Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital

13.40.00 Review Apa Aja 10 Comments

Apa? Sobat-sobat pembaca setia reviewapaaja, tahun 2018 tak terasa sudah mendekati akhirnya saja, dan tak terasa blog yang saya rawat ini sudah memasuki tahun ke 4, berbagai kisah dan tulisan sudah saya curahkan di dalam blog ini, berbagai macam proses menulis pun sudah saya dapatkan, semuanya saya lakukan hanya untuk menyalurkan hobi serta keinginan untuk memiliki aset digital yang kelak bisa saya tunjukkan kepada anak cucu.
Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Era Digital
Di era yang serba digital ini rasanya tidak elok kalau kita tidak memiliki aset digital sobat karena mau tidak mau kita harus memiliki untuk ambil bagian dari dunia digital yang serba berkembang sekarang ini, untuk memiliki sebuah aset digital sobat bisa mulai dengan membuat sebuah website atau blog yang cara membuat website dan cara membuat blog bisa dengan mudah sobat dapatkan di internet.






Untuk mudahnya saya kasi trik serta tips membuat blog secara simple ya sobat, sobat tentukan dulu blog sobat akan menggunakan tipe blog seperti apa, ada dua pilihan yang bisa sobat pilih yaitu blog berbasis wordpress yang bisa sobat atur, dan kustomisasi sesuka hati, atau bllog berbasis blogspot yang lebih aman dan tanpa ribet.
Setelah sobat menentukan akan menggunakan blogspot atau wordpress hal yang bisa sobat lakukan berikutnya adalah :

Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Hosting untuk Wordpress itu wajib
Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Fitur-fitur DomainNesia

Jika sobat memilih blog berbasis Wordpress maka yang harus sobat lakukan adalah membeli sebuat domain+hosting yang bisa sobat beli menggunakan DomaiNesia, di DomaiNesia sobat bisa memanfaatkan fitur instant deploy dari DomaiNesia yang bisa membuat blog sobat jadi dengan cepat dan segera serta bisa sobat isi tulisan yang sobat mau.

Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Blog berbasis Blogspot cuma perlu domain aja
Sedangkan jika sobat memilih blog berbasis Blogspot yang sobat lakukan hanyalah membeli sebuah domain TLD (top level domain) dari DomaiNesia untuk mengubah alamat blog bawaan dari blogspot, simple bangetkan sob?
Setelah punya sebuah website atau blog lalu apa?? ujar sobat yang di pojokan sana, sobat bisa mulai menikmati proses menjadi seorang blogger di era digital.






Menjadi seorang blogger di era digital tidak cukup hanya dengan menulis unek-unek atau cerita-cerita pribadi kedalam sebuah blog, meskipun pada awalnya blog dianggap sebagai sebuah buku diary pribadi seseorang, namun di era digital ini peran blog sudah bergeser menjadi seperti sebuah media daring yang memiliki tema-tema tertentu yang bisa sobat pilih untuk difokuskan mulai dari lifestyle blogger, travel blogger, food blogger, tekno blogger, beauty blogger, parenting blogger dan lain sebagainya.


Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Blogger era digital
Namun patut diingat sobat menjadi seorang blogger tidak otomatis menjadikan sobat sebagai seorang jurnalis, namun dengan menjadi seorang blogger sobat bisa membuat opini yang tentunya memiliki impact yang besar serta berpengaruh bagi pembaca sobat sekalian.
Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Kemampuan menulis wajib diasah

Untuk menghasilkan tulisan yang memiliki impact yang besar tentunya sobat harus mengasah kemampuan menulis yang bisa sobat dapatkan melalui pelatihan menulis bahkan bisa juga sobat dapatkan pengalaman melalui membaca buku dan langsung mempraktekkannya kedalam sebuah tulisan.






Sobat apabila sudah memahami konsep menjadi seorang blogger, tentunya sobat juga paham bahwa senangnya menjadi seorang blogger adalah terletak pada kepuasan kita saat melihat blog atau tulisan kita ada yang membaca serta mampu memberikan motivasi serta manfaat bagi yang membacanya.
Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Senangnya menjadi blogger saat tulisan kita dibaca orang
Selain itu manfaat lain menjadi seorang blogger adalah sobat bisa mendapatkan penghasilan yang cukup lumayan, namun perlu diingat sobat, untuk mendapatkan penghasilan dari sebuah blog tidak semudah membalikkan telapak tangan, namun perlu diingat sobat jangan pernah menjadi seorang blogger yang berorientasi pada penghasilan yang akan didapatkan karena saya jamin sobat tidak akan kuat dan akan berhenti ditengah jalan.
Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Bisa menghasilkan uang
Oh ya sobat keuntungan lain menjadi seorang blogger tentunya adalah sobat akan mendapat banyak teman, karena banyak sekali blogger yang ada di Indonesia, selain itu sobat juga bisa mulai dikenal oleh berbagai macam brand yang akan mengajak sobat untuk melakukan kerjasama yang tentunya bisa menghasilkan penghasilan yang lumayan bagi sobat sekalian.






Bagi sobat yang sudah menjadi seorang blogger yang berpengaruh dan diperhitungkan dijagat digital ini tentunya ingin mengembangkan prestasinya menjadi lebih tinggi lagi, ada beberapa pilihan yang bisa sobat pertimbangkan yaitu mulai menjadi penulis buku, atau menjadi influencer.
Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Menjadi penulis buku
Ada banyak sekali contoh seorang blogger yang menjadi penulis buku sukses yang bisa sobat contoh adalah dengan menjadi seorang penulis sebuah buku, menjadi seorang penulis seperti menegaskan kemampuan menulis yang telah sobat asah selama ini.
Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Atau menjadi Seorang influencer
Jika sobat tidak tertarik menjadi seorang penulis buku, maka sobat bisa memilih menjadi seorang influencer, influencer itu seseorang yang mampu memberikan pengaruh serta opini kuat mengenai suatu topik yang dibahas, syarat menjadi seorang influencer juga terbilang mudah cukup punya blog yang memiliki jumlah kunjungan yang luar biasa dalam sebulannya serta akun media sosial dengan jumlah follower yang banyak.


Jadi sob, melihat kondisi dunia digital yang semakin kuat seperti sekarang ini akankah sobat masih santai-santai saja tanpa menginginkan untuk memiliki sebuah aset digital yang akan bisa sobat manfaatkan untuk menghasilkan uang, sembari mengisi waktu luang dan memuaskan hobi? Padahal untuk memiliki akses digital tersebut pun sobat tidak harus menjadi ahli dalam membuat website atau blog karena ada DomaiNesia yang sudah menyediakan fitur serta tutorial untuk membuat website, sobat tinggal mengisi artikelnya saja.
Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Kapan sob?
Tidak ada salahnya kan kita berusaha untuk mendapatkan sedikit remah-remah dari besarnya bisnis dari dunia digital, karena selama ini banyak orang yang beranggapan aset digital itu bukanlah sebuah hal penting dan sangat sulit untuk di dapatkan, padahal untuk memiliki aset digital itu sangat mudah tinggal mau atau tidaknya kita untuk memiliki aset digital tersebut.
Ayo sobat mari kita bersama-sama untuk mulai memiliki aset digiital yang bisa sobat mulai dengan memiliki sebuah website atau blog, jangan sampai sobat ketinggalan start dan baru menyesal dikemudian hari disaat yang lain sudah menikmati hasil dari aset digitalnya sedangkan sobat baru memulainya.
Senangnya Menjadi Seorang Blogger Di Era Digital
Kuy miliki aset digital
Baiklah sobat sekian tulisan saya yang mencoba memberikan tutorial, motivasi, dan semangat bagi sobat untuk memiliki aset digital dalam bentuk sebuah blog yang bisa sobat manfaatkan untuk berbagai macam hal, dan sobat jadi bisa merasakan serunya menjadi seorang blogger di era dunia digital seperti sekarang ini, dan menikmati manisnya kerja keras di dunia digital.
Sampai jumpa lagi sobat ditulisan saya berikutnya, maafkan bila ada kata-kata yang kurang bekenan semoga apa yang saya tuliskan bisa memberikan manfaat bagi sobat sekalian, ciaoooo.(RAA)

10 komentar:

  1. Jadi blogger itu jadi berasa jadi orang penting ya 🤣🤣🤣🤣

    BalasHapus
  2. Merdeka banget pokonya hidup di era digital, bagi saya, merdeka di era digital memberikan banyak kemudahan hidup

    BalasHapus
  3. memang saat indah ngeblog adalah saat tulisan banyak di orang banyak

    BalasHapus
  4. Betul banget. Semenjak menjadi seorang blogger walaupun masih sangaaattt baru saya merasakan ada kebahagiaan sendiri di samping bisa memberikan informasi-informasi dan kisah perjalanan ke tempat-tempat yang pernah saya kunjungi. Makin banyak punya Travelmate dan relasi juga. 😊

    BalasHapus
  5. Kebebasan seorang blogger menulis sesuka hati dan sesuka gaya tulisannya. Dan inilah mengapa saya menyukai menjadikan hobi blogger dari 2015. Apalagi tulisan saya di blog zeevorte.net, baru berumur 10 bulan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat terus menuli dan nikmati serunya jadi blogger di era digital

      Hapus

Posting Komentar

Reviewer dari Pontianak yang mencoba eksis, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.