Kuat Seharian, Ini Jenis-Jenis Baterai yang Sering Dipakai Pada Laptop dan Cara Merawatnya! - Review Apa Aja

Tuesday, December 31, 2019

Kuat Seharian, Ini Jenis-Jenis Baterai yang Sering Dipakai Pada Laptop dan Cara Merawatnya!

  Apa?  sobat siapa disini yang tidak menggunakan laptop? tentunya tidak ada bukan, semuanya pasti sudah mengetahui bahwa Sebuah laptop tidak akan bisa dioperasikan jika tidak dilengkapi dengan sebuah baterai. Baterai yang terpasang pada laptop berfungsi sebagai sumberdaya yang membuat semua komponen laptop bisa bekerja dengan baik. Untuk menambah wawasan kalian, yuk kita akan membahas tentang jenis-jenis baterai laptop dan cara merawatnya sob.

Baterai laptop, sumber : google.com

Setiap baterai pasti memiliki daya tahan atau umur tertentu. Setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu, kemampuan baterai yang terpasang pada laptop akan mengalami penurunan secara terus menerus. Pada titik tertentu kalian harus mengganti baterai tersebut untuk mendapatkan kemampuan baterai yang kembali seperti semula. Sebelum menggantinya ada baiknya, mengetahui jenis-jenis baterai laptop yang bisa ditemui di pasaran sob, yuk cekidot.

  Jenis-jenis baterai yang sering dipasang pada sebuah laptop  


Secara umum ada 3 jenis baterai laptop yang saat ini beredar di pasaran yaitu baterai Ni-MH, Ni-CD dan baterai jenis Li-ion. Setiap baterai tersebut dibuat dari bahan yang berbeda. Selain itu masing-masing jenis baterai memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Berikut adalah pembahasan detail dari reviewapaaja.com mengenai baterai yang sering dipasang pada sebuah laptop.

1.Baterai Ni-MH

Baterai Ni-MH, sumber : pinterest.com

Baterai Ni-MH adalah baterai ramah lingkungan dan bebas racun. Baterai jenis ini memiliki kemampuan menyimpan daya yang lumayan besar dalam waktu yang lama. Hal ini disebabkan karena baterai Ni-MH memiliki tingkat kerapatan energi yang tinggi. Tapi sayang baterai NI-mh biasanya memiliki ukuran yang lumayan besar.

2.Baterai Ni-CD

Baterai Ni-CD, sumber : pinterest.com

Saat ini baterai Ni-CD sudah jarang dipakai karena memiliki banyak kelemahan yang salah satunya adalah memory effect. Kelemahan ini muncul ketika pengguna melakukan charging baterai saat belum sepenuhnya habis. Memory effect bisa terjadi karena adanya kristalisasi dalam cell baterai yang membuatnya tidak bisa terisi penuh meski sudah di charge dalam jangka waktu yang lama.

3.Baterai Li-Ion

Baterai Li-Ion, sumber : pinterest.com

Baterai Li-Ion adalah jenis baterai yang banyak dipasang di berbagai tipe laptop segala merk. Baterai jenis ini merupakan penyempurnaan dari baterai-baterai yang sudah ada sebelumnya. Daya yang dihasilkan baterai Li-ion sama besarnya dengan daya yang dimiliki oleh Ni-Mh tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Baterai Li-Ion yang sudah tidak dipakai harus dibuang dengan hati-hati karena mudah terbakar.

  Cara merawat baterai yang benar agar awet  


Seiring dengan berjalannya waktu dan lamanya pemakain, kemampuan baterai laptop akan menurun secara gradual. 

Cara merawat baterai laptop, sumber : teknoasia.org

Nah, bagi kamu yang ingin memperpanjang usia baterai laptopnya berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:
  • Baterai baru harus di charge paling tidak 12 jam sebelum dipakai. Hal ini disebabkan karena baterai baru biasanya dalam keadan kosong dan sel-selnya dalam keadaan dingin. Untuk mengisi dan memanaskan sel-sel baterai diperlukan waktu charge yang lumayan lama.
  • Untuk baterai jenis Li-Ion jangan gunakan baterai sampai habis total atau mati. Segera charge baterai kamu ketika masih tersisa 5% sampai 10%. Hal ini akan membantu keawetan baterai kamu. Menunggu baterai benar-benar habis sebelum melakukan charge akan memperpendek usia baterai.
  • Bila sudah saatnya segera ganti baterai kamu. Setiap baterai didesain untuk jangka waktu tertentu. Kebanyakan baterai Li ion masih bisa berfungsi normal sebelum 1000 kali charge. Jika sudah melewati waktu yang sudah ditentukan, cell-cell dalam baterai akan melemah. Nah, saat inilah waktunya kamu mengganti baterai tersebut dengan yang baru.

  Konklusi  


Baterai laptop mempunyai peran yang sangat vital. Tanpa baterai sebuah laptop tidak akan bisa dioperasikan. Semua jenis baterai dibuat untuk jangka waktu tertentu. Namun dengan perawatan baterai yang baik, sobat bisa menambah usia baterai yang ada dan dapat menggunakannya dengan waktu yang lebih lama tanpa harus menggantinya terlebih dahulu.
Baiklah sobat demikian tulisan singkat saya mengenai jenis-jenis baterai laptop dan bagaimana cara merawatnya semoga tulisan saya kali ini bisa menambah wawasan bagi sobat sekalian dan tetap terus baca blog saya reviewapaaja.com untuk mendapatkan info-info menarik seputar otomotif, tekonologi, dan gadget ya sobat sampai jumpa lagi ditulisan saya berikutnya see ya.  (RAA)  

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon