Sempol Ayam Jajanan Khas Kota Malang Kini Hadir di Pontianak, Seperti Apa Rasanya?

12.19.00 Review Apa Aja 0 Comments

Apa? Halo sobat sudah lama saya nggak berbagi informasi soal makanan dan jajanan yang enyak-enyak di #pontianak kali ini saya ingin membagikan info mengenai jajanan pinggir jalan yang rasanya enak, selain enak jajanan pinggir jalan ini kayaknya baru pertama kali hadir di Pontianak, emangnya jajanan tersebut apa sih? Sobat penasaran bukan? Jajanan pinggir jalan tersebut bernama sempol ayam, what sempol ayam? Apaan tu? Sabar sob akan saya jelaskan lebih lanjut mengenai sempol ayam ini sob.
Sempol Ayam Jajanan Khas Kota Malang Kini Hadir di Pontianak, Seperti Apa Rasanya?
Jajanan khas Malang hadir di Pontianak


Sempol Ayam Jajanan Khas Kota Malang Kini Hadir di Pontianak, Seperti Apa Rasanya?
Sempol ayam Azizah

Menurut penjelasan dari abang penjual sempol ayam Azizah (lah siapa itu azizah? Nama abangnya? Bukan sob azizah itu nama gerobaknya hihi) Sempol Ayam ini merupakan jajanan khas dan sangat digemari di Kota Malang, terhitung hampir disetiap sudut kota sobat bisa menjumpai orang yang menjual sempol ayam, lalu bagaimana dengan Pontianak sendiri, sebagai orang asli melayu Pontianak ini pertama kalinya saya menjumpai jajanan ini ada disini.
Sempol Ayam Jajanan Khas Kota Malang Kini Hadir di Pontianak, Seperti Apa Rasanya?
Berjualan di trotoar jalan

Sempol ayam itu sendiri merupakan ayam yang digiling, dicampur tepung, dan bumbu-bumbu penyedap kemudian dibentuk seperti heikeng sob dan kemudian ditusuk dengan tusuk lidi.
Sempol Ayam Jajanan Khas Kota Malang Kini Hadir di Pontianak, Seperti Apa Rasanya?
Sempol ayam menunggu digoreng

Saya menjadi sangat antusias melihat jajanan ini betapa tidak tentunya jajanan ini menjadi tambahan berharga bagi pengalaman kuliner saya, sempol ayam ini digoreng dua kali dengan minyak dan pada saat mengoreng sempol untuk yang kedua kalinya sempol ayam tersebut dicelup ke dalam telur kemudian digoreng kembali hingga matang.
Sempol Ayam Jajanan Khas Kota Malang Kini Hadir di Pontianak, Seperti Apa Rasanya?
Setelah digoreng
Setelah matang mas-masnya berkata bahwa Sempol ayam ini enaknya dimakan dengan sambel kacang yang dicampur dengan kecap manis, ya saya gak mau ikutin saran abangnya karena saya mau makan sempol ayamnya dengan perasaan tenang dan hati yang damai dan ketenangan serta kedamaian baru bisa saya dapatkan di rumah, makan di pinggir jalan gak enak sob gada kursinya masak harus nongkrong ditrotoar kalo ditangkap satpol pp gimana? Hayooo gimana??


Sempol Ayam Jajanan Khas Kota Malang Kini Hadir di Pontianak, Seperti Apa Rasanya?
Setelah digoreng matang aromanya enak

Sempol Ayam Jajanan Khas Kota Malang Kini Hadir di Pontianak, Seperti Apa Rasanya?
Bumbu kacang dan kecap manis

Sabar ya sobat ceritanya saya sambung selesai jjs bersama anak istri dan saya sampai dirumah #jjsdenganhatisenang.
Sesampainya dirumah saya tidak sabar lagi untuk segera mencoba sempol ayam ini, pada gigitan pertama saya merasakan bahwa sempol ayam ini rasanya mirip banget sama heikeng goreng, gurihnya sama, teksturnya sama, cuma yang membedakan sempol ayam ini sedikit lebih keras dibandingkan dengan heikeng istri saya juga menyetujui bahwa rasa sempol ini mirip dengan heikeng #toss.
Sempol Ayam Jajanan Khas Kota Malang Kini Hadir di Pontianak, Seperti Apa Rasanya?
Sempol ayam siap dinikmati
Namun teringat dengan perkataan abang penjualnya saya pun mulai menberikan sambal dan kecap kedalam sempolnya walah sob, rasanya nendang banget seperti kombinasi sambal kacang dan kecap menjadikan rasanya mirip banget dengan batagor dan bumbu kacang rasa kacangnya luat banget sedangkan rasa pedasnya kurang terasa sehingga rasanya cocok untuk dinikmati oleh anak kecil, namun anak saya ternyata tidak mau makan sempol ayam ini sob keras mungkin ya jadinya anak saya tidak doyan.
Sedangkan saya menikmati sempol ayam yang merupakan jajanan khas dari pulau Jawa yaitu Kota Malang tentunya menjadi pengalaman yang cukup menyenangkan terlebih lagi saya juga baru kali ini merasakannya membuat saya penasaran ingin ke kota Malang untuk mencicipi sempol ayam yang sesungguhnya karena menurut abang penjualnya sempol ayam yang dijualnya sedikit berbeda dibandingkan sempol ayam yang asli terutama bentuknya, kalau di Pontianak sempol ayamnya berbentuk pipih, sedangkan yang aslinya berbentuk lonjong.


Sempol Ayam khas Malang
Sekian kisah saya mengenai sempol ayam ini semoga dapat menjadi informasi berharga bagi sobat sekalian, sampai jumpa lagi ditulisan saya berikutnya semoga hari sobat menyenangkan, selamat icip-icip.(RAA)

0 komentar:

Posting Komentar

Reviewer dari Pontianak yang mencoba eksis, silahkan berkomentar menggunakan akun Google serta dilarang berkomentar menyinggung SARA ya sobat.