6 Poin Utama yang Membuat ASUS TUF Gaming A15 FX506 Menarik Untuk Dimiliki - Review Apa Aja

Sunday, July 12, 2020

6 Poin Utama yang Membuat ASUS TUF Gaming A15 FX506 Menarik Untuk Dimiliki

Apa? Hellow sobat pembaca setia reviewapaaja.com apa kabarnya hari ini semoga sehat selalu, sobat dikesempatan kali ini saya akan coba membagikan ulasan saya mengenai sebuah laptop besutan dari ASUS yang diberi nama ASUS TUF Gaming A15 FX506, laptop gaming yang satu ini belum lama diluncurkan oleh ASUS loh sobat, penasaran kan? kuy simak baik-baik ulasan saya berikut ini.

Banyak dari kalian yang bertanya-tanya kok laptop gaming ASUS bukan bernama ROG (Republic of Gaming)...eh kok ini malah menjadi TUF Gaming, ya sobat tidak salah liat kok, ASUS memang menghadirkan ekosistem laptop gaming terbaru yang diberi nama TUF Gaming sobat, hal ini "mungkin" dilakukan oleh ASUS untuk memberi variasi bagi linimasa laptop gaming mereka yang selama ini "cuma" dihuni oleh ROG.

Selain itu TUF Gaming ini juga diprioritaskan untuk melawan laptop-laptop gaming kompetitor dengan harga yang lebih murah dibandingkan ROG, jadi hemat saya sih ROG tetap berada dikelas premium dan TUF Gaming berada dikelas yang sedikit di bawah dari ROG, namun begitu ASUS tampaknya tidak asal-asalan dalam merancang TUF Gaming hal ini dapat dilihat kualitas dan kemampuan yang terdapat pada TUF Gaming ini sangat luar biasa.


Salah satu produk andalan dari ekosistem dari TUF Gaming adalah TUF Gaming A15 FX506, tertarik untuk memilikinya sob? setidaknya ada 6 poin penting yang bisa membuat sobat sekalian menjadi yakin untuk memiliki ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini, apa aja itu? yuk cekidot :





TUF Gaming A15 FX506 ini dihadirkan memang untuk para gamer yang membutuhkan laptop gaming yng mampu melibas semua game-game PC yang ada diluaran sana, laptop yang satu ini memang dihadirkan dengan performa super kencang terima kasih dengan prosesor yang diusungnya yaitu AMD Ryzen 4000 series mobile processor yang merupakan prosesor 7 nanometer terbaru dari AMD yang menjanjikan performa super kencang, AMD Ryzen 4000 series memiliki 8 core dan 16 thread serta ditambah memori DDR4-3200 yang membuatnya bisa menjalankan semua game serta multitasking tanpa masalah yang berarti.


Prosesor yang super kencang AMD Ryzen 4000 series ini didukung dengan kartu grafis GeForce GTX 1660Ti atau yang lebih dikenal dengan nama GTX 16-series yang mampu menghasilkan frame rate sangat tinggi, hal ini tentunya membuat game yang kita mainkan menjadi sangat smooth dan berjalan dengan lancar sobat, bahkan tidak hanya untuk gaming sob, kartu grafis ini juga dilengkapi dengan memori GDDR6 yang super ngebut serta CUDA Core yang sangat bermanfaat untuk video encoding dan rending loh sob, oh ya untuk varian tertingginy TUF Gaming A15 FX506 ini hadir dengan kartu grafis GeForce RTX 2060 sobat ini sudah jadi jaminan mutu.


Untuk melengkapi prosesor dan kartu grafis istimewa tersebut ASUS juga menghadirkan media penyimpanan super kencang SSD dengan kapasitas 1TB, dan jika dirasa kurang kalian bisa menambahkan kapasitas penyimpanan tersebut loh sob, pasalnya ASUS juga menambahkan slot SSD tambahan di dalam TUF Gaming A15 FX506 ini.
Kapasitas SSD 1TB ini mampu membuat game dan aplikasi yang kita buka berjalan lebih cepat terima kasih dengan NVM Express, selain itu 1TB bagi saya sudah sangat lega loh kita bisa menyimpan banyak game, file kerjaan, dan file multimedia, kalau dirasa kurang ya itu tadi tinggal tambahkan SSD kedua sob biar makin legaaa.
Tak jauh beda dengan laptop gaming dari ROG, ASUS juga menghadirkan berbagai macam mode di TUF Gaming yang menawarkan fleksibilitas sesuai dengan kebutuhan kalian loh sobat.


Berikut beberapa mode yang bisa kita gunakan sob ;
  • Mode Windows merupakan mode yang sesuai dengan sistem operasi yang kita miliki
  • Mode Performance merupakan mode yang menawarkan keseimbangan antara performa dan suhu, serta tingkat kebisingan yang masih bisa ditolerir, mode ini merupakan mode default dari TUF Gaming A15 FX506,
  • Yang terakhir adalah Mode Turbo, mode ini menawarkan performa maksimal dari TUF Gaming A15 FX506 yang pengaturannya kita bisa atur sesuai selera kita sobat.
Oh ya sobat tak ketinggalan laptop gaming yang satu ini juga dilengkapi dengan RAM 8GB DDR4 3200MHz dual channel yang bisa diekspansi hingga 32GB yang artiya total RAM yang bisa kita tambah menjadi 32GB membuat laptop ini semakin kencang dan ngebut untuk dipakai segala hal.


"Namanya juga laptop gaming pasti berat dan tebal"

Itu paradigma yang sering kita jumpai bahwa laptop gaming itu tebal dan berat, namun tampaknya paradigma itu mulai dipatahkan oleh TUF Gaming A15 FX506 pasalnya laptop gaming yang satu ini memiliki desain yang tidak terlalu tebal namun tetap memiliki DNA laptop gaming dari ROG, ada dua pilihan desain yang bisa kalian pilih sobat terkait TUF Gaming A15 FX506 ini yaitu :

- Fortress Gray


Desain yang pertama diberi nama Fortress Gray yang memiliki desain yang beda dibandingkan laptop-laptop gaming lainnya hal ini karena pada desain ini sobat bisa melihat sebuah plat metal yang menutupi seluruh bagian belakang layarnya yang memiliki tekstur dan warna abu-abu yang khas, untuk menambah ke"awesome"an dari desain Fortress Gray TUF Gaming A15 FX506 ini, ASUS juga menambahkan empat sekrup yang menjadi aksen serta tampilan tangguh yang diusungnya

- Bonfire Black


Desain yang kedua dari TUF Gaming A15 FX506 diberi nama Bonfire Black, berbeda dengan Fortress Gray desain yang kedua ini dibuat lebih agresif serta mampu membuat semua mata tertuju pada laptop ini, sekilas tampilannya mengingatkan kepada lini masa laptop-laptop ROG, hal ini terlihat dari bagian belakang layarnya yang terdapat desain trapezoidal cut dengan aksen garis merah disekeliling laptop gaming ini, terlihat keren dan memukau.
Sobat TUF Gaming A15 FX506 ini baik itu desain Fortress Gray maupun Bonfire Black keduanya dirancang tangguh dan sangat cocok untuk DIGUNAKAN SEHARI-HARI hal ini karena TUF Gaming A15 FX506 ini sudah mengantongi sertifikasi militer MIL-STD-810H dan telah lolos berbagai macam tes dan pengujian ekstrem seperti uji getaran, uji jatuh, dan uji ketahanan yang artinya 1 kata aja untuk TUF Gaming A15 FX506 ini yaitu TANGGUH.


ASUS TUF Gaming A15 FX506 memiliki sistem pendinginan yang canggih karena untuk mempertahankan performa tinggi dan efektif dalam jangka waktu lama, berbagai macam komponen pendinginan hadir di dalam laptop ini sebut saja heatpipe dan tiga buah heatsink yang mampu mengeluarkan panas secara cepat sehingga komponen utama dari laptop ini tetap pada suhu yang normal terutama saat digunakan untuk bermain game.
Selain heatpipe dan heatsink turut hadir kipas yang mampu membuang panas dari dalam laptop gaming ini, dan uniknya lagi kipas ini bisa membersihkan dirinya sendiri sobat, dan hebatnya lagi kipas ini dilengkapi pilihan mode operasi yang akan mengurangi tingkat kebisingan kipas dengan tingkat temperatur dari sistem.


Diujung kipas terdapat dua buah anti-dust tunnel yang akan menangkap debu serta partikel untuk kemudian dikeluarkan langsung keluar dari chassis, hal ini tentu saja membuat laptop gaming yang satu ini terhindar dari penumpukan debu yang bisa membuat performa laptop menjadi turun.




Untuk urusan multimedia, laptop yang satu ini luar biasa loh sobat karena hadir layar IPS level dengan refresh rate 144Hz yang juga mendukung adaptive sync karena bermanfaat untuk mengurangi lag, stutter, bahkan menghilangkan visual tearing saat bermain game sob tidak banyak laptop gaming di pasaran yang memiliki layar dengan refresh rate 144Hz ini.



Namanya main game, ya gak bisa sebentar kan sob? nah dengan paham seperti itu sebuah laptop gaming wajib mempunyai kapasitas baterai yang besar supaya kita bisa berlama-lama dengan laptop gaming kesayangan, ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini dilengkapi dengan baterai 48 Wh lithium-polymer yang diklaim mampu bertahan lama baik itu saat digunakan untuk bermain game ataupun sekedar browsing, Dalam pengujian yang dilakukan, baterai tersebut sanggup bertahan hingga 5 jam lebih pada pengujian PCMark 10 Battery untuk Modern Office.


Oh ya sobat keyboard dalam sebuah laptop bisa diibaratkan sebagai tangan pada manusia karena tanpa sebuah keyboard laptop tersebut tentunya tidak bisa digunakan, nah di TUF Gaming A15 FX506 keyboard yang digunakan adalah full-sized desktop design keyboard yang tentunya lebih nyaman digunakan saat bermain game ataupun sekedar mengetik, kemudian turut hadir numeric pad dibagian kanan keyboar yang memudahkan dalam menginput angka, kemudian tombol panah diletakkan sedikit terpisah, tombol space juga dibuat lebih lebar hal ini untuk memudahkan para gamer mengaksesnya.
Seperti laptop gaming lainnya, keyboard dari TUF Gaming A15 FX506 ini dilengkapi RGB backlight yang bisa diatur sesuai selera, sedangkan tombos WASD yang merupakan tombol sakti para gamer diberi aksen berupa tombol tansparan yang memudahkan untuk ditemukan.





ASUS TUF Gaming A15 FX506 memiliki konektivitas serta port yang terbilang lengkap yang semuanya bisa sobat manfaatkan sesuai kebutuhan, sebut saja dua port USB 3,2 Type A yang bisa digunakan mentransfer data secara cepat, serta 1 buah port USB 2.0.


Fitur Bluetooth turut disematkan di laptop ini, kemudian turut hadir juga Port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung DisplayPort 1.4 yang bisa digunakan untuk menghubungkan laptop dengan monitor.
Kemudian hadir juga Wifi 802.11ac (2x2) yang cepat dan bisa diandalkan untuk terhubung ke jaringan internet.


Selain konektivas yang lengkap, TUF Gaming A15 FX506 ini sangat mudah untuk diupgrade karena cukup dengan membuka bagian bawah dari laptop ini maka kita bisa langsung mengakses segala macam slot memori, slot SSD dan slot-slot lainnya, dan mudahnya lagi cuma modal 1 buah obeng biasa aja loh sob.





Dibandingkan dengan linimasa laptop gaming ROG harga dari TUF Gaming A15 FX506 ini terbilang terjangkau karena harganya berkisar mulai dari 14 jutaan hingga 20 jutaan saja sobat, berikut detail harga lengkap dari TUF Gaming A15 FX506 yang saya dapatkan di situs resmi ASUS :
  • Rp 14.299.000, Spesifikasi yang didapatkan (AMD Ryzen™ 5 4600H/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)
  • Rp 15.799.000, Spesifikasi yang didapatkan (AMD Ryzen™ 7 4800H/GTX1650Ti_V4G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)
  • Rp 18.299.000, Spesifikasi yang didapatkan (AMD Ryzen™ 7 4800H/GTX1660Ti_V6G/8G/1TB HDD+256GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)
  • Rp 20.299.000, Spesifikasi yang didapatkan (AMD Ryzen™ 7 4800H/RTX2060_V6G/8G/512GB PCIe SSD/Windows 10 Home/Fortress Gray)





Dengan berbagai macam teknologi terbaru yang dihadirkan di TUF Gaming A15 FX506, laptop gaming yang satu ini tentunya sudah pasti cocok untuk digunakan bermain game, namun pertanyaan besar berikutnya adalah apakah bisa digunakan sebagai laptop sehari-hari? YA TENTU SAJA BISA SOBAT. 


Buat main game aja lancar apalagi sekedar penggunaan sehari-hari yang artinya laptop yang satu ini juga bisa digunakan oleh mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja kantoran, bahkan konten kreator juga bisa menggunakan laptop gaming yang satu ini.









Sobat melihat ulasan saya di atas dapatlah kita simpulkan bahwa TUF Gaming A15 FX506 meskipun dalam strata laptop gaming dari ASUS berada 1 tingkat di bawah ROG, namun ternyata tetaplah sebuah laptop gaming yang powerful yang mampu melibas berbagai macam jenis game selain itu laptop ini juga tidak hanya sekedar untuk bermain game namun lebih dari itu laptop ini juga tetap nyaman digunakan sehari-hari dan juga lebih mudah untuk dibawa kemana-mana karena ukuran dari TUF Gaming A15 FX506 lebih ringkas dibandingkan laptop gaming di kelasnya.


Harganya yang cukup terjangkau tentunya bisa menjadi pertimbangan lebih bagi kita yang akan membeli TUF Gaming A15 FX506 ini, karena dengan uang yang kita keluarkan kita tetap mendapatkan sebuah laptop gaming yang powerful namun dengan harga yang tidak membuat dompet jebol.
Jadi gimana sobat? tertarik untuk memilikinya? kuy segera kunjungi ASUS official store untuk membeli laptop gaming ini.
Oh ya sobat sekalian, selain linimasa laptop TUF Gaming, ASUS juga menghadirkan linimasa aksesoris TUF Gaming yang tentunya akan membuat bermain game menjadi semakin seru, untuk lebih lengkapnya sobat bisa membaca tulisan saya ini : Aksesoris TUF Gaming 
Baiklah sobat sekian ulasan panjang saya kali ini semoga sobat semakin jelas dan paham mengenai TUF Gaming A15 FX506 dari ASUS ini, sampai jumpa di tulisan saya berikutnya ya sobat, see you.(RAA)

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon