Sobat Wajib Tahu 7 Perbedaan HDD dan SSD Sebelum Membelinya - Review Apa Aja

Saturday, June 15, 2019

Sobat Wajib Tahu 7 Perbedaan HDD dan SSD Sebelum Membelinya

Apa? Sobat siapa sih yang nggak kenal sama penyimpanan data SSD dan HDD? Pasti buat kalian yang sehari-harinya menggunakan laptop maupun pc mengetahui perangkat penyimpanan ini. Kedua perangkat penyimpanan data ini meski memiliki fungsi yang sama tetapi juga memiliki beberapa perbedaan. 

7 perbedaan SSD dan HDD, sumber : indowork.com

Jadi alangkah baiknya sebelum sobat menentukan untuk membeli perangkat penyimpanan perlu mengetahui beberapa perbedaan antara kedua perangkat ini. Apa saja perbedaan SSD dan HDD? Yuk simak baik-baik di sini!

1. Bentuk dan ukuran

Ukuran SSD lebih tipis dan ringan dari HDD, sumber : apaperbedaan.com

Yang pertama mulai dari bentuk dan ukurannya. SSD memberikan ruang penyimpanan yang tipis. Penyimpanan tipe SSD ini sangat cocok digunakan pada PC yang tipis serta ringan dengan desain yang elegan. SSD memiliki tinggi 7 mm dan cocok buat notebook standar. Sedangkan HDD memiliki desain yang standar dengan ketinggian 7 mm dan ketinggian 15mm. 

2. Kapasitas


Harddisk atau HDD selalu memberikan kapasitas penyimpanan yang besar. Secara eksponensial harddisk memiliki penyimpanan yang lebih besar dari pada SSD. Untuk saat ini kapasitas penyimpanan Harddisk paling besar mencapai 12 TB dan telah diperkirakan akan terus bertambah seiring perkembangan teknologi. 

Kapasitas HDD lebih besar dari SSD, sumber : tirto.id

Sedangkan untuk SSD hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang terjangkau. Harga SSD akan semakin tinggi tergantung dari kapasitas penyimpanan yang tinggi.

3. Kecepatan 

Perbandingan speed HDD dan SSD, sumber : catatanshand.blogspot.com

SSD mempunyai kemampuan multitugas yang lebih baik karena dengan performa terbaiknya perangkat ini bisa menjalankan boot serta kemampuan membaca atau menulis data yang sangat baik. Sementara HDD memiliki performa yang hanya mampu untuk menampung sebagian besar platform PC.

4. Harga

Harga SSD lebih tinggi dari HDD, Sumber : blog.techquility.net

Untuk kapasitas penyimpanan SSD paling rendah di angka 250GB sampai 500GB dan biasanya paling murah harganya. Sebaliknya dengan kapasitas SSD yang tinggi harganya juga akan mahal, apalagi ketika dilakukan pengukuran berlandaskan biaya per gigabyte. Sedangkan untuk HDD hanya menyediakan pengukuran berdasarkan biaya terendah per gigabyte. 

5. Efek yang ditimbulkan


HDD menggunakan sistem penerapan secara mekanik dan akan menyebabkan efek samping yang buruk seperti, panas berlebihan ,mengkonsumsi daya listrik tinggi, suara noise yang dihasilkan putaran motor dan piringan sangat tinggi dan mengganggu. 

Efek yang muncul di SSD dan HDD bermacam-macam, sumber : jagoaninsting.com

Sedangkan untuk SSD yang tidak menggunakan unsur mekanik juga memiliki efek seperti, suhu panas yang tidak tinggi jika dibandingkan dengan HDD, hanya membutuhkan daya kurang 1 watt dalam mengkonsumsi daya listrik dan suara yang ditimbulkan tidak berisik bahkan tidak bersuara sama sekali karena tidak ada putaran motor serta piringan yang bekerja. 

6. Fragmentasi


HDD mempunyai kemampuan yang sangat baik dalam menyimpan file-file yang berukuran besar serta terletak pada blok berdekatan karena bentuknya yang spiral. Ketiak ruang penyimpanan HDD mulai penuh, maka file-file yang tersimpan di dalamnya akan berpencar, jadi inilah istilah fragmentasi.

Fragmentasi sering terjadi di HDD, sumber : framanto.wordpress.com

HDD yang terkena efek fragmentasi, performanya akan menurun. Untuk mengembalikan performa HDD sobat perlu melakukan defrag. Sedangkan untuk SSD sobat tidak perlu khawatir jika terjadi fragmentasi karena di dalam SSD data sudah disimpan ke dalam chip flash.

7. Komponen


Jika sobat sudah pernah membongkar SSD dan HDD pasti memiliki komponen yang berbeda. Di dalam HDD terdapat sebuah komponen sejenis piringan metal bergerak berputar. Sedangkan di dalam SSD terdapat sebuah komponen berbentuk PCB seperti halnya sebuah RAM.

Perbandingan komponen SSD dan HDD, sumber : immersa-lab.com

Oleh sebab itu, kenapa SSD lebih unggul dari pada HDD. Di dalamnya saja sudah berbeda komponennya. Untuk soal ketahanan SSD lebih tahan banting dan HDD jika dibanting akan rusak bahkan tidak bisa digunakan lagi. Hal ini terbukti dari komponen yang ada di dalam HDD sebagai perangkat penggeraknya.

8. Konklusi


Itulah beberapa hal perbedaan SSD dan HDD. saya sarankan jika sobat memiliki uang lebih gunakan saja SSD. Karena jika sobat sudah pernah menggunakan SSD pasti tidak mau kalau disuruh menggunakan HDD karena kualitas SSD lebih baik walaupun harganya lebih mahal. Tentukan pilihan sobat dengan tepat sebelum membeli, ya! Baiklah sobat sampai jumpa lagi ditulisan saya berikutnya  di Reviewapaaja bye.(RAA)
Comments

3 comments

Ya, komputer kekinian mesti segera upgrade ke SSD. Harganya juga udah mulai murah. Kalau bisa upgradenya ke M2 langsung.

Wah M2 itu apa bang?? makin penasaran euy

nice inpoh mas. Saya taunya ya pokoke tempat nyimpan data heheeh.

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon