluasi penghasilan 


Tips yang kedua adalah kalian wajib melakukan yang namanya evaluasi penghasilan, kenapa demikian sob? hal ini untuk memastikan penghasilan yang kalian miliki tetap digunakan untuk posnya masing-masing. 

Evaluasi penghasilan sangat penting


Selain itu evaluasi penghasilan juga bisa membuat kalian menggunakan uang dengan bijak juga sobat sehingga tidak ada pengeluaran yang sia-sia, dan uang yang kalian miliki jadi lebih terkontrol dan penggunaannya jadi lebih terlacak juga sob. 

3. Jangan ngutang 


Sobat dimasa pandemi yang serba sulit ini sebisa mungkin kalian jangan "ngutang" sobat khususnya untuk membeli barang yang dirasa kurang begitu penting, karena ngutang berarti kita menambah beban dari penghasilan kita yang terpengaruh pandemi ini sob, alangkah baiknya kita menyimpan uang yang sudah kita dapatkan untuk berjaga-jaga disaat yang genting. 
Namun disaat genting atau terpaksa kalian boleh ngutang dengan catatan utang tersebut tidak boleh lebih besar dari penghasilan yang kalian dapatkan ya sob, hal ini untuk memudahkan kalian dalam melunasi hutang sob. 

4. Jangan boros 


Tips keuangan yang keempat adalah jangan boros, hal yang mudah diucapkan namun sangat sulit untuk diterapkan, jangan boros dalam tips keuangan ini adalah dengan mengurangi belanja apa aja sob, mulai dari jajan, belanja online, bahkan belanja kebutuhan yang kurang perlu juga bisa kalian kurangi untuk menghemat uang. 

Jangan boros ya sob


Terkesan pelit memang sob, namun alangkah baiknya belanja yang kalian lakukan adalah belanja yang benar-benar sangat dibutuhkan seperti membeli bahan makanan yang bisa kalian konsumsi setiap hari sob. 

5. Yuk mulai menabung lebih 


Tips keuangan yang terakhir untuk menghadapi pandemi adalah menabung, ya menabung bisa kita lakukan dengan berbagai macam cara sobat, namun untuk memastikan keuangan kita tetap aman saran saya adalah sobat wajib meningkatkan jumlah uang yang ditabung, kalau sebelumnya pos untuk tabungan seadanya coba deh kalian mulai meningkatkan jumlahnya sob. 

Tingkatkan jumlah uang yang ditabung


Hal ini karena fungsi dari sebuah tabungan lebih dari sekedar simpanan namun juga bisa berguna untuk menyelamatkan diri kita saat menghadapi pandemi, karena disaat pandemi kita tidak memiliki uang dijamin kehidupan akan semakin sulit sobat. 
Untuk itu mulai niatkan diri untuk menabung lebih untuk mempersiapkan diri menghadapi hal-hal yang tidak kita inginkan kedepannya sobat. 

Baiklah sobat itulah beberapa tips keuangan dari saya semoga membantu bagi sobat sekalian yang membutuhkan tips keuangan saat menghadapi pandemi, dan mari kita berdoa semoga pandemi ini segera berlalu ya sobat supaya kehidupan kembali menjadi normal kembali. 
Sampai jumpa lagi sobat diartikel saya berikutnya sob, dan bagi kalian yang ada pertanyaan silahkan bertanya dikolom komentar yang sudah tersedia di bawah, see you sob.(RAA)

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, dan SPAM ya sobat.
Serta jangan masukkan link aktif, karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon