Sabtu, 22 April 2017

SATU Indonesia Award, Dari Astra Untuk Generasi Muda Balikpapan Penerang Bangsa

Apa? Indonesia negara dengan begitu banyak pulau dan beragam suku bangsa di dunia ini sangat kaya akan keberagaman budaya dan culture serta bahasa daerah yang tentunya menjadi ciri khas yang tidak boleh terlupakan oleh pemuda pemudi Indonesia saat ini karena sebagai negara yang sedang tumbuh dan berkembang memerlukan tonggak awal untuk terus maju dan melangkah dalam meningkatkan pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan serta ekonomi. 
SATU Indonesia Award, Dari Astra Untuk Generasi Muda Indonesia Penerang Bangsa
SATU Indonesia Awards 2017, courtesy : satu-indonesia.com
Namun selama ini pembangunan yang sedang berjalan belum mampu dan bisa untuk mensejahterakan seluruh rakyat Indonesia teruatama di Balikpapan, hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran kita bahwa pembangunan bangsa ini merupakan tanggung jawab kita bersama, sehingga kita harus bangkit dan saling bergotong-royong untuk mengatasi permasalahan tersebut. 
Pemuda pemudi Indonesia terutama di Balikpapan merupakan tonggak dan penerus pembangunan Balikpapan dan bangsa ini, untuk saat ini mulai banyak pemuda dan pemudi Indonesia yang mulai sadar dan bangkit untuk mensejahterakan rakyat Indonesia terutama pemuda pemudi yang ada di Balikpapan, banyak pemuda pemudi balikpapan yang rela mengabdi di pelosok negeri untuk mengembangkan daerah tersebut, meski dalam kondisi dilapangan wilayah tersebut belum terjamah pembangunan dan minimnya fasilitas yang ada, karena pemuda pemudi tersebut memiliki tekad yang kuat untuk menjadikan daerah dari pelosok negeri terutama di Balikpapan menjadi mandiri dan bisa keluar dari garis kemiskinan.
Kilang Minyak sumber penghasilan Balikpapan, courtesy : depe-es.blogspot.co.id
Dengan semangat pemuda pemudi yang kuat untuk mensejahterakan dan memajukan bangsa ini maka PT. Astra Internasional memberikan semacam award yang tentunya untuk mengapresiasikanapa yang telah dilaksanakan oleh Pemuda Pemudi tersebut. Semangat Astra Terpadu Indonesia Awards atau yang lebih dikenal SATU Indonesia Awards merupakan penghargaan yang memiliki kontribusi positif untuk menghasilkan pemuda pemudi kreatif yang akan mampu mewujudkan masyarakat Indonesia yang lebih baik. 
SATU Indonesia Awards dibentuk pada tahun 2010 untuk menjadikan pemuda pemudi generasi muda yang kreatif dan peduli terhadap lingkungan serta masyarakat sekitar khususnya di daerah Balikpapan dan sekitarnya, generasi pemuda pemudi tersebut juga diharapkan mau dan mampu membantu serta berkontribusi dalam memberdayakan masyarakat melalui pelatihan pelatihan yang bernilai positif yang kedepannya akan menjadikan masyarakat yang mandiri dan mampu bersaing di era digital sekarang ini. 
SATU Indonesia Award, Dari Astra Untuk Generasi Muda Indonesia Penerang Bangsa
Apriliawan Hadi yang berhasil mendapatkan SATU Indonesia Awards, courtesy : satu-indonesia.com
Salah satu yang berhasil meraih SATU Indonesia Awards pada 2015 yaitu Apriliawan Hadi mengungkapkan keprihatinannya terhadap peternak di kampung halamannya di desa Sragi Banyuwangi, masalah yang dihadapi oleh peternak di kampung halamannya tersebut berupa susu hasil panen yang tidak bertahan lama serta tingginya kandungan bakteri patogen yang tidak baik bagi kesehatan sehingga membuat peternak kesulitan dalam menjual hasil panen susu tersebut. 
Hadi akhirnya menciptakan alat pasteuerisasi yang disertai dengan teknologo pasteurisasi modern menggunakan kejut listrik yang diberi nama Latter Electricity (LE), LE melalui CV Inonasiana Anak Negeri dikembangkan menjadi dua jenis berdasarkan kapasitasnya, yakni 20 Liter dan kapasitas 1,2 ton liter. 
Inovasi Hadi tidak berhenti sampai disitu namun sekarang Hadi mulai mengembangkan inovasi dibidang pembuatan keju dan yoghurt yang berkaitan dengan mesin LE buatannya. Mesin LE ini merupakan harapan bagi peternak di kampung halamannya yang bisa membantu susu bertahan lebih lama dan mengurangi kandungan bakteri patogen secara signifikan. 
Apriliawan Hadi merupakan salah satu dari 39 orang yang berhasil mendapatkan SATU Indonesia Awards yang telah berkarya dibidang pendidikan, kesehatan, wirausaha, dan teknologi. Program SATU Indonesia awards kali ini diselenggarakan untuk mencari generasi terpilih dengan usia antara 20 hingga 35 tahun yang akan membantu memberi konribusi positif demi kemajuan dan kesejahteraan masyrakat. 
Daerah miskin yang harus diperhatikan oleh pemuda pemudi Balikpapan, courtesy : nusantara.news
Tentunya hal yang sama  akan bisa dilakukan oleh pemuda pemudi yang ada di Balikpapan dan sekitarnya.
Dalam rangka memperingati 60 Tahun HUT Astra, akan dikucurkan bantuan dana sebesar Rp 60 juta untuk program pengembangan masyarakat melalui penerima apresiasi tingkat nasional.

Adapun persyaratan untuk mengikuti program SATU Indonesia awards terdiri dari : 
  1. Berusia maksimal 35 tahun
  2. Individu atau kelompok dengan jumlah minimal 3 orang
  3. Memiliki kegiatan yang orisinal
  4. Penggiat/kegiatannya telah berlangsung minimal 1 tahun
  5. Belum pernah menerima penghargaan nasional/internasional
  6. Bukan karyawan Grup Astra dan Tempo Media Group
  7. Dapat mendaftarkan orang lain yang memenuhi persyaratan dan ketentuan mengikuti SATU Indonesia Awards 2017

Kegiatan-kegiatan dengan kontribusi dan berdampak pada perubahan di nilai berdasarkan parameter sebagai berikut:

  1. Motif: Ide awal, jenis kegiatan, tujuan/motivasi/sasaran, bidang prestasi, usaha untuk mewujudkan dan pihak-pihak yang bekerjasama dan lembaga pendanaan.
  2. Hasil: Kegiatan dan hasil yang telah diciptakan.
  3. Jangkauan: Jumlah dan dampak pada orang atau sistem yang telah dibangun melalui program-program yang telah dilakukan
  4. Kesinambungan: Menilai komitmen untuk melanjutkan kegiatan.

Yang menjadi dewan juri dari program SATU Indonesia Awards adalah :

  1. Prof. Emil Salim, Prof. Nila Moeloek (Menteri Kesehatan Republik Indonesia)
  2. Prof. Fasli Jalal (Wakil Menteri Pendidikan Nasional RI periode 2010-2012 dan Guru Besar Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta)
  3. Ir. Tri Mumpuni (Pendiri Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan) dan
  4. Onno W. Purbo Ph.D. (Pakar Teknologi Informasi)

Yang menjadi dewan juri dari pihak Astra adalah :

  1. Yulian Warman (Head Of Public Relations Division PT Astra International Tbk.)
  2.  Riza Deliansyah (Head Of Environment adn Social Responsibility Division PT Astra International Tbk.)
  3. Bambang Harymurti (Redaktur Senior Tempo)
Jadi segera daftarkan diri kalian sobat, terutama bagi sobat yang  berdomisili di Balikpapan maupun diseluruh penjuru negeri ini yang bisa membantu masyarakat sekitar dan memiliki kriteria seperti tersebut di atas untuk mendaftarkan diri menjadi peserta SATU Indonesia Awards di www.satu-Indonesia.com pendaftaran dilaksanakan mulai dari tanggal 20 Maret 2017 hingga 10 Agustus 2017.
Dari Astra bagi Indonesia, melalui SATU Indonesia Awards mari tingkatkan kepedulian terhadap masyarakat sekitar dengan memberikan kontribusi dibidang pendidikan, kesehatan, wirausaha, dan teknologi, serta tebarkan semangat inspirasi 60 tahun Astra bersama generasi pemuda pemudi bangsa yang peduli terhadap kemajuan bangsa, jayalah terus Indonesia.(RAA)
Klik Disini Untuk Memberikan Komentar

0 komentar