Luka Diabetes Susah Sembuh, Terapkan Tips Berikut Ini untuk Mencegahnya - Review Apa Aja

Senin, 29 Juli 2019

Luka Diabetes Susah Sembuh, Terapkan Tips Berikut Ini untuk Mencegahnya

Apa? Sobat kembali lagi dengan saya admin dari reviewapaaja.com yang tentunya akan terus memberikan bahasan yang menarik serta bermanfaat bagi sobat sekalian, nah kali ini mau kasih bahasan yang lumayan penting yaitu mengenai penyakit diabetes, ya sobat bagi yang memiliki penyakit diabetes memiliki luka adalah suatu momok yang sangat mengerikan, betapa tidak luka yang diderita oleh sesorang yang memiliki penyakit diabetes sangat sulit untuk sembuh.

Mengobati luka pada pasien diabetes tidaklah mudah

Untuk itu mengobati luka pada pasien diabetes harus dilakukan dengan benar. Karena jika tidak, luka ini bisa menyebabkan pasien tersebut harus diamputasi. Begitu gawatnya luka yang diderita oleh pasien diabetes sehingga sangat disarankan agar pasien menjaga dirinya sendiri supaya tidak terluka. Luka ini bisa terjadi pada bagian tubuh yang mana saja, namun seringnya luka muncul di bagian kaki. 
Kaitannya dengan luka diabetes tersebut, dr. Arun Bal, salah seorang konsultan bedah kaki diabetes di Rumah Sakit SL Raheja Fortis, memberikan sejumlah tips untuk mencegahnya. Diantara tips-tips yang dimaksud ialah sebagai berikut. 

Tips Mencegah Munculnya Luka pada Kaki Penderita Diabetes


Berikut ini merupakan tips yang wajib sobat perhatikan untuk menghindari munculnya luka bagi sobat penderita penyakit diabetes, apa aja tipsnya? Yuk simak di bawah ini :

  • Kenakan Alas Kaki yang Nyaman

Tips yang pertama ialah kenakan alas kaki yang nyaman saat berjalan. Ini adalah hal yang harus Anda lakukan demi mencegah munculnya luka pada kaki. Alas kaki tersebut dapat digunakan baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan. 

Kenakan alas kaki yang nyaman untuk menhindari luka

Namun, usahakan untuk menghindari alas kaki yang keras apalagi terlalu ketat karena ini bisa memicu munculnya luka. Kalaupun ingin membeli alas kaki yang baru, cobalah untuk membelinya saat malam hari, karena pada malam hari kaki akan menjadi lebih besar. 

  • Berjalanlah dengan Hati-Hati

Hati-hati saat berjalan

Tak cukup dengan mengenakan alas kaki yang nyaman saja, pasien diabetes juga hendaknya berjalan dengan hati-hati. Tujuannya adalah supaya tidak muncul cedera pada kaki, dan juga tidak memperparah luka yang telah ada. 

  • Bersihkan Kaki Secara Rutin

Cuci kaki secara rutin

Selanjutnya, pastikan untuk membersihkan kaki secara rutin dan potong kukunya dengan baik. Saat memotong kuku ini, lakukan dengan hati-hati. Apabila Anda kesulitan melakukannya sendiri, sebaiknya Anda minta tolong pada orang lain saja. 

  • Periksa Kondisi Kaki Setiap Hari

Tak kalah penting, sangat disarankan agar setiap penderita diabetes memeriksa kondisi kakinya setiap hari. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada luka pada kaki. Kalaupun ada, agar bisa segera diobati. 

  • Jangan Duduk dengan Cara Menyilangkan Kaki

Hindari duduk dengan kaki menyilang

Jika pasien diabetes sebelumnya terbiasa duduk sambil menyilangkan kaki, sebaiknya jangan lakukan lagi hal ini. Mengapa? Karena duduk dengan posisi tersebut hanya akan merusak aliran darah serta meningkatkan resiko varises. 

Konklusi


Apabila setelah melakukan tips-tips di atas, ternyata kebetulan luka masih saja muncul, maka silahkan segera cari cara cepat menyembuhkan luka diabetes untuk menghindari komplikasi. Dan jangan lupa, periksakan diri secara rutin ke dokter supaya luka tersebut bisa lekas pulih. 
Nah begitulah sob, tips untuk mencegah munculnya luka bagi penderita penyakit diabetes, semoga sobat yang kebetulan sedang menderita penyakit ini segera sembuh dan bisa beraktifitas seperti sediakala ya, baiklah sobat jika dikira tulisan saya ini bermanfaat jangan lupa tinggalkan jejak dengan cara memberikan komentar pada kolom komentar dibawah ini, sampai jumpa lagi sobat. (RAA)
Comments

Reviewer dari Pontianak yang mencoba eksis, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon