6 Makanan Korea Halal yang Wajib Sobat Coba Sekali Seumur Hidup

16.57.00 Review Apa Aja 0 Comments

Apa? Hai Sobat Jika belasan tahun yang lalu kita menjadikan Jepang sebagai salah satu kiblat budaya pop di dunia, tahun-tahun belakangan ini giliran Korea yang menjadi kiblatnya. Seluruh dunia seolah tersihir dengan perkembangan budaya pop dari Negeri Ginseng tersebut terlebih lagi di Indonesia Sob.
Segala Sesuatu yang berhubungan dengan Korea dan berkaitan dengan Korea pasti selalu laris manis menjadi favorit banyak orang. Bisa dibilang hampir segala sesuatunya digandrungi mulai dari serial drama, musik, gaya fashion, teknologi, hingga kulinernya yang kaya, bener gak sobat??.
Khusus untuk makanan khas Korea memang sangat populer dan semakin dikenal luas. Tidak jarang ada yang bisa menyebutkan sekaligus menjelaskan berbagai nama masakan yang berasal dari Korea apakah sobat mengetahuinya?? Apabila belum mengetahuinya pantengin terus tulisan preview saya kali ini. 

6 Makanan Korea Halal yang Wajib Sobat Coba Sekali Seumur Hidup
6 Makanan Halal Korea
Dengan berbagai macam makanan unik yang berasal dari Korea, jangan Heran kalau sekarang restoran Korea makin lama makin menjamur. Apalagi, sudah banyak sekarang yang menyesuaikan dengan kebutuhan orang Indonesia, ya masakan dengan bahan-bahan yang halal tentunya.
Sobat tentunya tahukan masalah masakan Korea biasanya terletak pada banyaknya bahan baku yang tidak halal. Tidak mengherankan karena memang di sana tidak ditempati banyak umat muslim seperti di Indonesia.
Meski begitu, bukan tidak mungkin kok ada makanan Korea yang halal. Mau tahu apa saja? Simak ulasan saya yang bisa menjadi panduan bagi sobat saat akan jalan-jalan ke kampung halaman Song Hye Kyo nantinya #hehe.

 

Coba jelajahi setiap gang di Seoul. Pasti sobat akan menemukan satu dua atau lebih pojang macha atau jajanan pasar di gerobak yang menjual Tteokbokki. Biasanya, panganan ini dijual dengan wadah kertas atau paper cup. Makanan ini adalah jajanan paling populer di sana.
6 Makanan Korea Halal yang Wajib Sobat Coba Sekali Seumur Hidup
Tteokbokki, sumber : koreanbapsang.com
Pada dasarnya, Tteokbokki adalah adonan dari tepung beras yang dibalur dengan bumbu pedas manis dari cabai merah pasta atau yang dikenal dengan nama Gochujang yang merupakan bumbu wajib di setiap masakan Korea.
Kombinasi dari tekstur kenyal adonan tepung beras dan saus pedas tentunya akan membuat lidah bergoyang lalu ingin lagi dan lagi. Saus dari Tteokbokki mungkin mengandung sayuran dan juga ikan-ikanan, tapi umumnya tidak ada daging yang ditambahkan.

Pernah makan bakwan ala Korea? Kalau belum sobat harus coba Pajeon. Jajanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, dan potongan daun bawang. Mirip bakwankan? Sering kali, Pajeon juga diberikan topping makanan laut seperti udang maupun potongan gurita yang juga disebut (Haemul Pajeon).
6 Makanan Korea Halal yang Wajib Sobat Coba Sekali Seumur Hidup
Pajeon, sumber : koreanbapsang.com
Untuk makan Pajeon sobat bisa menikmatinya saat disajikan dengan dicelup kecap dan juga saus sambal. Bagi sobat yang tidak suka makanan laut, tenang saja. Ada Pajeon yang dibuat tanpa makanan laut, jadi bisa dibilang Pajeon tersebut adalah Pajeonk husus para vegetarian. Nikmati Pajeon dengan segelas kopi atau secangkir teh instan yang ada di sekitaran street food di area yang sama.
Jika sobat ingin menikmati sensasi rasa Pajeon yang berbeda coba sobat datang ke Pajeon Alley yang terletak dekat dengan Kyung Hee University.

Kalau sobat ingin jajanan yang lebih mengenyangkan untuk dicemil, sobat bisa coba Bungeoppang. Jajanan ini adalah jajanan masyarakat Korea sejak jaman dahulu kala.
6 Makanan Korea Halal yang Wajib Sobat Coba Sekali Seumur Hidup
Bungeoppang, sumber : maangchi.com

Biasanya sebuah Bungeoppang akan berisi pasta kacang merah, krim custard, atau bahkan keju. Hmm, membayangkannya sungguh sangat nikmat bukan sob?

Di sisi lain ada yang namanya Gyeranppang, kombinasi semua menu sarapan. Jajanan ini pada dasarnya adalah roti yang dilengkapi dengan telur. 
6 Makanan Korea Halal yang Wajib Sobat Coba Sekali Seumur Hidup
Gyeranppang, sumber : lihatresep.com
Biasanya telur akan dimasak di atas roti yang bolong di tengahnya, lalu ditaburi dengan serpihan parsley. Jajanan yang nikmat nan praktis untuk sarapankan.

Mungkin ini adalah jajanan yang paling membuat tergiur di antara jajanan lainnya jika sobat adalah seorang pecinta seafood. Twigim adalah gorengan tempura yang digoreng sampai garing. Twigim biasanya adalah gorengan udang, cumi-cumi, gurita. Bahkan ada Twigim khusus para vegetarian yang berupa bayam, dan yang terbaik adalah ubi.
6 Makanan Korea Halal yang Wajib Sobat Coba Sekali Seumur Hidup
Twigim, sumber : 90daykorean.com
Hampir semua kedai Twigim menjual dua jenis bahan, baik dari makanan laut maupun sayuran. Beberapa juga menjajakan mandu atau bakpau yang memiliki isian daging. Mungkin sobat mau menghindari itu karena meragukan kehalalannya.

Belum jalan-jalan ke Korea kalau belum mencoba kimbap, versi lain dari sushinya Jepang. Beras khusus yang dimasak khusus hingga menjadi nasi dililit dengan selembar rumput laut atau nori. Sebelum digulung, di atas nasi diletakkan sayuran, kimchi, tofu dan makanan laut.
 
6 Makanan Korea Halal yang Wajib Sobat Coba Sekali Seumur Hidup
Chamci Kimbap, sumber : maangchi.com
Biasanya juga ada yang diisi dengan daging cincang, tapi mungkin sobat ingin menghindari versi ini untuk memastikan kehalalannya. Sobat bisa pilih yang berisi tuna atau Chamchi Kimbap. Jadi sobat tetap bisa menikmati setiap gigitannya dengan tenang.

Baiklah sekian preview saya mengenai 6 makanan halal yang bisa dan wajib sobat cicipi di Korea, dan apabila sobat memiliki rencana ke Korea dalam waktu dekat segera booking tiket Garuda untuk pengalaman berangkat ke Korea yang menyenangkan, dan Supaya lebih mudah dan murah jangan lupa sobat beli tiket di Reservasi.com aja ya, baiklan sob sampai jumpa lagi di preview saya berikutnya.(RAA)


Baca juga : Redzone Cafe