Tidak Takut Kehilangan Data Penting Berkat USB OTG SanDisk - Review Apa Aja

Thursday, September 19, 2019

Tidak Takut Kehilangan Data Penting Berkat USB OTG SanDisk



  Apa?   Halo sobat, apa kabarnya hari ini? Semoga baik dan sehat selalu ya, jadi begini sobat di era digital seperti sekarang ini apa hal yang paling penting serta sangat berharga dibandingkan dengan uang sob? 


Foto kenangan bersama keluarga sangat penting

Kalau bagi saya adalah kenangan bersama keluarga, maka dari itu di era digital seperti sekarang ini banyak cara bagi kita untuk mengabadikan kenangan bersama keluarga, bisa dengan merekam video atau mengambil gambar dan semuanya bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan menggunakan smartphone yang sobat miliki.


Smartphone error data pun ilang


Namun pernahkan sobat saat sedang asik melihat foto atau video kenangan bersama keluarga namun tiba-tiba smartphone sobat error dan semua data yang ada di smartphone sobat semuanya langsung hilang dan lenyap, foto dan video kenangan bersama keluarga pun turut lenyap tak berbekas.

"Kehilangan data terutama foto dan video kenangan bersama keluarga sangat menyedihkan"

Kehilangan data di zaman now atau era millennial menjadi momok yang sangat mengerikan khususnya bagi pengguna smartphone atau ponsel pintar, hal ini (kehilangan data) tentunya disebabkan oleh berbagai macam sebab, apa aja itu? yuk cekidot :
  • Perangkat smartphone yang rusak,
  • Memori yang penuh berujung pada data yang mesti dihapus,
  • Terkena virus,
  • File foto dan video yang rusak, dan yang terakhir adalah
  • Perangkat smartphone hilang atau dicuri



Kalau sobat menanyakan kepada saya solusinya apa saat kita kehilangan data? maka saya akan menjawab adalah backup data, sebenarnya ini lebih kepada pencegahan sih sob, karena backup data merupakan proses penggandaan file yang berfungsi apabila kita kehilangan data berupa foto,video,data pekerjaan maupun data pentingnya, maka kita masih menyimpan file cadangan yang serupa ditempat lain.
Berbagai cara bisa kita untuk membackup data yang ada di smartphone kita sobat, seperti membackup data ke layanan penyimpanan awan (cloud), atau dengan menyimpan data ke tempat lain seperti laptop atau USB On-The-Go (OTG).


Membackup data penting di smartphone menggunakan USB OTG

Kalau saya lebih senang melakukan backup data di laptop maupun flashdisk ketimbang menyimpannya dilayanan penyimpanan awan sob, karena jika kita melakukan backup data di laptop ataupun USB OTG akan lebih memudahkan kita 
untuk mengambil kembali data yang sudah dibackup, sedangkan jika kita melakukan backup data dilayanan penyimpanan awan untuk mengambil datanya kembali akan memakan waktu dan memerlukan kuota internet.


Meskipun tidak teratur, namun saya sangat sering sekali membackup data dari smartphone yang saya miliki sobat, pasalnya banyak sekali foto dan video kenangan saya bersama keluarga yang tersimpan disana, dan saya jelas tidak ingin kehilangan data-data tersebut. Karena di masa lalu saya pernah mengalami yang namanya kehilangan data penting berupa foto dan video kebersamaan saya bersama keluarga dan rasanya nyesek banget sob, sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.


Saya memilih USB OTG SanDisk untuk membantu saya membackup data

Untuk mencegah hal tersebut berulang kembali maka saya selalu menggunakan USB OTG buatan SanDisk untuk membackup data-data yang saya miliki di smartphone loh sob.
Kenapa harus USB OTG SanDisk? kenapa tidak merk lain? ya itu karena ada alasan yang membuat saya mantap untuk menggunakan USB OTG besutan SanDisk ini sobat, apa aja itu yuk cekidot :

1. Awet dan tahan lama                                                                                                  

Melakukan backup data artinya kita harus bisa menyimpan data cadangan tersebut dalam jangka waktu yang panjang, karena kita tidak akan pernah tahu kapan akan kehilangan data tersebut? bisa dalam jangka waktu 1 hari, 1 bulan, atau bisa saja malah 10 tahun kemudian baru kita kehilangan data-data penting tersebut.
Nah untuk itulah tempat/alat kita menyimpan data cadangan tersebut harus awet dan mampu bertahan lama, dan tahukah sobat bahwa USB OTG SanDisk yang saya miliki ini sudah menyimpan data dari tahun 2015 yang lalu, artinya USB OTG SanDisk yang saya miliki ini sudah berumur 4 tahun dan saya pun hingga saat ini tidak menemukan kendala atau tanda-tanda kerusakan dari USB OTG SanDisk tersebut, artinya USB OTG SanDisk ini fix awet dan tahan lama.

2. Penggunaanya mudah                                                                                                 

Membackup data menggunakan USB OTG dari SanDisk ini sangat mudah sekali sobat, hanya dengan plug and play (tinggal colok) sobat sudah bisa langsung melakukan backup data-data penting yang ada di smartphone sobat, lebih jelasnya sobat bisa memperhatikan gambar berikut ini.


Namun ada 1 syarat yang mesti sobat perhatikan jika ingin melakukan backup data menggunakan USB OTG dari SanDisk yaitu pastikan smartphone yang sobat miliki mendukung fitur OTG, karena jika smartphone yang sobat miliki tidak memiliki fitur ini maka USB OTG yang akan sobat gunakan untuk melakukan backup data tidak akan terdeteksi oleh smartphone dan sobat pun tidak bisa melakukan backup data.

3. No internet, no worries                                                                                              


Jangan takut tidak ada internet saat melakukan backup data menggunakan USB OTG dari SanDisk, karena backup data dengan USB OTG dari SanDisk ini semuanya dilakukan secara offline sehingga sobat bisa kapan saja melakukan backup data dari smartphone yang sobat miliki.

4. Kompatible dengan perangkat lain                                                                             


Oh ya sobat USB OTG dari SanDisk ini juga bisa digunakan sebagai flashdisk loh sob, kok bisa? ya bisa dong sobat hal ini dikarenakan USB OTG ini memiliki dual konektor yang terdiri dari Micro-USB dan USB biasa yang artinya sobat bisa menyambungkan USB OTG ini ke laptop/PC dengan mudah dan tanpa masalah.

5. Kapasitasnya besar                                                                                                     

Alasan terakhir saya memilih USB OTG dari SanDisk adalah kapasitas penyimpanannya yang lega sobat, USB OTG yang saya miliki ini dari 4 tahun yang lalu saja sudah memiliki kapasitas sebesar 32 GB yang pada masa itu sangat lega dan mampu menyimpan banyak data baik itu foto, video, maupun data-data lainnya.

Nah jadi sob, apakah sobat tertarik untuk melakukan backup data yang ada di smartphone sobat menggunakan USB OTG besutan SanDisk? Jika iya maka sobat wajib untuk meneruskan membaca tulisan saya ini sampai habis ya.



Jika sobat membaca sampai disini itu artinya sobat sangat tertarik untuk melakukan backup data yang ada di smartphone yang sobat miliki menggunakan USB OTG besutan SanDisk, saya sebenarnya sangat merekomendasikan sobat untuk menggunakan USB OTG yang saya gunakan saat ini, namun berhubung USB OTG yang saya miliki ini merupakan produk lama alias jadul namun #DibuangSayang maka tentu saja sobat akan sangat kesulitan untuk menemukan produk yang sama dengan yang saya miliki ini, namun jangan khawatir sob sebab Western Digital Corp selaku pemegang brand SanDisk #SanDiskAPAC kini menghadirkan 2 USB OTG generasi terbaru yang tentunya jauh lebih baik dan lebih canggih dibandingkan dengan yang saya miliki sob.

"SanDisk Dual Drive dan iXpand® Mini Flash Drives sebagai solusi untuk backup data zaman now"


iXpand® Mini Flash Drives

Yak tepat sekali sob, 2 USB OTG generasi terbaru dari SanDisk bernama SanDisk Dual Drive (memiliki 2 varian) dan iXpand® Mini Flash Drives, dan keduanya memiliki fungsi yang sama dengan yang saya miliki namun dengan teknologi yang lebih baik.


Varian SanDisk Dual Drive

Apa aja yang bisa dilakukan oleh keduanya selain sekedar membackup data? yuk simak pada tulisan saya berikut ini :



Varian SanDisk Dual Drive
  • SanDisk Dual Drive dan iXpand® Mini Flash Drives mampu membuat ruang penyimpanan smartphone menjadi lebih lega, karena dengan melakukan backup data dari smartphone maka otomatis akan membuat ruang penyimpanan smartphone sobat menjadi lebih lega, namun dengan syarat file atau data asli yang sudah digandakan harus dihapus terlebih dahulu sob,
  • SanDisk Dual Drive dan iXpand® Mini Flash Drives bisa digunakan untuk memindahkan data dari smartphone lama ke smartphone baru kalian loh sob, caranya pun sama dengan cara membackup data seperti yang telah saya jelaskan di atas,
  • SanDisk Dual Drive dan iXpand® Mini Flash Drives juga bisa digunakan untuk membackup konten media sosial yang kalian miliki sob, caranya adalah dengan menggunakan aplikasi yang bernama SanDisk Memory Zone (khusus untuk smartphone Android) dan iXpand Drive App (khusus untuk smartphone iOS), selain membackup konten yang ada di media sosial, kedua aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk melakukan backup secara otomatis file atau data yang penting setiap kedua USB OTG SanDisk tersebut dihubungkan dengan smartphone.



1. SanDisk Dual Drive                                                                                                     

Sandsik Dual Drive ini terbagi menjadi dua jenis sob, yaitu "SanDisk Ultra Dual Drive USB Type C" dan "SanDisk Ultra Dual Drive m3.0", kedua tipe USB OTG ini dikhususkan untuk smartphone-smartphone berbasis Android sob, perbedaan keduanya hanya pada konektor serta ukurannya saja, dan untuk spesifikasi lengkapnya dapat sobat lihat pada gambar berikut ini :





Untuk lebih jelasnya mengenai SanDisk Dual Drive, sobat bisa memperhatikan video berikut ini :

SanDisk Ultra Dual Drive USB Type C

SanDisk Ultra Dual Drive m3.0

2. SanDisk iXpand® Mini Flash Drives                                                                             

Untuk SanDisk iXpand® Mini Flash Drives hanya memiliki satu tipe saja dan hanya bisa digunakan oleh smartphone berbasis iOS sob, berikut spesifikasi lengkap dari SanDisk iXpand® Mini Flash Drives :




Untuk mengenal lebih dekat dengan iXpand® Mini Flash Drives, sobat bisa melihat video berikut ini :


SanDisk iXpand® Mini Flash Drives



Setelah membaca penjelasan lengkap saya mengenai USB OTG SanDisk dan pentingnya membackup data secara berkala, tentunya sobat bertanya-tanya bagaimana cara untuk membeli USB OTG SanDisk ini, ah sobat jangan khawatir karena untuk mendapatkan USB OTG SanDisk generasi terbaru ini, sobat bisa dengan mengunjungi Official Store SanDisk yang berada di Shopee.
Baiklah sobat sekian tulisan saya mengenai “Tidak Takut Kehilangan Data Penting Berkat USB OTG SanDisk” semoga bisa memberikan wawasan serta informasi bagi sobat yang bingung dalam melakukan backup data penting yang ada di smartphone sobat, jangan lupa lampirkan komentar sobat pada kolom komentar di bawah ini, sampai jumpa ditulisan saya berikutnya sob, see ya.  (RAA)  


Tulisan ini diikutkan pada lomba SanDisk Blogging Competition “Pentingnya Melakukan BackUp Data SmartPhone”


Referensi :  
- https://www.sandisk.id/home/mobile-device-storage/ixpand-mini

- https://www.sandisk.id/home/mobile-device-storage/ultra-dual-drive-usb-type-c
- https://www.sandisk.id/home/mobile-device-storage/ultra-dual-drive-usb-m-3
- Press Rilis : Indonesia Consumer Mobile Habit and Data Management Survey oleh Western Digital
- Pengalaman pribadi
Comments

2 comments

saya juga pake nih sandisk otg, untuk back up data2 yang kepenuhan di hp

wah sama dong mbak, semoga tetap sering backup data ya, biar datanya aman selalu hehe

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon