Berburu Kopi dengan Aplikasi Mobile “Warkop”

13.37.00 The Arif Review 0 Comments

Apa? Sobat reviewapaaja.com warkop yang merupakan kependekan kata dari warung kopi sudah sangat akrab dan kenal oleh masyarakat khususnya masyarakat Kota Pontianak, Kalimantan Barat bahkan Kota Pontianak pun sekarang diberi gelar kota 1000 warkop karena hampir disetiap sisi kota dapat dijumpai warung kopi.
Warung kopi Suka Hati, sumber : tukangjalanjajan.com
Tentunya dengan semakin menjamurnya warung kopi di Kota Pontianak, sebagai seorang konsumen terkadang sobat akan disulitkan untuk menentukan warung kopi yang mana yang memiliki harga paling murah, menu kopi paling lengkap, fasilitas yang lengkap seperti wifi dan hingga ketersediaan tempat duduk juga mempengaruhi kita sebagai konsumen untuk mengunjungi sebuah warkop.
Warung kopi Asiang, sumber ; blogsteguh.web.id
Karena di Kota Pontianak warkop selain tempat minum kopi dan tempat bersantai, terkadang warkop juga digunakan oleh pengunjung warkop untuk bertemu rekan bisnis untuk membicarakan bisnis yang terkadang nilainya gila-gilaan sob,bahkan bisnis miliaran rupiah juga pernah dilakukan transaksinya di warkop.
Tentunya dengan fakta tersebut diperlukan sebuah aplikasi mobile yang memberikan petunjuk warkop mana yang memiliki harga kopi paling menarik dengan rasa yang paling enak, kemudian ulasan-ulasan baik itu mengenai harga, fasilitas, hingga kenyamanan yang dapat dijadikan pedoman bagi sobat yang ingin sekedar bersantai  atau bertemu relasi dan rekan kerja.


Pencinta kopi yang suka bersantai di warkop baik itu cuma sekedar bersantai atau pun bertemu rekan dan relasi kerja dari kalangan remaja atau anak muda hingga orang tua yang membutuhkan informasi  mengenai warkop.
Pengunjung warkop yang beragam mulai dari umur 15 tahun hingga 60 tahun keatas, sumber : zetizen.com
untuk target umurnya sendiri mulai dari umur 15 tahun hingga 60 tahun keatas yang tentunya rentang umur yang sangat panjang untuk mendapatkan pengguna (user) dari aplikasi warkop ini.


Aplikasi yang simpel dan mampu berjalan di sistem operasi Android maupun iOS, aplikasi mengenai warkop dibuat dengan dimulai dari :
  • Mengumpulkan data seluruh warung kopi yang ada di Kota Pontianak mulai dari alamat, nama warkop, dan foto warkop,
  • Kemudian mengumpulkan data dari menu-menu yang disajikan oleh warkop yang sudah masuk di dalam database, mulai dari harga, menu hingga ke fasilitas,
  • Menyortir warkop yang kemungkinan menjadi warkop favorit,
  • Membuat tampilan antar muka yang menarik dan mudah digunakan serta gampang dipahami oleh orang tua dan anak muda,
  • Mengkoneksikan aplikasi dengan platform sosial media seperti Facebook, Twitter, dan Instagram,
  • Mengkoneksikan aplikasi dengan aplikasi peta seperti Google Maps



Dengan pengunjung warung kopi yang sangat banyak, tentunya aplikasi ini bisa digunakan tidak hanya khusus untuk kota pontianak saja namun kedepannya bisa dikembangkan untuk dapat digunakan diseluruh kota yang ada di Indonesia.



Kelemahan dari aplikasi ini adalah dengan berfokus terhadap warung kopi tentunya membuat pengguna yang ingin menemukan tempat makan, cafe, resto tentunya harus menginstal aplikasi lain yang serupa.


Strategi yang diperlukan untuk memperkenalkan aplikasi warkop ini bisa dimulai dari dengan mempromosikan aplikasi tersebut di sosial media, dan komunitas yang ada di Pontianak, bahkan hingga membuat selebaran untuk diberikan pada pengunjung warung kopi untuk mendapatkan awarness mengenai aplikasi ini.

Informasi mengenai aplikasi merupakan ide saya murni, bagi pengembang atau developer yang berminat untuk membuat aplikasi yang dapat memberikan solusi dan sarana bagi pencinta kopi untuk menemukan warung kopi yang disukainya, dalam rangka IWIC 11 dari Indosat Ooredoo.

Punya ide yang lebih baik dari yang saya?? segera tuliskan serta submit tulisan sobat di https://iwic.indosatooredoo.com/reg1.php untuk informasi lebih lanjut sobat bisa mengunjungi  iwic.indosatooredoo.com selamat berlomba dan sampai jumpa ditulisan saya berikutnya.(RAA)