Klasik, Honda Hadirkan Motor Legendaris 70-an Bertajuk Honda CG125 - Review Apa Aja

Sunday, July 5, 2020

Klasik, Honda Hadirkan Motor Legendaris 70-an Bertajuk Honda CG125

Apa? Sobat Pangsa pasar motor klasik terus tumbuh. Wajar jika pabrikan terangsang memproduksi unit bertema lawas. Bahkan menerbitkan kembali produk lama mereka. Seperti di Vietnam, Honda CG125 motor legendaris dari era 70-an baru saja mendarat dan menyapa penggemar sepeda motor Honda Klasik, motor ini kembali dipasarkan dan dijual mulai Rp 24,6 juta. 
 
Honda CG125

Memang bukan dirilis resmi oleh Honda Vietnam. Melainkan diimpor utuh dari Cina oleh diler bernama Truong Trung Motor. Bagi yang belum tahu, CG sebetulnya masih terus diproduksi pabrik Honda Wuyang. Sebab dianggap laris dan kerap dijadikan kendaraan “tempur” oleh konsumen di sana (Cina). 
Kiprahnya begitu panjang. Pertama kali muncul di 1975, bersanding dengan Honda CB series yang terkenal di Tanah Air. Hanya saja eksistensinya tak bertahan lama. Boleh jadi, mesin push rod yang jadi pembeda dengan CB kurang diminati di sini.

Tampilan klasiknya sangat kentara

Mesin modern


Tapi CG125 baru tentunya hadir dengan sentuhan modernisasi. Terutama area pendukung dapur pacu. Sistem pengabutan bensin kini diubah menjadi injeksi elektronik. Hal yang wajib ada di motor zaman sekarang. 

Tidak ada panel digital

Sementara jenis mesinnya masih mengadopsi yang lama, yakni satu silinder 125 cc berpendingin udara. Ubahan komponen suplai bensin sebetulnya tak begitu berpengaruh terhadap output. Tenaga maksimal CG mencatat angka 11,1 Hp/8.500 rpm serta torsi 10,5 Nm/7.500 rpm. Standar. Ramuan rasio kompresi juga tetap rendah, 9,0:1. 
Di luar teknis, semuanya sama persis. Bahkan peranti deselerasi mengadopsi model teromol sepenuhnya. Hingga fork teleskopik dan dual shock belakang, memiliki bentuk persis dengan generasi pertama: dilabur krom dan diberi penutup suspensi.

Tampilan tetap sama


Jangankan sepintas, jika dilihat dari dekat dan fokus pun tubuhnya masih sama. Tak perlu dicari-cari perbedaannya. Tangki, tutup aki, keran bensin, jok bermotif kotak-kotak, sampai lampu persegi di depan dan belakang memang identik. Lengkap dengan fender khas motor tua, penutup rantai, sampai ban “cacing”. 

Tampilan tetap sama

Area dasbor juga begitu. Mungkin Anda familiar dengan panel instrument GL Pro? Di tahun 2020, CG masih dibekali speedometer kotak itu. Tanpa ada sedikitpun modernisasi. Satu-satunya yang baru adalah embos i-Fi, menandakan dirinya menganut sistem injeksi. Jadi jangan banyak protes soal data yang disajikan terlalu minim. 

Pilihan Varian 


Merespons kultur custom yang juga marak, CG turut disediakan dalam varian lebih ekspresif. Kita tahu, basis motor ini sangat mudah dikostumisasi sesuai selera. Sama esensinya seperti Honda CB, bak sebuah kanvas kosong. 

Gampang dimodifikasi

Bagi yang malas mengubah sendiri, CG125Fi turut dikemas dalam bentuk CafĂ© Racer, Brat Style, bahkan Scrambler. Pembedanya lumayan banyak. Dimulai dari speedometer minimalis, lampu bundar, kelir, sadel tipis, sampai bentuk sepatbor dan knalpot hitam. Tentu ban dan pelek juga diganti, menyesuaikan tema masing-masing. 

Konklusi 


Tren motor klasik untuk dihadirkan kembali di zaman sekarang sepertinya sedang menjamu, Honda sendiri terhitung sudah menghadirkan berbagai macam motor klasiknya seperti Honda Super CUB C125, Honda Monkey, Honda CT125 dan semua motor tersebut laku keras, kali ini juga hadir Honda CG125 yang tampilannya bahkan sama persis seperti yang hadir ditahun 70-an hal ini tentunya akan membangkitkan kenangan lama. 
Setelah dihadirkan di Vietnam apakah Astra Honda Motor berencana membawa sepeda motor ini ke Indonesia? kita nantikan saja sobat apakah motor ini bisa hadir dan laku keras di tanah air. 
Baiklah sobat sekian tulisan singkat saya mengenai Honda CG125, semoga bisa memberikan tambahan wawasan sobat terhadap sepeda motor klasik dari Honda yang satu ini, sampai jumpa ditulisan saya berikutnya ya sobat see you.(RAA) 

Referensi : 
- motosaigon

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon