Memahami Basic Life Support pada Kejadian Serangan Jantung - Review Apa Aja

Wednesday, November 20, 2019

Memahami Basic Life Support pada Kejadian Serangan Jantung

  Apa?   Sobat serangan jantung bisa terjadi kapan dan dimana saja tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu, baik itu sedang duduk, tidur, kerja, bahkan sedang mengendarai sepeda motor juga bisa terjadi.

Pertolongan pertama

Saat seseorang mengalami serangan jantung maka orang terdekatlah yang bisa menolongnya untuk pertama kali, maka dari itu sob, kita tidak tau kapan kita akan berada dalam posisi untuk menyelamatkan seseorang yang terkena serangan jantung untuk itu kita wajib mengetahui basic life support (BLS).

  Apa itu basic life support?  


Basic life support (BLS) merupakan bantuan hidup dasar yang memiliki beberapa langkah untuk mempertahankan fungsi vital seseorang, dalam hal ini merupakan kasus terhentinya jantung akibat serangan jantung atau terhentinya napas, langkah-langkah yang dilakukan untuk mempertahankan organ vital tersebut berupa kompresi pada dada atau bantuan pernafasan.

Pelatihan BLS oleh Astra Motor Pontianak

Terkait dengan BLS, Astra Motor Pontianak mengadakan pelatihan BLS yang digelar pada 17 November 2019 yang bertempat di Main Dealer Training Center (MDTC), Kubu Raya.
Pelatihan BLS ini terkait dengan akan diadakannya #Cari_aman Gas Touring Honda Bikers Day Nasional di Lapangan Jenderal Sudriman Ambarawa, Jawa Tengah, dan Astra Motor menyisipkan pelatihan BLS ini sebagai pembekalan menghadapi kegiatan tersebut.

Pelatihan BLS oleh Astra Motor Pontianak


  Mengasah basic life support wajib bagi setiap orang  


Sobat mengasah basic life support merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang, untuk itulah Astra Motor Pontianak melihat bahwa pelatihan ini sangat dibutuhkan bahkan member komunitas sepeda motor Honda.

Pelatihan BLS oleh Astra Motor Pontianak

Karena selama ini kegiatan touring yang dilakukan para anggota komunitas ini berpotensi terjadinya serangan jantung cukup besar yang bahkan mampu membuat terjadinya kecelakan.
Pelatihan BLS yang diadakan oleh Astra Motor Pontianak ini diikuti oleh puluhan peserta dari perwakilan club yang ada di bawah naungan Paguyuban HWBC dengan mengundang Instruktur HIBGABI Kalbar ( Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia). 

Pelatihan BLS oleh Astra Motor Pontianak

Menurut Heru selaku instruktur, "waktu sangat berharga bagi korban gawat darurat, belum tentu yang tidak bernapas itu meninggal, jika orang sekitarnya bisa menolong dengan BLS, korban dapat bernapas lagi.
Sejumlah peserta yang berasal dari perwakilan komunitas Honda ini tampak antusias selama mengikuti kegiatan Basic Life Support. “Ini merupakan kegiatan yang menarik, kita pelajaran baru berkenaan pertolongan pertama yang kita harus lakukan apabila menenukan korban secara mendadak.“ Ungkap Eko selaku member Revo Club.

  Saat yang tepat melakukan BLS untuk penderita serangan jantung  


Saat yang tepat melakukan BLS untuk korban penderita penyakit jantung adalah lima hingga sepuluh menit pertama saat pasien mulai tidak bernapas dan kehilangan deyut nadinya, namun pastikan pertolongan BLS yang dilakukan harus tepat yaitu dengan melakukan nafas buatan dan pijat jantung dibagian dada.

Penjelasan teori BLS

Untuk lebih lengkapnya berikut hal yang bisa kalian lakukan sobat untuk memberikan BLS pada korban :
  • Korban harus duduk beristirahat dan berusaha tetap tenang
  • Longgarkan semua pakaian.
  • Jika sudah pernah diresepkan obat nitrogliserin sebelumnya oleh dokter, segera berikan dengan meletakkannya di bawah lidah
  • Jika penderita tidak memiliki riwayat perdarahan atau pun alergi, pasien dapat diberikan aspirin 325 mg untuk dikunyah. 
  • Hindari memberikan apa pun melalui mulut, kecuali obat yang pernah diresepkan
  • Segera hubungi UGD atau rumah sakit terdekat.
  • Jangin panik

  Konklusi  


Baiklah sobat akhir kata, BLS terkadang bisa menyelamatakan seseorang yang kita sayangi namun wajib ingat lakukan BLS dengan tepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, namun tetap ingat BLS hanyalah bantuan biasa namun jika Tuhan telah berkehendak maka tetap tegar karena kita telah berusaha sob.   (RAA)  

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon