Apakah Ibu Hamil Boleh Mengkonsumsi Suplemen Probiotik? - Review Apa Aja

Tuesday, January 7, 2020

Apakah Ibu Hamil Boleh Mengkonsumsi Suplemen Probiotik?

Apa? Happy New Year sobat tak terasa ya sudah tahun baru lagi aja, sebagai seorang blogger tahun baru artinya semangatnya juga harus baru, sehingga tetap bisa bermanfaat bagi semua orang yang tentunya membaca tulisan kita di blog sob.
Kali ini saya akan membahas mengenai suatu topik kesehatan yang sering ditanyakan oleh setiap ibu hamil di dunia ini sobat yaitu apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi suplemen probiotik? Bolehkah? Nah untuk itu tentunya harus kita bahas dengan lebih jelas kan sob?

Apakah ibu hamil boleh mengkonsumsi suplemen probiotik?

Sobat sebenarnya, kita tidak membutuhkan amat bantuan dari probiotik agar tubuh menjadi sehat. tetapi, probiotik dapat membantu lebih menyehatkan kesehatan pencernaan sobat, serta melindungi tubuh dari berbagai macam bakteri berbahaya. 
Tugas probiotik ini jadi sangat mirip dengan bakteri baik yang berada di tubuh. Sehingga jika tidak menambah asupan probiotik, apakah tubuh tidak akan terjadi apa-apa?

  Sekilas Mengenai Probiotik  

Pada dasarnya, probiotik adalah bakteri yang nantinya membantu keseimbangan organisme yang ada di susu, namun probiotik juga terdapat di dalam usus manusia juga loh sob.
Usus normal manusia normalnya memiliki kandungan 400 jenis probiotik yang akan mengurangi pertumbuhan bakteri jahat serta meningkatkan sistem pencernaan. 

Probiotik berisi bakteri baik

Maka dari itu probiotik yang digunakan dalam suplemen kesehatan kebanyakan adalah lactobacillius yang merupakan bakteri baik yang bisa disebut sahabat usus dan sahabatnya manusia sobat.
Probiotik akan membantu mengembalikan bakteri baik dalam tubuh yang mungkin sudah habis penggunaannya oleh pengobatan tertentu. Probiotik sangat direkomendasikan untuk orang yang memiliki infeksi jamur kronis, diare, sembelit dan infeksi saluran kemih. Probiotik dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta mengendalikan berat badan.

  Banyaknya Probiotik yang Harus Dikonsumsi Dalam Sehari  


Sebenarnya, tak ada dosis yang pasti saat menghitung banyaknya probiotik yang harus dikonsumsi setiap harinya. Jenis probiotik yang sering digunakan, direkomendasikan dengan dosis kurang lebih 1 hingga 15 miliar per hari. Sayangnya, dalam produk yoghurt, jarang mencantumkan CFU. 

Dosis konsumsi probiotik wajib diperhatikan

Tak hanya itu, kebutuhan probiotik setiap orang berbeda, bergantung dari faktor kesehatan, dan penyakit yang dimilikinya, jadi jangan menyamaratakan kebutuhan setiap orang wajib mengkonsumsi probiotik dengan takaran yang sama. 

  Efek Samping Probiotik  


Ketika mengkonsumsi probiotik, mungkin Sobat akan merasakan sedikit kembung, ruam kulit serta sakit kepala. Gejala ini nantinya akan terus berkurang seiring dengan berjalannya waktu. Sobat juga dapat mengkonsumsi probiotik tanpa dibatasi waktu.

Ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi kalsium

Jika Sobat ingin mengkonsumsi suplemen dengan probiotik baik, Sobat dapat melakukan pembelian di https://www.goapotik.com/produk/lacidofil-1-gram-serbuk-box.
Sebenarnya, selain probiotik ibu hamil juga membutuhkan kalsium. Pentingnya kebutuhan kalsium ibu hamil ini harus disadari dengan baik oleh semua ibu. Jika Sobat ingin melakukan pembelian suplemen kalsium, Sobat dapat mencarinya di goapotik.com, sedangkan jika ingin mencari informasi kesehatan yang lengkap, Sobat dapat mengakses guesehat.com. 

  Konklusi  


Kalsium lebih penting dari probiotik kecuali memang dibutuhkan

Jadi gimana sobat sudah mengertikan bahwa ibu hamil tidak terlalu perlu untuk mengkonsumsi probiotik karena efek sampingnya yang mampu membuat tidak nyaman, dan ibu hamil malah disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi yang sangat baik untuk tumbuh kembang bayi di dalam kandungan.(RAA)

Referensi :
- Goapotik.com
- foto dari unsplash.com

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon