Ini 4 Tips Penting Main Game di Laptop, Biar Gak Cepat Panas! - Review Apa Aja

Saturday, July 25, 2020

Ini 4 Tips Penting Main Game di Laptop, Biar Gak Cepat Panas!

Apa? Sobat pembaca setia reviewapaaja.com bermain game favorit di laptop memang sangat menyenangkan, bahkan bisa sampai berjam-jam lamanya. Apalagi kalau main game yang menantang dan butuh lawan bermain buat memainkannya, pasti tambah seru lagi. Tapi, karena keasyikan bermain game bukan berarti kamu harus mengabaikan kesehatan kamu. Bermain game dalam waktu yang lama tentunya bisa berdampak pada mata dan membuat kamu jadi cepat lelah sob.

Main game di depan laptop mengasyikan, sumber : pinterest.com


Selain itu, bermain game hingga berjam-jam juga bisa berdampak pada performa laptop kamu. Ini akan membuat perangkat tersebut jadi cepat panas karena hardware laptop dipaksa bekerja secara terus-menerus untuk bermain game dan menopang grafik. 
Kalau dibandingkan dengan perangkat PC, laptop lebih mudah cepat panas. Biasanya PC masih mempunyai ruang dalam yang bisa digunakan untuk ruang sirkulasi udara. Maka tak heran, jika sirkulasi udara PC terbilang lebih baik ketimbang laptop. Nah, kalau kamu sering banget main game di laptop, lebih baik simak tips and trik berikut biar laptop kamu gak cepat panas saat digunakan bermain game.

1. Gunakan cooling pad

Cooling pad bikin suhu menjadi dingin, sumber : pinterest.com

Pada umumnya, Processor menurunkan clock speed saat suhu mencapai tinggi. Ini tentu bisa berdampak untuk performanya. Agar performa laptop tetap terjaga dengan maksimal, lebih baik gunakan cooling pad untuk menjaga suhu laptop. 
Dengan menggunakan cooling pad, suhu laptop yang tinggi pun bisa turun dan terjaga dengan baik. Selain itu, suhu ruangan yang sejuk juga bisa membantu menurunkan suhu tinggi pada laptop lho. So, bermain game di ruangan yang sejuk bisa dijadikan salah satu solusi agar laptop gak cepat panas. 

2. Hindari menaruh laptop diatas bantal atau kasur

Main laptop di atas bantal atau kasur memang lebih nyaman dan menyenangkan. Meski begitu, menaruh laptop di atas permukaan bantal atau kasur ternyata bisa menjadi penyebab laptop jadi cepat panas. Ini karena permukaan bantal atau kasur menutup rongga di kipas laptop sehingga menghalangi udara untuk keluar. 

Bermain game di atas kasur tidak baik ya sob, sumber : pinterest.com

Tak cuma itu, meletakkan laptop di permukaan bantal juga bisa membuat harddisk pada laptop terguncang. Salah satu solusi agar laptop gak cepat panas dan juga rusak adalah dengan menggunakan meja portable. Dengan menggunakan meja portable tentunya kamu tetap bisa memainkan laptop di kasur dengan nyaman.

3. Rutin membersihkan laptop

Laptop yang sering dimainkan tentunya akan semakin kotor. Tapi, masih ada sebagian orang yang mengabaikan hal seperti ini. Laptop yang kotor bisa menyebabkan banyak hal pada kondisi laptop. Debu yang bersarang di laptop bukan cuma membuat mesin pada laptop jadi cepat rusak, namun juga membuat laptop jadi cepat panas.

Membersihkan rutin laptop bisa mempengaruhi performa laptop lebih baik, sumber : pinterest.com

Ini disebabkan rongga laptop yang tersumbat oleh debu dan membuat panas yang akan dikeluarkan oleh mesin laptop tertahan. Oleh karena itu, rutin lah membersihkan laptop agar laptop kesayangan kamu tetap bagus performanya dan gak cepat rusak. Pastikan kamu membersihkan laptop dengan hati-hati ya supaya tidak menimbulkan masalah pada laptop kamu nanti.

4. Sesuaikan kualitas grafik pada game

Ketika kamu memainkan sebuah game, graphic card menjadi salah satu komponen yang mempunyai beban kerja yang paling berat. Hal ini tentu bakal berdampak pada bagian temperatur kerja kartu grafik itu sendiri. Di kondisi seperti ini, sistem pendingin adalah peran yang sangat penting buat menjaga suhu laptop tetap stabil sehingga VGA card laptop tetap bisa beroperasi dengan kondisi baik.

Menentukan kualitas game mempengaruhi terhadap suhu di laptop, sumber : pinterest.com

Penyebab laptop jadi cepat panas dapat diakibatkan oleh kartu grafik yang bekerja keras buat memproyeksikan grafik game. Kualitas grafik yang semakin rendah akan membuat laptop kamu jadi cepat panas juga. Maka dari itu, sesuaikanlah kapasitas grafik permainan kamu dengan kapasitas kartu grafik yang kamu punya agar laptop kamu tidak cepat panas.

Konklusi


Baiklah sobat sekian tips dari saya terkait tips biar laptop tidak cepat panas saat bermain game, semoga membantu sobat yang ingin bermain game lama-lama dengan laptop kesayangan, karena gak lucukan kalau laptop yang kita miliki tiba-tiba rusak hanya karena bermain game terlalu lama.
Baiklah sobat sampai jumpa ditulisan saya berikutnya ya sob, sampai jumpa lagi see you.(RAA)

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon