Kamis, 27 April 2017

Balikpapan Kota yang Penuh Inspirasi dengan Sistem dan Tatanan Kehidupan yang Rapi

Apa? Balikpapan merupakan kota yang terbilang paling sukses di Kalimantan Timur diukur dari kemampuan finansial yang dihasilkan dari pariwisata, bisnis, investasi, inovasi, dan program sosial budayanya, dengan luas sekitar 508,39 Kilometer persegi dengan kontur geografis yang berbukit dan dataran sempit serta diselingi dengan pesisir pantai, Balikpapan merupakan kota yang memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah. 
Motto Kota Balikpapan
Citra satelit dari wilayah Kota Balikpapan, courtesy : Google Earth
Balikpapan pernah mendapatkan nominasi sebagai kota paling dicintai di dunia versi WWF melalui program We Love Cities tahun 2015 kemarin, prestasi lain yang dimiliki oleh Balikpapan yaitu mendapatkan penghargaan sebagai kota dengan tingkat kenyamanan dan kualitas tertinggi di Indonesia oleh Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia. 

Pemandangan memukau Kota Balikpapan yang tertata rapi, courtesy : skyscrapercity.com
Jadi bagaimana Balikpapan memberikan inspirasi di dalam membangun kota penuh prestasi kepada kota lainnya? Yaitu melalui masyarakatnya yang mempercayai bahwa Balikpapan selalu memiliki hal-hal baru yang bisa dilakukan setiap harinya. Selain itu Balikpapan merupakan kota yang bebas banjir dikarenakan sistem drainasenya yang tertata dengan baik, serta bebas dari kemacetan yang kerap melanda di kota-kota lainnya.
Dengan jumlah penduduk yang mencapai 736 ribu jiwa merupakan 22% jumlah penduduk dari Provinsi Kalimantan Timur, fasilitas yang disediakan oleh Kota Balikpapan untuk masyarakatnya terbilang lengkap dan komplit, seperti Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan yang merupakan bandara kelas internasional, kemudian hadir pusat perbelanjaan besar, gedung-gedung apartemen, gedung perkantoran, serta restoran bertaraf nasional dan internasional juga hadir melengkapi fasilitas yang ada. 
 
Suasana Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, courtesy : klikbalikpapan.co
Tidak lupa fasilitas kesehatan juga disediakan untuk menunjang kesehatan masyarakatnya eperti Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Swasta yang tentunya sudah bertaraf internasional.
Fasilitas kilang minyak yang ada di Balikpapan, courtesy : mobitekno.com
Pengelolaan bisnis pertambangan dan kilang minyak yang ada di Kota Balikpapan tidak lantas menjadikan kota ini menjadi gersang dan kotor, namun taman dan hutan kota banyak tersebar diseantero kota yang menjadikan ekosistem yang ada tetap terjaga serta lestari, maka pantaslah Balikpapan pernah mendapatkan predikat sebagai kota paling bersih se-Asean di tiga katergori yaitu clean water, clean land dan clean air. 
 
Hutan Kota yang ada di Balikpapan, courtesy : wisataindonesia.co.id
Pada sektor perdagangan pengusaha lokal benar-benar diperhatikan oleh pemerintah kota Balikpapan dengan cara mengatur jarak serta jam operasional pengusaha lokal tersebut, selain itu pengusaha luar dilarang untuk beroperasi untuk memberikan ruang bagi pengusaha lokal untuk berkembang.
Kota Balikpapan memang layak disebut sebagai kota yang penuh inspirasi karena pengelolaan dan penataan sistem dibeberapa aspek yang tentunya bisa menjadi pembelajaran bagi kota-kota lainnya di Indonesia. 

SATU Indonesia Awards 2017, courtesy : satu-indonesia.com
PT. Astra International TBK dalam rangka untuk memberikan penghargaan bagi Kota Balikpapan sebagai kota yang penuh inspirasi, Astra melalui SATU Indonesia Awards memberikan apresiasi untuk pengembangan sumberdaya manusia yang ada di Indonesia khususnya Kota Balikpapan untuk terus memberikan serta mengerahkan kemampuan terbaiknya menghasilkan putra-putri terbaik bangsa yang mampu bersaing di era globalisasi seperti saat ini namun tidak melupakan kampung halamannya sendiri yaitu Kota Balikpapan.
Melalui semangat HUT Astra ke 60 semoga semakin banyak generasi muda yang akan terus menjaga serta menyokong pembangunan Balikpapan sehingga tongkat estafet pembangunan akan terus berlanjut secara berkesinambungan #Astra60Balikpapan.(RAA
 
Klik Disini Untuk Memberikan Komentar

0 komentar