Tips Berkendara Secara Aman Untuk Wanita - Review Apa Aja

Sunday, April 26, 2020

Tips Berkendara Secara Aman Untuk Wanita

Apa? Melalui program online Honda Kalbar yang bernama BEDABOL (Bersama Dalam Obrolan Online) Instruktur Safety Riding Honda Kalbar berbagi edukasi sebagaimana mestinya seorang wanita harus mempersiapkan diri agar berkendara dengan aman. 

Acara Bedabol yang mebahas tentang keselamat wanita saat berkendara

Tidak kalah seru juga dalam penyampaian edukasi, istruktur juga berbincang-bincang bersama selebgram pontianak dengan nama akun IG @memedaengg. 
Selain edukasi, kuis-kuis berhadiah juga dilakukan untuk menyemangati peserta, dalam penyampaiannya wanita sebelum berkendara harus memperhatian terlebih dahulu:

Persiapkan kendaraan sebelum berkendara 

Sebelum berkendara tentunya kita harus mempersiapkan kendaraan dari pemeriksaan kelistrikan, pemeriksaan ban, kepakeman rem, dan bahan bakar. Jangan sampai kita tidak memperhatikan ini karena akan berakibat fatal jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Contohnya Lampu depan mati tiba-tiba saat berkendara malam, ban yang mengalami slip ketika melewati jalan yang licin, rem yang blong ketika melakukan pengereman dan bahan bakar yang habis ketika berkendara.

Riding Gear

Bukan hanya wanita, pria juga wajib menggunakan riding gear ketika berkendara. Gunakanlah riding gear yang lengkap untuk menghindari gesekan ketika terjadi kecelakaan. Riding gear yang wajib digunakan ialah Helm, Jaket, Sarung Tangan, Celana Panjang dan Sepatu.

Barang Bawaan

Biasanya barang bawaan yang dibawa oleh wanita lebih banyak dan bentuknya beragam. Contohnya tas jinjing, pada kenyataanya tas tersebut susah dibawa ketika berkendara. Ketika membawa tas jinjing resiko tas tersebut jatuh sangat besar oleh sebab itu disarankan untuk membawa juga tas gemblok untuk menyimpan terlebih dahulu tas jinjingnya kedalam tas gemblok, atau menaruhnya di dalam jok ketika berkendara. Tidak disarankan menaruhnya di stang motor ketika berkendara karena berisiko kecelakaan.

Mempersiapkan Baju Ganti

Wanita ketika mendatangi acara tentunya menggunakan baju yang menawan, namun menggunakan baju tersebut ketika berkendara sungguh rawan ketika mengalami kecelakaan. Oleh sebab itu disarankan untuk membawa baju pengganti agar aman ketika berkendara.

Wanita harus aman saat berkendara


Bagi para wanita mungkin mereka masih tidak tahu tata cara berkendara yang benar. Padahal, tata cara berkendara yang benar sangat mempengaruhi keamanan mereka dalam berkendara.

Wanita juga wajib aman saat berkendara

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara apa aja itu? kuy disimak :

Gunakan perlengkapan dasar berkendara

Demi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, penting bagi Sobat para wanita untuk menggunakan perlengkapan dasar dalam berkendara sepeda motor. Perlengkapan dasar seperti helm, jaket dan ikat rambut agar tidak mengganggu Sobat dalam berkendara. Pastikan juga Sobat menggunakan jaket untuk terhindar dari panas matahari yang menyengat.­ Selain itu, penggunaan jaket saat berkendara sepeda motor juga mampu menghindari Sobat dari serangan masuk Angin.

Jangan menggunakan sepatu hak tinggi

Bagi wanita, menggunakan sepatu hak tinggi memberikan kesan tersendiri bagi mereka. Namun sayangnya, penggunaan sepatu hak tinggi sebenarnya tidak diperbolehkan dalam mengendarai sepeda motor. Penggunaan sepatu hak tinggi saat mengendarai sepeda motor akan mengganggu keseimbangan tubuh saat membawa motor. Sebaiknya, gunakan flat shoes atau sepatu sport saat berkendara, Sobat bisa menyimpan sepatu hak tinggi Sobat dalam bagasi motor dan digunakan setelah selesai berkendara.

Jangan menggunakan rok

Menggunakan rok saat mengendarai sepeda motor sangat tidak dianjurkan, terlebih jika rok yang digunakan adalah rok ketat yang dapat mempengaruhi batas gerak kaki saat berada di jalur lambat atau kondisi yang berhenti mendadak. Hal ini demi menjaga keamanan dan kenyamanan Sobat dalam berkendara. Jika Sobat menggunakan rok maka Sobat akan sulit mengendarai motor serta mengundang tangan-tangan jahil dari pengendara lain. Sebaiknya gunakan celana panjang dan simpan rok di bagasi jika memang ingin digunakan.

Jangan menggunakan perhiasan secara berlebih

Penggunaan perhiasan untuk wanita memang tidak dilarang, hanya saja penggunaan perhiasan untuk wanita secara berlebihan sangat tidak dianjurkan, terlebih saat mengendarai sepeda motor. Meski tujuan penggunaan perhiasan untuk penampilan yang sempurna, namun dalam berkendara sebaiknya hindari. Hal ini dikarenakan penggunaan perhiasan berlebihan akan mengundang dan mencuri perhatian dari penjahat-penjahat yang justru akan mencelakai Sobat.

Gunakan tas yang tepat

Bagi wanita, dalam berkendara sepeda motor sebaiknya gunakan tas yang mudah dibawa. Hal ini dikarenakan menggunakan tas yang ribet akan menyulitkan Sobat dalam berkendara. Misalnya Sobat menggunakan tas slingbag, backpack atau totebag yang bisa dimasukkan dalam bagasi motor atau di letakkan di depan motor.
Jangan pernah Sobat gunakan handbag saat berkendara sepeda motor karena akan sulit dibawa. Hindari juga menggunakan shoulder bag saat berkendara sepeda motor karena dapat memancing tindakan kriminal seperti penjambretan dan sebagainya. Untuk itu gunakan tas yang aman dalam berkendara sepeda motor.

Jika mengikuti tips tersebut dijamin wanita jadi lebih aman saat berkendara

Itulah tips berkendara sepeda motor yang aman untuk para wanita. Pastikan Sobat mengetahui atat cara berkendara yang aman dan nyaman agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 
Semoga tips berkendara sepeda motor ini dapat membantu para wanita untuk berkendara dengan aman agar terhindar dari bahaya, baiklah sobat sampai berjumpa lagi (RAA) 

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon