60 Tahun Astra, Melalui Astra Honda Motor Memajukan Industri Sepeda Motor Tanah Air

17.26.00 Review Apa Aja 0 Comments

Apa? Sobat pasti pernah tahu dan pernah mendengar mengenai Astra International? iya siapapun yang pernah mengendarai motor Honda tentunya akan mengenal Astra International yang merupakan induk dari Astra Honda Motor (AHM).
Astra Honda Motor saat ini merupakan satu-satunya perusahaan pemegang lisensi untuk memproduksi, mendistribusikan serta memasarkan motor Honda diseluruh Indonesia tak terkecuali di Kalimantan Barat.
Kantor pusat Astra International, sumber : astra
Bayangkan saja Astra yang mulai beroperasi sebagai perusahaan dagang dari tahun 1957 dan mulai ditunjuk sebagai distributor tunggal sepeda motor Honda pada tahun 1970 tersebut tentunya sudah banyak menjual berbagai macam jenis sepeda motor di Indonesia dan khususnya di Kalimantan Barat, bahkan banyak orang yang mengidentikan bahwa sepeda motor adalah Honda, apakah sobat termasuk salah satunya yang apabila menyebut sepeda motor dengan nama Honda, berarti sobat sudah tua dong hehe.

Berbagai jenis tipe sepeda motor Honda yang sudah dihasilkan oleh Astra Honda Motor
Tentunya dengan pengalaman dan konsistensi yang ditunjukkan oleh Astra tentunya menjelaskan komitmen Astra dalam memajukkan industri otomotif di Indonesia bukanlah suatu yang harus dianggap remeh dan dipandang sebelah mata.
Namun demi lebih mendekatkan diri dengan Astra tidak ada salahnya kita kembali bernostalgia sobat melalui sejarah dan perkembangan Astra melalui Astra Honda Motor mengembangkan Industri sepeda motor di Indonesia.

Motor Pelopor Astra Honda Motor Di Indonesia yaitu S 90 Z


AHM yang dahulunya dikenal dengan nama Federal Motor dulunya hanya bertugas merakit sepeda motor dengan komponen-komponen yang semuanya didatangkan dari negara asal Honda yaitu Jepang, dan motor yang pertama kali diluncurkan oleh Federal Motor yaitu sebuah motor yang diperuntukkan bagi kalangan bisnis yang dikenal degan nama S 90 Z, merupakan sepeda motor yang memiliki mesin 4 tak dengan mesin berkapasitas 90cc.
S 90 Z motor pelopor perkembangan sepeda motor di Indonesia, sumber : gridoto
Pada tahun tersebut S 90 Z yang hanya diproduksi sebanyak 1500 unit ternyata laku keras dipasaran karena sangat irit bahan bakar yang menjadi sangat cocok untuk digunakan sehari-hari, sehingga memaksa Federal Motor untuk memproduksi S 90 Z lebih banyak lagi hingga 30 ribu unit.
S 90 Z motor pelopor perkembangan sepeda motor di Indonesia, sumber : pinterest
Sepeda Motor Honda S 90 Z bisa disebut sebagai cikal bakal  yang mempelopori perkembangan sepeda motor untuk menjadi salah satu moda transportasi andalan setiap keluarga di Indonesia.


Selain Sepeda Motor, Fokus Astra Honda Motor juga pada Penjualan Spare Part, dan Layanan Purna Jual

 

Federal Motor pada tahun 2001 berubah nama menjadi Astra Honda Motor disebabkan karena beberapa anak perusahaan yang bergabung menjadi satu, hal ini disebabkan dengan berkembangnya ekonomi serta makin berkembangnya pasar sepeda motor Indonesia yang semakin lama semakin besar.
Dealer AHM yang menjual sepeda motor Honda, sumber : anangcozz
Tentunya dengan berubahnya nama Federal Motor menjadi AHM menjadikan segala macam distribusi serta pemasaran sepeda motor Honda menjadi lebih baik lagi, hal ini terlihat dengan di masa sekarang sebanyak 29 main dealer utama, 1.814 outlet, 3.619 bengkel dan 7.550 gerai suku cadang, dan dari 29 main dealer sebanyak 11 dealer merupakan bagian dari Honda Sales Operation yang termasuk ke dalam jaringan bisnis grup Astra.

Jaringan bengkel resmi AHM, sumber : Astra-Honda
Selain menjual dan mendistribusikan penjualan sepeda motor Honda, Astra juga menjual serta mendistribusikan suku cadang sepeda motor Honda dan juga menyediakan layanan purnajual yang tentunya memudahkan konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai pelayanan dan service yang diberikan oleh Astra Honda Motor.


Astra Melalui Astra Motor Honda sudah menjadi Bagian yang Tak Terpisahkan dari Industri Sepeda Motor Tanah Air


Mulai dari tahun 2014 hingga 2017 ini Astra Honda Motor (AHM) sudah memiliki fasilitas yang bergerak di bidang otomotif yang sangat lengkap seperti 4 fasilitas pabrik perakitan yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara yang menjadi kantor pusat  AHM, pabrik kedua terletak di Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, kemudian Pabrik ketiga terletak di kawasan MM 2100 Cikarang Barat, Bekasi dan yang terakhir serta pabrik perakitan yang terbaru terletak di Karawang.
Kantor pusat Astra Honda Motor di Sunter
Dengan keempat pabrik tersebut berdampak sangat positif karena kapasitas produksi sepeda motor yang mampu dilakukan oleh AHM meningkat drastis hingga 5,8 juta unit sepeda motor pertahunnya, yang tentunya Astra mampu menyerap banyak tenaga kerja untuk memenuhi permintaan pasar sepeda motor di Indonesia yang setiap tahun terus meningkat.

Perakitan motor Honda oleh Astra Honda Motor
Dengan produksi yang cukup besar tersebut Astra melalui Astra Honda Motor tentunya menjadi salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia yang tentunya sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia khususnya di bidang otomotif.
Bahkan pada tahun 2015 AHM berhasil mencapai produksi sepeda motor ke 50 juta yang merupakan pencapaian tertinggi yang berhasil di capai oleh industri sepeda motor di Indonesia bahkan untuk tingkat ASEAN.
Konsistensi dan pencapaian 60 tahun Astra yang terus menerus berinovasi dan memberikan pelayanan di bidang otomotif khususnya sepeda motor tentunya memberikan gambaran bahwa Astra merupakan bagian tak terpisahkan dari kemajuan dan perkembangan serta peningkatan perekonomian di bidang otomotif di Indonesia.
Teruslah berinovasi dan tingkatkan konsistensimu Astra baik itu untuk 60 tahun yang akan datang, karena tanpa Astra dan Astra Honda Motor, industri Indonesia dibidang otomotif tidak akan mampu berkembang pesat hingga seperti saat ini.(RAA)