E-Katalog Solusi Cerdas Belanja Cepat Cara Tepat Pemerintah Daerah

10.18.00 Review Apa Aja 2 Comments

Apa? Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP) berkolaborasi dengan Bhinneka yang merupakan salah satu e-commerce ternama di Indonesia mengadakan sosialisasi yang memiliki tema Sosialisasi E-Katalog LKPP: belanja cepat cara tepat melalui E-Katalog bertempat  di Hotel Santika, Pontianak pada hari Kamis (3/5/2018), dan ini kali kedua saya reviewapaaja hadir pada sosialisasi ini, karena sebelumnya saya juga mendapatkan kesempatan untuk hadir pada sosialisasi E-Katalog ini tahun 2017 Sosialisasi E-Katalog, Kolaborasi Antara Bhinneka Dan LKPP.

E-Katalog Solusi Cerdas Belanja Cepat Cara Tepat Pemerintah Daerah
Sosialisasi E-Katalog kolaborasi Bhinneka.com dan LKPP
Acara Sosialisasi yang dihadiri sekitar 200 peserta yang terdiri dari Kepala SKPD, Ketua ULP, dan LPSE dari seluruh pemerintah daerah di Provinsi Kalimantan Barat, sosialisasi ini diadakan untuk meningkatkan awarness serta pemahaman pemerintah daerah mengenai pentingnya serta manfaat dari E-Katalog LKPP ini.

E-Katalog Solusi Cerdas Belanja Cepat Cara Tepat Pemerintah Daerah
Lewono Perwakilan Sekda Provinsi Kalbar memberikan sambutan pada sosialisasi E-Katalog
E-Katalog dan pembelian melalui E-katlog disebut E-Purchasing, E-Purchasing dimaksudkan untuk percepatan penyerapan anggaran kementrian, terutama untuk barang-barang manufaktur elektronik yang cukup sering dibeli pemerintah, kelebihan menggunakan E-Purchasing ini karena pembelian barang bisa dilakukan tanpa melalui tender, dengan banyaknya kemudahan yang diberikan oleh E-Katalog namun ternyata banyak skpd yang belum paham dan mengerti cara menggunakannya karena belum banyaknya skpd yang berpartisipasi dalam penggunaan E-Katalog, seperti yang diungkapkan oleh Perwakilan Sekda Provinsi Kalbar, Lewono.
Sosialisasi E-Katalog merupakan wujud serius dari pemerintah Provinsi Kalbar untuk meningkatkan awarness serta sebagai ajang pengenalan E-Katalog, sehingga kedepannya makin meningkatkan penggunaan E-Katalog dalam pengadaan barang dan jasa, kemudahan dalam bertransaksi menggunakan E-Katalog.

E-Katalog Solusi Cerdas Belanja Cepat Cara Tepat Pemerintah Daerah
Uray Indra Mulya, PJ Sekda Pemerintah Kota Pontianak
Banyak pejabat yang masuk penjara karena pengadaan barang dan jasa, sehingga pemerintah daerah dalam pengadaan barang dan jasa harusnya melalui E-Katalog untuk menghindari hal tersebut, dan sosialisasi ini merupakan langkah tepat yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, ungkap Uray Indra Mulya, selaku PJ. Sekda Pemerintah Kota Pontianak.
E-Katalog Solusi Cerdas Belanja Cepat Cara Tepat Pemerintah Daerah
Irawati Indra perwakilan LKPP saat memaparkan mengenai E-Katalog
E-Katalog merupakan instrumen baru yang memudahkan pemerintah daerah dalam kegiatan pengadaan barang atau jasa yang terbuka serta efisien. Hal ini senada dengan yang diungkapkan oleh Perwakilan LKPP, Irawati Indra "dengan menggunakan E-Katalog pembelian barang atau jasa dapat dilakukan oleh pemerintah daerah dengan cepat dan mudah, karena hanya perlu melakukan log ini serta melakukan transaksi di laman https://E-Katalog.lkpp.go.id/.Lebih lanjut Irawati mengungkapkan "informasi harga dan spesifikasi barang dan jasa yang terdaftar di E-Katalog LKPP bersifat terbuka dan bisa dilihat serta dikontrol oleh seluruh masyarakat, selain itu pembeli dalan hal ini adalah pokja bisa membandingkan spesifikasi, harga, dan merek yang ada di beberapa penyedia".
Lalu alasan kenapa pemerintah daerah harus memilih E-Katalog dalam pengadaan barang yaitu harga yang ditawarkan merupakan harga produsen yang sudah pasti murah, serta jumlah barang yang bisa didapatkan dalam jumlah yang banyak, dan harga yang dibayarkan sesuai dengan spesifikasi barang yang dibutuhkan.

E-Katalog Solusi Cerdas Belanja Cepat Cara Tepat Pemerintah Daerah
E-Katalog Solusi Cerda Belanja Cepat Cara Tepat
Direktur Corporate Sales Bhinneka.com, Heriyadi Janwar menjelaskan Bhinneka merupakan penyedia barang dan jasa yang telah terverifikasi oleh LKPP dan juga berperan aktif untuk sosialisasi pengadaan barang dan jasa pemerintah melalui E-Katalog.
Bhinneka berkomitmen untuk reformasi proses belanja pemerintah termasuk pengadaan badan usaha menjadi lebih akuntabel, harga barang barang yang dijual sudah termasuk pajak yang menjamin akuntabilitas yang akan menghemat pengeluaran rutin pemerintah daerah.
E-Katalog Solusi Cerdas Belanja Cepat Cara Tepat Pemerintah Daerah
Sosialisasi diikuti oleh 200an peserta
Sosialisasi E-Katalog ini merupakan kesempatan Bhinneka untuk meningkatkan pengetahuan pemerintah daerah mengenai manfaat pengadaan barang melalui E-Katalog LKPP, demi menuju Indonesia yang semakin transparan dan maju, selain itu Bhinneka juga semakin meningkatkan kualitas pelayanan dengan cara menawarkan pilihan produk yang lengkap, harga khusus untuk produk dalam E-Katalog, jaminan garansi, dan layanan.
Sehingga dengan adanya peran Bhinneka di dalam sistem E-Katalog LKPP kedepannya dapat mempercepat akselerasi katalogisasi produk yang akan dibeli pemerintah, karena saat ini baru terdapat 31.000 produk Bhinneka yang tayang di E-Katalog LKPP, yang terdiri dari komputer (desktop & notebook), server, office equipment, dan kamera.
Semoga dengan adanya E-Katalog yang merupakan kolaborasi Bhinneka dan LKPP akan dapat mewujudkan efektivitas kinerja dan efisiensi anggaran negara terkait pengadaan barang dan jasa.(RAA)

2 komentar:

  1. Ekatalog ya.. Disisi lain harga yg ditawarkan lbh miring sehingga penyedia makin kebanjiran order.
    Karena saking banyaknya order, barang kadang jadi inden dan lama nyampainya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi yang jelas dengan e-katalog meminimalisir markup harga, dan korupsi di pengadaan barang sedikit berkurang kk

      Hapus

Posting Komentar

Reviewer dari Pontianak yang mencoba eksis, silahkan berkomentar sesuai postingan dan dilarang berkomentar menyinggung SARA, SPAM, dan OOT ya sobat.