Ubah Gaya Pemasaran Zaman Batu dengan Pemasaran Digital Bersama DomaiNesia - Review Apa Aja

Friday, November 22, 2019

Ubah Gaya Pemasaran Zaman Batu dengan Pemasaran Digital Bersama DomaiNesia

  Apa?   Sobat selain sebagai seorang blogger saya juga selama ini berprofesi sebagai seorang marketing officer (alias tenaga pemasaran) pada sebuah media cetak lokal yang ada di Kalimantan Barat, tepatnya di Kota Pontianak (nama media cetaknya gak perlu saya sebutkan kali ya hehe), hampir selama 10 tahun ini saya menekunin profesi menjadi seorang tenaga pemasaran, senang dan susahnya sudah saya rasakan.





Menjadi seorang tenaga pemasaran di media cetak lokal saya dituntut untuk menjual serta menawarkan produk yang dalam hal ini adalah iklan yang akan ditayangkan serta diterbitkan di media cetak tempat saya bekerja dengan memiliki berbagai macam ukuran, sehingga wajarlah saya menyebut tenaga pemasaran merupakan garda terdepan dari sebuah perusahan.

Sebagai garda depan perusahaan tentunya tenaga pemasaran wajib memahami bahwa menjadi seorang tenaga pemasaran tidak hanya sekedar menjual-menjual dan menjual saja, namun juga harus mengetahui bahwa marketing juga ada triknya, nah untuk lebih jelas tentunya saya akan mulai menjelaskan terlebih dahulu mengenai marketing itu sendiri sob.



Marketing atau pemasaran adalah aktivitas yang terdiri dari proses menciptakan dan menyampaikan tawaran yang bernilai kepada pelanggan untuk menghasilkan penjualan, untuk lebih simplenya proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan konsep awal dari marketing, sehingga seorang tenaga pemasaran wajib memberikan kebutuhan serta keinginan konsumen jika mau menhasilkan penjualan bagi perusahaan tempatnya bernaung.




Untuk memasarkan tenaga pemasaran wajib memiliki strategi, nah dalam kasus saya sebagai seorang tenaga pemasaran pada awal-awal saya bekerja, strategi saya dalam memasarkan produk saya adalah dengan melakukan jemput bola.

Singkatnya seperti ini proses yang saya lakukan untuk :


  • Saya akan mendatangi calon konsumen yang potensial,




  • Kemudian saya menjelaskan berbagai macam jenis produk yang dalam hal ini adalah iklan kepada sang calon konsumen,




  • Dan yang terakhir adalah saya akan memberikan sang calon konsumen kartu nama dan kontak yang bisa dihubungi.


Ya proses yang saya lakukan ini merupakan strategi pemasaran zaman batu yang entah masih dilakukan atau tidak pada era digital seperti sekarang ini? Karena strategi yang saya lakukan ini merupakan straetgi yang diturunkan ilmunya kepada saya dari para senior di dunia pemasaran, otomatis bisa membuat saya dikenal oleh para calon konsumen sobat, namun pada era digital saat ini tentunya jemput bola para calon konsumen tidak perlu lagi dengan cara lama seperti yang saya lakukan namun dengan cara yang lebih digital sobat, untuk tahu cara digital yang saya maksud tentunya sobat wajib paham lebih detail mengenai digital marketing.



Digital marketing atau pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan barang atau jasa yang lebih terfokus kepada merk yang menaungi produk atau jasa tersebut, dengan menggunakan berbagai macam sarana digital, pemasaran digital tentunya dapat menjangkau calon konsumen dengan lebih tepat sasarab, relevan, dan lebih personal, serta mampu menghemat waktu.



Pemasaran digital terbagi dua sob, yaitu :


  1. Pemasaran digital yang menggunakan internet  



Pemasaran digital yang menggunakan internet terdiri dari pemasaran dengan menggunakan sarana yang terkait dengan internet, sebut saja promosi melalui email, iklan dimedia sosial, dan membuat sebuah website sebagai sarana promosi.

  2. Pemasaran digital yang tidak menggunakan internet  



Ada juga pemasaran digital yang tidak menggunakan internet, pemasaran tipe ini menggunakan media seperti pesan singkat (SMS), iklan spanduk, dan iklan pada videtron.
Dengan memahami apa itu digital marketing muncul pertanyaan lain yang juga kadang saya pertanyakan pada diri saya sendiri bagaimana digital marketing mempengaruhi penjualan?




Untuk digital marketing sendiri saya melakukannya pada blog saya ini yang mana saya banyak melakukan promosi tulisan melalui media sosial, email, dan blog saya itu sendiri merupakan saran promosi yang tentunya membuat orang menjadi kenal dan tahu dengan merk yang saya usung yaitu reviewapaaja.com.
Nah dengan adanya website, media sosial yang lengkap, serta email otomatis akan meningkatkan setidaknya kesadaran akan merk, dengan makin meningkatknya kesadaran akan merk otomotasi akan juga berpengaruh kepada hasil penjualan seorang tenaga pemasaran.


Pengaruh pemasaran digital sangat besar terhadap penjualan

Sehingga beranilah saya menyebut bahwa di era serba digital seperti sekarang ini, sangatlah tepat seorang tenaga pemasaran menggunakan strategi pemasaran digital juga, karena masa-masa pemasaran “jemput bola” zaman old sudah lewat sekarang eranya pemasaran secara digital.
Langkah awal untuk melakukan digital marketing menggunakan internet yang paling simple adalah dengan membuat sebuah website yang mumpuni sehingga calon konsumen mengetahui barang atau produk apa yang kita tawarkan melalui website yang kita miliki sobat.




Untuk memasuki dunia pemasaran digital dengan menggunakan internet hal prinsip yang harus kalian lakukan adalah membuat sebuah website yang tentunya ada kaitannya dengan produk atau jasa yang kalian pasarkan sob, bagi kalian yang bingung apa yang harus dilakukan saat akan membuat sebuah website saya punya kisi-kisi yang bisa kalian manfaatkan untuk membangun website pemasaran yang kalian butuhkan sobat, kuy cekidot :

  Tentukan nama domain  


Menentukan nama domain yang sesuai dengan produk serta jasa yang sedang kita pasarkan merupakan hal yang sangat penting, hal ini memudahkan kita untuk mendapatkan calon konsumen tanpa perlu repot lagi sobat, karena kata kunci yang ada di nama domainlah yang akan menuntun calon konsumen menuju website kita. 

  Membeli hosting yang mumpuni  


Membuat website artinya sobat harus dan kudu wajib membeli hosting, yang kalau diibaratkan hosting merupakan sebuah lahan, domain merupakan alamatnya, sedangkan website merupakan rumahnya, sehingga untuk sebuah website yang baik wajib menggunakan hosting yang mumpuni karena akan membuat website yang kita miliki menjadi stabil dan kencang. 

  Desain tampilan website harus profesional  


Yang terakhir adalah sobat harus membuat desain tampilan website yang akan sobat gunakan untuk melakukan pemasaran dengan desain yang profesional, karena di dunia pemasaran digital, tampilan merupakan hal yang utama.




Bagi yang sudah memahami seluk beluk dalam membuat sebuah website tentunya tanpa dijelaskan pun sudah bisa membuat sebuah website yang sesuai dengan kebutuhannya, namun bagaimana dengan seorang tenaga pemasaran yang awam mengenai pembuatan website? Jangan khawatir sobat, karena ada DomaiNesia yang bisa membantu sobat untuk membuat sebuah website.
Ya DomaiNesia memang menyediakan layanan pembelian domain, hosting website, SSL (secure socket layer), dan juga virtual server, karena DomaiNesia memang berfokus untuk memberikan kemudahan bagi siapapun untuk membuat website dengan cepat, ada 3 langkah mudah 

1. Beli domain di DomaiNesia mudah

Tinggal pilih nama domain yang cocok untuk kalian ya sob

Membeli domain di DomaiNesia sangat mudah sobat tinggal ketikan nama domain yang kalian inginkan dan voila berbagai macam pilihan domain dan ekstensi domain bisa sobat pilih sesuai selera, dan harga yang ditawarkan oleh DomaiNesia juga lebih hemat dan murah sob.

2. Beli Hosting di DomaiNesia lengkap

Setelah sobat memiliki domain hal berikutnya yang bisa sobat lakukan adalah dengan membeli paket hosting yang sobat butuhkan, pilih kapasitas yang sobat butuhkan untuk menunjang kebutuhan pemasaran produk dan jasa yang sobat miliki, paket hosting yang ditawarkan oleh DomaiNesi sangat beragam beberapa yaang sobat pilih bisa sobat lihat pada gambar berikut ini :


Beberapa paket hosting yang tersedia di DomaiNesia

Setiap pembelian hosting di DomaiNesia kalian berkesempatan mendapatkan Domain Gratis loh sobat, namun hanya untuk paket hosting tertentu ya sobat jadi segera beli hosting untuk website kalian hanya di DomaiNesia yang menawarkan Web hosting murah.
Hosting dan domain sudah lalu apa? Ya sobat tinggal mengisi atau menginstal platform yang sobat inginkan sesuai selera, nah di DomaiNesia ini ada sebuah fitur yang tak dimiliki oleh peyedia layanan hosting dan domain lainnya yaitu fitur Instan Deploy, apa keunggulan dari fitur dari instan deploy akan saya jelaskan lebih detail.



Saya yang seorang blogger pun terkadang kesulitan saat disuruh untuk membuat website sendiri sobat makan waktu berjam-jam sebelum saya bisa menghasilkan website yang sesuai keinginan saya, namun bagi kalian para tenaga pemasaran yang tidak punya waktu untuk memikirkan membuat website.


Fitur keren dari DomaiNesia yang mampu membantu kita menginstal website

Tenang saja sobat karena DomaiNesia menghadirkan fitur Instan Deploy yang mampu menolong sobat untuk melakukan pemasangan website, pilihan instan deploy dari DomaiNesia juga banyak pilihannya sebut saja :
  • Blog
  • Toko Online
  • Developer
  • Forum, dan
  • Lain sebagainya sesuai kebutuhan

Fitur instan deploy ini bisa langsung digunakan dengan syarat hosting yang kalian beli di DomaiNesia juga sudah aktif sobat, memiliki website jadi lebih mudah dan gampang kan sobat? Jadi sobat bisa langsung melakukan pemasaran dengan website yang baru sobat buat dengan segera kan.
Masih bingung dengan penjelasan saya mengenai cara membuat website menggunakan layanan dari DomaiNesia? Sobat bisa tanya-tanya langsung melalui sosial media dan website resmi dari DomaiNesia di :

Twitter : DomaiNesia
Facebook : DomaiNesia
Instagram : DomaiNesia



Untuk memaksimalkan website yang kalian miliki, DomaiNesia juga menyediakan layanan email tak terbatas dengan nama domain yang kalian beli sobat, jadi kalian bisa memanfaatkan layanan email ini dengan mengirimkan email promosi kepada calon konsumen dengan cepat dan mudah serta dijamin aman. 
Oh ya karena mengirimkan email promosi merupakan salah satu cara pemasaran secara digital, dan kalian yang ingin memaksimalkan pemasaran secara digital jangan lupa juga untuk memaksimalkan segala macam media sosial yang ada saat ini yaitu Twitter, Instagram, dan Facebook sobat sehingga meningkatkan akan awarness produk dan jasa, serta merk yang kalian coba pasarkan sobat.



“ Pemasaran digital tanpa memanfaatkan sosial media ibarat sayur tanpa penyedap, hambar “

Saat mengelola blog saya sendiri, saya selalu menerapkan prinsip pemasaran digital seperti quote di atas ini sobat, sosmed yang saya tautkan di blog saya selalu saya usahakan untuk aktif supaya selalu meningkatkan awarness terhadap merk dan brand blog saya itu sendiri.
Nah jika saya saja menggunakan pemasaran digital untuk sebuah blog, masak kalian yang tenaga pemasaran yang memasarkan sebuah produk dan jasa menolak untuk menggunakan pemasaran secara digital? Ayo move on dari pemasaran zaman old dengan pemasaran digital sob.
Untuk lebih jelasnya sobat bisa melihat video berikut ini mengenai tren marketing digital melalui media sosial :







Akhir kata dari saya yang patut kalian cermati sobat, dunia pemasaran itu selalu berkembang mengikuti zaman dan masa, kita tidak bisa selalu bertahan dengan cara pemasaran yang itu-itu saja, karenanya kita harus mengikuti perkembangan serta strategi pemasaran yang mana pada zaman now adalah pemasaran secara digital.
Nah DomaiNesiasangat membantu kita untuk membuat website yang merupakan salah satu cara untuk melakukan pemasaran secara digital sobat, terlebih lagi penawaran serta harga yang diberikan oleh DomaiNesia sangat terjangkau namun dengan fitur yang tentunya sangat powerful serta memudahkan kita yang awam sekalipun untuk urusan membuat sebuah website.
Las but not least pesan saya yang sudah berkecimpung lama dalam dunia marketing/pemasaran bagi kalian yang kebetulan membaca tulisan saya ini adalah “terus belajar, dunia marketing selalu berubah, kita sebagai tenaga pemasaran wajib mengikuti zaman, dan pemasaran tidak hanya sekedar menjual namun banyak strategi di dalamnya yang akan membantu kalian untuk menghasilkan penjualan lebih baik lagi.”
Sekian tulisan saya kali ini sobat, semoga bermanfaat dan bisa membuat sobat para tenaga pemasaran semakin bersemangat menghadapi dunia pemasaran digital zaman now.(RAA)

  Referensi :  

- Pengalaman pribadi sebagai tenaga pemasaran dan admin reviewapaaja.com
- id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
- id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_digital
- domainesia.com

37 comments

  1. Perkembangan era digital apalagi punya bisnis di gerenasi milenial, cara pemasaran dan bisnis juga harus mengikuti perkembangan jaman agar bisnis terus bergerak. Saya belum punya bisnis, tapi berencana membangun bisnis sendiri, thanks informasinya bang Arif nanti saya terapkan tips-tips tersebut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga informasinya bermanfaat ya, dan semoga cepat terealisasi bisnisnya hehe

      Delete
  2. agik cari vps buat nangkringkan blog, mungkin ade yang revirw khusus vps domainesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin next time saya buat tulisannya ya bang hehe

      Delete
  3. sekarang serba digital, semua jd lebih mudah. Mau jualan jg enak, mau terkenal juga enak. Asalkn bijak memanfaatkanny👍👍👍.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya namanya juga era digital, tinggal kita saja bagaimana sebaiknya dalam memanfaatkannya

      Delete
  4. Ternyata domainesia bisa jadi solusi untuk mendapatkan kebutuhan teman" ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya DomainNesia bisa jadi solusi yang pas bagi kita hehe

      Delete
    2. Boleh dicoba nih. Thanks infonya bang

      Delete
  5. Memang mantab program terbaru domainesia, apalagi jurus untuk memikat konsumen atau pelanggan dengan cara jemput bola widihh keren banget bang mengubah mindset dari zaman batu menuju era zaman digital

    ReplyDelete
  6. Kalau bisa keren kenapa tampil biasa saja. Domainesia membuat tampilan blog jadi kece badai. Yang mau mampir jadi betah berlama lama. Jadi kepengen coba layanannya cui!

    ReplyDelete
  7. Ah lengkap banget, aku saved ini postingan ah buat materi digital marketing. Aku juga sedang memertimbangkan beli domain di domainesia, oke nggak di sana?

    ReplyDelete
  8. Kalo diliat dari harga domainesia ini sangat terjangkau ya ka, pas bgt dikantong masyarakat ditambah dengan banyak fitur yang disediakan.

    Apalagi zamanya era digital harus punya banyak trik dari segi marketing ya

    ReplyDelete
  9. Dunia pemasaran trs berubah.. sebagaimana SEO blog selalu berubah caranya. etapi pemasaran dan branding yang tepat, beneran ngefek sih ke laku dan tidaknya suatu produk.

    ReplyDelete
  10. di era digital seperti saat ini, sudah selayaknya kita juga menggunakannya sebagai sarana untuk memasarkan apapun. karena lewat media digital atau internet maka informasi yang kita sampaikan akan lebih luas jangkauannya...

    ReplyDelete
  11. Wah bekerja di dunia pemasaran pastinya penuh tantangan dan target ya mas. Ngomong-ngomong Domainesia, saya juga beli domain untuk salah satu blog saya di sana. Pelayanan cepat dan mudah, jadi males pindah ke penyedia domain yang lain ^^

    ReplyDelete
  12. Dan satu lagi mas, kalo bisa nama domain harus sesuai dengan produk yang mau kita jual ya Kan..
    aku mau cek ah domainesia

    ReplyDelete
  13. Sudah waktunya pemasaran yang konvensional berubah ke arah digital. Pelaku usaha paling tidak harus mempunyai website yang memudahkan orang lain mencari informasi tentang usahanya. Jangan sampai kita tertinggal dengan orang lain yang lebih dulu berlari dan menggunakan cara-cara baru dalam pemasaran.

    Apalagi sekarnag hosting dan domain makin murah dan terjangkau, jadi tidak ada alasan untuk tidak memilikinya. Ya kan?

    ReplyDelete
  14. Zaman sekarang anak SD aja udah melek digital, emak bapaknya harus lebih expert dong. Hehehe. Masih banyak orang, khususnya pemilik usaha masih menganggap tidak penting website. Mereka tetap saja pemasaran dengan cara konvensional, padahal profitnya bisa berkali lipat jika mau mendigitalisasi usahanya. Terima kasih sudah berbagi mas.

    ReplyDelete
  15. wah, beberapakali berlangganan di domainesia sih. fast respon juga untuk admin nya. rekomended deh

    ReplyDelete
  16. Ruginya saya yang sedang off berjualan online sebab berada di fase bosan.
    Sementara kemudahan teknologi semakin menggiurkan.

    Ayo Dewi, semangat again.

    ReplyDelete
  17. Saya belum paham soal SEO, soal domain dan hosting juga. Baca artikel ini jadi nambah referensi domain dan hosting. Soalnya pengen banget pakai domain yang kece untuk blog saya yang kayaknya perlu untuk diupgrade.

    ReplyDelete
  18. Di era teknologi 4.0, kita emang wajib bgt manfaaatin teknologi digital utk kegiatan marketing. Makanya skrg berjamuran bgt bisnis online ya mas. Dan org2 yg visioner, pasti akan mikir panjang sampai mikirin web domain dan brandingnya.

    ReplyDelete
  19. wuih harga domain di domainesia terjangkau deh. Hosting perbulannya juga. Seneng juga ada fasilitas domain deploy, jadi mempermudah untuk yang ingin melakukan pemasangan website.

    ReplyDelete
  20. Wahh memang sekarang udah serba digital , pemasaran malah bisa lebih ke seluruh penjuru dunia ya dengan digital apalagi beli domainnya di domanesia ya kak..makasih share dan reviewnya kak

    ReplyDelete
  21. Memang benar, sekarang ini digital marketing menjadi salah satu kunci kesuksesan sebuah usaha.

    ReplyDelete
  22. Harga bersaing yang ditawarkan DomaiNesia cukup menggiurkan untuk pindah haluan dari sebelah hahahah

    ReplyDelete
  23. Wah sama nih, saya jg berkecimpung di dunia pemasaran. Memang penting banget sih utk memasarkan brand kita di website, salah satunya website itu jg harus berkualitas.
    Untuk domain .com di domainesia murah juga ya. Boleh jd referensi nih

    ReplyDelete
  24. Ah, keren ini Domainesia, bisa meningkatkan kualitas pemasarang jd lbh baik. Zaman berubah maka sudah selayaknya ikut berlari bersama zaman, kl gak ya tergilas, ketinggalan kereta eh zaman hehe. TFS ya Mas

    ReplyDelete
  25. pemasaran emang jadi peran terbesar klo bisnis mau makin maju sih,, jadi caranya juga harus dipikirkan scara matang, apalagi di era kayak skrg kan,, yang semuanya serba digital, terlebiih harus mempunyai website bisnis biar nggak ketinggalan sama kompetitor

    ReplyDelete
  26. Pemasaran itu tidak mudah tetapi harus dilakukan demi kelangsungan hidup perusahaan juga. Cara zaman batu memang tidak bisa diberlakukan lagi akrena kita hidup di era yang bergerak cepat berkat adanya internet. Tantangannya banyak juga bagi tenaga pemasaran karena butuh penyedia sarana yang memadai untuk memudahkan langkah.
    Saya baru tahu layanan Domainesia keren dan lengkap. Teman saya barusan beli hosting ke Domainesia. Harganya murah juga untuk hosting setahun.
    Tetap semangat sebnagai tenaga pemasaran.

    ReplyDelete
  27. Ternyata dunia marketing tidak segampang hanya menjual produk saja ya, sedikit menambah wawasan nih.

    Info layanan domainnya juga lengkap serasa tertarik untuk mencoba.

    ReplyDelete
  28. Saat ini memiliki kemampuan digital marketing seperti menjadi sebuah keharusan ya. Dengan memiliki web yang dikelola dengan baik dan profesional adalah salah satunya.

    ReplyDelete
  29. Salam kenal, kak. Saya review blogger juga, rasanya seneng banget bisa kasih informasi yang dibutuhkan pembaca. Nah, membaca artikel ini saya (mewakili pembaca yang lain) mendapat informasi yang saya butuhkan seputar pemasaran digital melalui website. Semoga makin sukses ya kak

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon