Galau Antara Honda PCX ABS Second atau Honda Vario 150 Baru - Review Apa Aja

Sunday, July 5, 2020

Galau Antara Honda PCX ABS Second atau Honda Vario 150 Baru

Apa? Sobat Popularitas Honda PCX tipe ABS di pasar motor bekas cukup baik. Padahal banderolnya bisa dikatakan masih cukup tinggi. Meski dalam keadaan seken, banyak orang yang ingin meminangnya. Unit lansiran 2018 harganya bervariasi. Rata-rata dijual kisaran Rp 23 sampai Rp 25 jutaan, tergantung kondisi. Kisaran angka itu kalau dihargai motor lain, bisa dapat Honda Vario 150 baru yang sekarang bernilai Rp 24,3 juta. Lalu di antara kedua, siapa yang lebih menarik untuk dibeli? 

PCX ABS second atau Vario 150 baru?

Mungkin banyak diantara kalian yang bakal lebih memilih Honda Vario dalam keadaan baru selain kondisi masih gress, Vario juga punya kelayakan untuk dipinang. Tapi PCX punya nilai lebihnya sendiri sobat, soal akomodasi misalnya, tentu PCX bisa menjadi pilihan tepat. Ia punya bagasi yang jauh lebih besar, 28,8 liter. Bisa menaruh helm full face dan masih tersisa sedikit ruang untuk menyimpan benda kecil lain. Sementara Vario hanya 18 liter, hanya cukup memuat helm open face. 
Tambahan poin plus si skutik premium, sudah memiliki pengereman bersensor alias ABS (Anti-lock Braking System) pada roda depan. Tidak seperti adiknya yang masih mengandalkan rem model CBS (Combi Brake System). 

Sama - sama mengusung fitur canggih 


Walau Vario berada di bawah PCX, soal fitur ia masih bisa mengimbangi. Seperti headlamp dan stoplamp yang sudah berteknologi LED desainnya pun tak kalah dengan sang kakak, mewah dan sporty. Kemudian panel meter juga sudah full digital, berisi spidometer, indikator bahan bakar, jam dan trip meter. Ada juga fungsi pengingat ganti oli berkala, smart key, indikator baterai dan tegangan aki. Meski semua itu juga tersedia pada PCX. 

PCX dengan desain gambot

Sisi muatan yakni inner rack di bagian depan, Vario punya 2 buah dan posisinya terbuka. Bermanfaat untuk menaruh gloves, air mineral gelas dan benda kecil lainnya. Sementara sang kakak lebih rapi karena dilengkapi penutup. Meski cuma ada satu di sisi kiri, dalamnya diberikan power charging dengan penggunaan daya maksimal 12 W (12V-1A). 
Masing-masing sudah diberikan ISS (Idling Stop System), untuk mengoptimalkan konsumsi bahan bakar. Saat motor posisi idle, kerja mesin mati secara otomatis. Keduanya sudah mengadopsi Smart Key System (keyless) berbasis remote. Di dalamnya ada fitur Answer Back System untuk memudahkan mencari di lokasi parkir, dan anti-theft alarm buat meminimalisir tindak pencurian. 

Mesin Vario sedikit lebih hemat bbm 


Keduanya sama-sama menggendong mesin 150 cc SOHC 2-Valve berpendingin cairan dan suplai bahan bakar memakai teknologi PGM-FI. Namun output tenaga yang dihembuskan kedua punya perbedaan. Vario, mengeluarkan tenaga 12,9 hp pada 8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm di putaran 5.000 rpm. Sementara PCX, sanggup melontarkan 14 hp di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm pada kitiran 6.500 rpm. 

Honda Vario 150 yang sporty

Angka yang dihasilkan itu bukan karena spesifikasi ruang bakar berbeda, melainkan sistem injeksi, ECM dan kruk as yang tidak sama. Menurut uji coba internal AHM, Vario 150 bisa menempuh jarak 46,9 km hanya dengan satu liter bensin, sementara PCX di angka 45 kpl. Selisih itu tentunya ada kaitan dengan bodi vario yang lebih kecil. 

Mewah vs sporty 


Kemudian soal penahan laju, kedua roda PCX sudah pakai cakram saudaranya hanya gunakan cakram di depan dan belakangnya masih tromol, kemudian urusan kulit bundar sesuai dengan bodi dari masing-masing unit. Skutik mewah lebih proporsional karena pakai ban berprofil lebar, 100/80 di depan dan 120/70 di belakang, Vario 90/80 depan dan 100/80 belakang, masih memancarkan aura skutik konvensional baik PCX dan Vario memakai ban tubeless. 
Kalau urusan desain, kembali ke selera Anda. Vario 150 berpenampilan sporty, sementara kakaknya lebih mengutamakan kemewahan. Keduanya juga cocok untuk mobilitas dalam kota, tapi PCX punya penunjang kepraktisan lebih lengkap, berguna buat menemani perjalanan jauh. 
Namun untuk konsumen yang memilih PCX bekas, baiknya melakukan pengecekan mesin motor secara keseluruhan terlebih dahulu. Cara mudahnya lihat bagian gasket dan baut pada mesin, apakah sudah pernah dibuka atau belum. Biasanya terlihat perbedaan warna asli bawaan pabrik. Jika terlihat berubah, bisa jadi motor pernah mengalami masalah serius pada bagian mesin. 

Harga tak begitu jauh 


Saat ini Vario 150 baru ditawarkan dalam 3 varian; Exclusive Rp 24,150 juta, Exclusive Matte Black dan Sporty Series yang dibanderol Rp 24,3 juta OTR Jakarta, selisih harga tak begitu jauh dengan PCX bekas yang berkisar Rp 23 juta sampai Rp 25 jutaan, hmmm menarik banget kan sob? 

Konklusi 


Jadi mau pilih Honda PCX ABS Second atau Honda Vario 150 Baru sob? Nah pilihan ini tentunya dikembalikan lagi kepada kalian sobat, kalian akan memilih skutik yang mewah atau yang bertipe sporty, karena dengan selisih harga yang tak begitu jauh, memilih antara Honda PCX ABS Second atau Honda Vario 150 menjadi tergantung kepada selera masing-masing kembali sobat. 
Baiklah sobat sekian artikel singkat dari saya kali ini semoga bermanfaat bagi sobat sekalian sampai jumpa lagi diartikel saya berikutnya see you.(RAA)

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon