Journalist Competition 2019, Jurnalis dan Blogger Pontianak Wajib Ikut!!! - Review Apa Aja

Monday, May 20, 2019

Journalist Competition 2019, Jurnalis dan Blogger Pontianak Wajib Ikut!!!

Apa? Apresiasi sesuatu yang sulit didapatkan saat ini namun ini tidak berlaku bagi Astra International, Tbk – Honda selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Kalimantan Barat yang rutin memberikan apresiasi kepada kami, para blogger dan jurnalis warga yang selalu mengikuti kegiatan Honda Kalimantan Barat sekaligus menulis beritanya. Merujuk kepada pengertian apresiasi secara umum adalah suatu proses melihat, mendengar, menghayati, menilai, menjiwai dan membandiangkan atau menghargai suatu karya seni. Dapat dikatakan bahwa apresiasi adalah penilaian baik atau penghargaan terhadap suatu karya sastra ataupun karya seni.



Untuk itu Astra Motor Pontianak kembali menyelenggarakan program journalist Competition 2019 guna mengapresiasi semangat para blogger dan jurnalis yang ada di Kalimantan Barat. Program yang sudah berlangsung sejak 2015 ini membuat saya makin bersemangat untuk berkarya.

Blogger Sebagai Media Partner Astra Motor Pontianak


Partner artinya rekan, teman dan kawan yang punya makna sederajat. Kebersamaan yang sudah terjalin tentu memberikan dampak positif yang saling menguntungkan. Sebagai media partner, artinya blogger diberikan kesempatan untuk datang meliput setiap kegiatan dan menulis di blog atau website yang mereka kelola agar informasi positif tentang kegiatan, produk atau informasi menarik tentang Honda Kalimantan Barat dapat sampai ke masyarakat dan konsumen Honda.


Penghargaan ini sengaja dibuat dalam bentuk lomba agar ada semangat yang timbul bagi blogger menulis sekaligus mengasah kemampuannya dan mempertajam segala macam informasi yang berhubungan dengan Honda Kalimantan Barat.
Prastya Agusta Supervisor Marketing dan Promotion Astra Motor Pontianak menyampaikan disela-sela acara Lucky Draw Vario yang dilaksanakan di IBIS Hotel Pontianak, “Pegiat media dan jurnalis merupakan sarana yang turut mendekatkan Astra Motor kepada masyarakat luas”. Untuk lebih memperat ikatan Honda Kalimantan Barat dengan jurnalis dan blogger maka perlu adanya apresiasi. Prastya menambahkan, “Melalui karya peliputan dan sajian tulisan, jurnalis dan blogger sudah memberikan sembangsih terbaik, karena itu sebagai bentuk apresiasi kami hadirkan kompetisi ini,” ungkapnya.

Diselenggarakan Serempak diseluruh Indonesia


Journalist Competition tidak hanya dilaksanakan di Kalimantan Barat saja namun juga akan dilaksanakan pada 11 region Astra Motor di Indonesia. Sudah diselenggarakan sejak tahun 2015 dan program journalist competition ini selalu memberikan hadiah menarik bagi para pemenang yang tulisan dianggap bagus dan berbobot. Sempat tidak dilaksanakan di tahun 2018 tidak bearti program ini tak dilanjutkan terbukti, di tahun 2019 ini, Blogger dan jurnalis Kalimantan Barat diajak berkompetisi menghasilkan karya terbaik untuk disuguhkan kepada masyarakat dan konsumen Honda.


Untuk mengikuti program ini tak begitu sulit, Peserta cukup mengirimkan karya-karya terbaiknya setiap awal bulan kepada email panitia pelaksana lomba yaitu Astra Motor Pontianak. Kemudian, setelah semua tulisan terseleksi di Pontianak maka akan dikirim kepada juri di Jakarta guna menentukan yang terbaik. Jurnalis dan blogger yang mengikuti program ini harus mengirimkan minimal 2 artikel setiap bulannya untuk dipertandingkan. Bagi yang menulis artikel dibawah dua setiap bulannya maka otomatis akan gugur menjadi peserta dalam journalist competition 2019 ini.

Syarat dan Ketentuan Journalist competition 2019


Beberapa hal yang perlu diketahui oleh peserta yang mengikuti journalist competition 2019, silakan di baca dengan baik sehingga tidak salah.



Siapa Peserta Lombanya ?
  • Seluruh wartawan media cetak lokal di Kalimantan Barat
  • Seluruh Blogger di Kalimantan Barat.
  • Apa saja Syarat dan ketentuan perlombaan ?

Terdaftar sebagai Journalist dan Blogger Satu Hati.
  • Sudah terdaftar di website Astra Motor Kalbar.
  • Peserta mengirimkan minimal dua karya perbulan.
  • Karya dikirimkan melalui email setiap tanggal 1 bulan berikutnya pada alamat Suyantocf@gmail.com atau Prastya2012@gmail.com.

Apa Aja Penilaiannya?

  • Terdapat dua cara penilaian yang harus diketahui ketika ingin menjadi pemenang dalam program journalist competition 2019 kali ini, antara lain sebagai berikut:
  • Kualitas : Penilaian yang meliputi kualitas yaitu pemilihan isu, sudut pandang, identitas Astra Motor, dan pemilihan foto berita.
  • Kuantitas : yaitu meliputi: Kuantitas/jumlah, Ukuran halaman, 
Siapa saja Dewan Juri?

Karena perlombaan dilaksanakan dengan skala nasional pada 11 region, maka terdapat dua dewan juri dalam journalist competition 2019, antara lain:
  • Management Astra Motor Head Office.
  • Management Astra Motor Region.

Apa Aja Hadiahnya?

Bagi para jurnalis dan blogger yang menjadi pemenang dalam journalist competition 2019 maka berhak membawa pulang:

Blogger akan mendapatkan:
  • Juara 1 Rp. 3.000.000,
  • Juara 2 Rp. 2.000.000,
  • Juara 3 Rp. 1.000.000,-

Jurnalis media online akan mendapatkan:
  • Juara 1 Rp. 3.000.000,
  • Juara 2 Rp. 2.000.000,
  • Juara 3 Rp. 1.000.000,-

Jurnalis media cetak akan mendapatkan:
  • Juara 1 Rp. 4.000.000 + 1unit Honda BeAt Esp.
  • Juara 2 Rp. 3.000.000
  • Juara 3 Rp. 2.000.000

Juara Bulanan : Voucer Belanja 700 ribu + 300 ribu

Pimpinan Media akan mendapatkan:
Trip Thailand

Waktu pelaksanaan lomba ini cukup panjang yaitu dimulai pada 01 Mei sampai 30 November 2019. Peserta harus selalu mengumpulkan karya dan memikirkan ide yang tepat agar bisa menjadi juara. Jangan sampai ketinggalan untuk ikut ya. Tunjukkan karya terbaikmu!.(RAA)

Silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.
Oh ya jangan masukkan link aktif ya karena auto langsung dihapus makasih.
EmoticonEmoticon