No More Hoax, Mari Ciptakan Internet Indonesia yang Sehat Sob! - Review Apa Aja

Wednesday, June 26, 2019

No More Hoax, Mari Ciptakan Internet Indonesia yang Sehat Sob!

Apa? Hoax, mungkin sebagian dari pembaca setia blog saya ini sudah mengetahui apa itu Hoax, dan bahkan sudah merasakan betapa dahsyatnya fenomena dari Hoax ini dalam beberapa tahun belakangan ini? Nah untuk mengenal lebih dekat apa itu hoax, kali ini saya akan membahas lebih dalam mengenai Hoax serta ciri hoax dan bagaiman cara untuk mengatasinya.

Hoax mengancam siapa saja


 1. Pengertian Hoax 


Hoax (Hoaks, KBBI) memiliki arti berita bohong, atau berita tanpa sumber, yang bertujuan untuk menyesatkan, informasi yang dimasukkan ke dalam Hoax tidak memiliki landasan sumber yang benar namun dalam penulisannya seolah-olah itu merupakan sebuah fakta.

Darurat Hoax, sumber : voa-islam.com

Dengan melihat pengertian dari Hoax tersebut jadi wajarlah dari sebuah berita Hoax yang tanpa memiliki sumber jelas mampu menimbulkan kerusakan dan kekacauan yang luas terutama di zaman berkembangnya teknologi seperti sekarang ini terutama media sosial sobat, siapapun bisa mengakses berita serta informasi dengan begitu cepatnya dan bisa langsung membagikannya tanpa masalah.
Nah dampaknya Hoax semakin gampang tersebar, dan makin banyak orang yang tertipu dengan Hoax atau berita bohong terseb ut, dampak yang paling parah bahkan kekacauan dan permusuhan semakin menjadi-jadii, so kalian sobat pembaca blog ini yuk ucapkan No More Hoax.
Untuk itu kita perlu mengenal lebih lanjut mengenai ciri-ciri dari Hoax.

 2. Ciri-ciri hoax 


Hoax memiliki ciri-ciri seperti yang diungkap oleh kominfo, terdiri dari beberapa ciri, apa aja itu? Kuy kita bahas satu persatu ciri dari hoax :

Ciri-ciri hoax

- Judul yang provokatif -
Hoax akan selalu menggunakan judul yang provokatif serta judul yang sensasional untuk menarik pembaca, hal ini sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia yang “hanya”membaca judul tanpa membaca tulisan atau isi berita yang hal ini tentunya sangat mudah membuat hoax menyebar dengan cepat.

- Alamat situs yang tidak jelas -
Berita bohong atau hoax selalu disebarkan oleh situs-situs atau website yang memiliki link/alamat url yang tidak jelas bahkan belum terverifikasi sebagai situs berita online resmi, karena berita yang disebarkan oleh situs yang kurang jelas maka kebenaran dari berita tersebut jadi kurang jelas dan bisa dianggap sebagai hoax karena tidak bisa dipertanggung jawabkan.

- Fakta dan sumber yang rancu -
Sebuah berita yang sumbernya bukan berasal dari sumber yang resmi maka kita wajib waspada sobat karena bisa jadi berita tersebut merupakan hoax, untuk itu sebuah berita yang baik dan bukan hoax merupakan berita yang memiliki banyak sumber dan fakta yang berimbang.

- Gambar yang digunakan tidak asli? -
Di era teknologi seperti sekarang ini berita bohong atau hoax tidak hanya sekedar kata-kata, bahkan foto maupun video bisa menjadi hoax, karena untuk mendukung berita bohong atau hoax, pembuat berita hoax juga mengedit dan mengolah foto dan video untuk memprovokasi pembaca hoax.

 3. Cara mengatasi hoax melalui diri sendiri 


Dengan mengetahui ciri-ciri Hoax tentunya kita bisa mengatasi hoax dengan mulai dari diri sendiri yaitu dengan cara :
- Hindari hanya membaca judul pada sebuah berita, pastikan sobat membaca isi berita secara keseluruhan untuk memastikan berita tersebut benar, dan sobat terhindar dari provokasi karena hanya membaca judul berita saja.
- Pahami sebuah berita tersebut apakah sebuah fakta atau sekedar opini personal dari sang penulis berita karena sebuah opini bisa menjurus menjadi berita hoax yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.
- Cek keaslian foto juga diperlukan untuk menghindari hoax di jagat internet saat ini, cara mengeceknya pun cukup mudah sobat bisa menggunakan google lalu lakukan drag and drop foto yang sobat curigai di edit untuk menemukan foto yang mirip di internet.
- Yang terakhir sobat bisa menyaksikan video berikut ini bagaimana caranya mengatasi HOAX, dan menghilangkan HOAX dari internet tanah air


 4. Konklusi 


Begitulah sobat, Hoax merupakan hal yang menjadi momok di era digital seperti sekarang ini, perpecahan dan kekacauan banyak terjadi disebabkan oleh Hoax ini, nah untuk mengatasi hoax merupakan hal yang gampang-gampang susah, perlu kesadaran dari diri sendiri untuk mengatasi dan memerangi Hoax ini, semoga kalian semua setuju untuk berkata NO MORE HOAX.(RAA)
Comments

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon