Generasi Melek Safety Riding di SMP Negeri 9 Pontianak - Review Apa Aja

Friday, September 6, 2019

Generasi Melek Safety Riding di SMP Negeri 9 Pontianak

  Apa?   Hellow sobat yang ada diseluruh penjuru negeri ini, sudah paham dan ngerti gak sobat mengenai safety riding? karena selama ini banyak pengendara khususnya pengendara sepeda motor yang tidak menyadari pentingnya safety riding. 
Kurangnya pengertian mengenai safety riding akan menimbulkan banyaknya pelanggaran-pelanggaran seperti :
  1. Tidak mengenakan helm
  2. Melawan arah
  3. Mengendarai sepeda motor di atas trotoar
  4. Melanggar lampu merah dan rambu lalu lintas
Generasi Melek Safety Riding di SMP Negeri 9 Pontianak
Mengenakan helm merupakan wujud pemahaman terhadap safety riding

Semua pelanggaran yang dilakukan ini tentunya bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain, untuk itulah kita sebagai pengendara wajib mengetahui mengenai safety riding terlebih dahulu sebelum berkendara menggunakan sepeda motor di jalan raya.

  Kenalkan edukasi safety riding sedini mungkin  


Untuk itulah PT. Astra International, Tbk – Honda selaku main dealer Honda di wilayah Kalimantan Barat (Kalbar) berjuang keras untuk menyebarkan edukasi safety riding sejak dini ke masyarakat untuk menghasilkan masyarakat yang sadar akan keselamatan berkendara sobat.

Generasi Melek Safety Riding di SMP Negeri 9 Pontianak
Tim safety riding Astra Motor Honda mengunjungi SMP negeri 9

Target Astra Motor untuk meningkatkan kesadaran safety riding dimulai dengan mengunjungi sekolah-sekolah terutama sekolah menengah pertama (SMP) yang berada di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.
Dalam pengenalan edukasi safety riding Astra Motor selalu bekerjasama dengan Satlantas Polresta Pontianak Kota, dan beberapa waktu lalu Astra Motor mengunjungi SMP Negeri 9 yang berlokasi di Jl Pangeran Natakusuma, Kec. Pontianak Kota untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya safety riding terhadap siswa disana.

  Safety Riding bikin aman dan nyaman  


Tim safety riding Astra Motor bersama Satlantas Polresta Pontianak Kota bersemangat memberikan edukasi safety riding keselamatan berlalu lintas terutama mengenai cara berkendara yang baik dan nyaman di jalan pada siswa SMP negeri 9 hal ini disebabkan semangat para siswa yang ingin mengetahui lebih detail mengenai edukasi safety riding tersebut.

Generasi Melek Safety Riding di SMP Negeri 9 Pontianak
Para siswa antusias mendengarkan pemaparan mengenai safety riding

Edukasi safety riding yang dijelaskan oleh tim safety riding Astra Motor seputar peraturan lalu lintas termasuk pengenalan rambu lalu lintas dan perlengkapan berkendara yang baik dan benar. 

Generasi Melek Safety Riding di SMP Negeri 9 Pontianak
Perlengkapan yang wajib dikenakan sebelum berkendara

Tidak ketinggalan, Honda juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana menjadi penumpang kendaraan bermotor yang baik, mengingat banyaknya yang tidak menggunakan riding gear maupun helm SNI saat berboncengan sob.

  3 penyebab kecelakaan di jalan raya  


Ada 3 penyebab kecelakaan yang terjadi di jalan raya loh sob, hal ini seperti yang diungkapkan oleh Dony Adrian, Instruktur Safety Riding Astra Motor, apa saja 3 penyebab itu? yuk kita bahas satu persatu :

  • Manusia
Manusia merupakan penyebab nomor satu terjadinya kecelakaan hal ini tentunya disebabkan oleh banyak faktor seperti kelelahan, emosi, serta fokus yang kurang dalam memperhatikan kondisi jalan dan sekitar saat berkendara, selain itu kurangnya edukasi serta pemahaman mengenai safety riding dari si pengendara juga berpengaruh terhadap terjadinya kecelakaan.

  • Kendaraan
Penyebab yang kedua yang sering menyebabkan terjadinya kecelakaan adalah kendaraan, maka dari itu setiap akan berkendara sobat wajib untuk mengecek kondisi kendaraan sobat, karena kendaraan yang tidak berfungsi dengan baik sangat berbahaya untuk digunakan berkendara.

  • Keadaan jalan dan lingkungan
Penyebab yang terakhir adalah keadaan jalan dan lingkungan, seperti jalan yang berlubang, kurangnya pencahayaan, serta kurangnya marka jalan, namun penyebab ketiga ini sangat jarang sekali menyebabkan terjadinya kecelakaan.

"Satu dari 3 penyebab kecelakaan di jalan raya adalah manusia, karenanya Honda selalu berupaya melanjutkan kampanye #cari_aman demi kecerdasan bangsa sehingga kelak para generasi muda ini menjadi pribadi dewasa yang memiliki kesadaran melindungi keselamatan diri dan keluarga serta dapat mengendalikan emosi yang dapat mengundang resiko kecelakaan yang fatal." Ujar Dony.

  Generasi melek safety riding  


Para generasi muda ini kedepannya akan menjadi pengendara motor yang sesungguhnya, karenanya saat edukasi kami berupaya memperkenalkan tentang apa itu safety riding, termasuk informasi tentang perlengkapan berkendara yang benar seperti helm, jaket, sepatu, serta cara berkendara yang menguatamakan etika, “ ungkap Dony lebih lanjut.

Generasi Melek Safety Riding di SMP Negeri 9 Pontianak
Mengenakan helm sebagai wujud pemahaman terhadap safety riding

Sementara itu Julius Armando, Manager Safety Riding mengungkapkan, edukasi safety riding Honda melalui kampanye #Cari_aman akan terus dilakukan mengingat angka kecelakaan lalu lintas masih didominasi oleh kendaraan bermotor. 

Generasi Melek Safety Riding di SMP Negeri 9 Pontianak
Generasi melek safety riding di SMP Negeri 9

Kesadaran untuk membudayakan keselamatan berkendara dimulai dari diri sendiri. Karenanya Honda mengajak generasi muda untuk lebih dulu mencintai diri dan menghargai kehidupan, sehingga mereka juga akan menghargai kehidupan orang lain dengan selalu cari aman di jalan,“ ujarnya.

Nah demikianlah sobat pemahaman safety riding harus dijelaskan dan dipahami sedini mungkin untuk menghasilkan generasi yang patuh peraturan saat berkendara, nah jika ada pihak sekolah maupun instasi Sekolah/pemerintah/swasta yang membutuhkan informasi berkenaan tentang safety Riding maka dapat menghubungi Instruktur Safety Riding Astra Motor Dony Adrian.  (RAA)  
Comments

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon