ASUS ROG GX800, Notebook Gaming Paling Buas Seharga Mobil

10.54.00 Review Apa Aja 0 Comments

Apa? Sobat apa jadinya apabila sebuah notebook gaming yang memiliki spek gahar dibanderol dengan harga yang sangat fantastis, harga setara satu buah mobil? tentunya sobat akan terpukau serta takjub dibuatnya, Notebook seharga mobil ternyata memang ada di dalam sosok ASUS ROG GX800.
ASUS ROG GX800, sumber : www.rog.asus.com
ASUS sebagai vendor notebook nomor satu di dunia tentunya tidak main-main dalam menentukan banderol harga ASUS ROG GX800, karena spesifikasi yang diusungnya juga tidak main-main bahkan termasuk dalam jajaran notebook kelas 'dewa' dan tentunya akan menjadi impian bagi semua gamer di seluruh dunia, berikut ini review singkat mengenai ASUS ROG GX800 khusus untuk sobat sekalian.


Sobat ASUS ROG GX800 ini ditanamkan prosesor Intel Core i7-7820HK yang sangat powerful karena Intel Core i7-7820HK merupakan prosesor terbaru dari Intel dengan arsitektur berbasiskan Kaby Lake yang merupakan penyempurnaan dari prosesor generasi sebelumnya, Prosesor berbasis Kaby Lake tentunya lebih efisien serta bertenaga.
Prosesor ASUS ROG GX800 ini bisa overclock dengan menggunakan tools khusus yang telah disediakan oleh ASUS sehingga sobat bisamenghasilkan kecepatan clock speed yang sangat tinggi hingga 4.6Ghz, dengan tingginya angka clock speed ini tentunya akan meningkatkan kinerja serta kemampuan untuk memproses segala aktifitas gaming seperti meningkatkan frame rate (fps) game, hal ini tentunya akan sangat memuaskan bagi sobat gamer yang ingin memainkan game dengan lancar tanpa ada masalah sedikitpun, selain untuk bermain game, dengan kecepatan clock speed yang sangat tinggi tersebut ASUS ROG GX800 ini juga bisa digunakan untuk rendering 3D/Video editing dengan waktu yang cukup singkat, dan bisa digunakan untuk membuka berbagai macam aplikasi sekaligus.
Berikut ini terdapat perbandingan beberapa procesor Intel dengan Intel Core i7-7820HK :
Hasil benchmark Intel Core i7-780HK, courtesy : https://cpubenchmark.net/
Dilihat dari grafis di atas Intel Core i7-7820HK mendapatkan skor yang cukup tinggi yaitu 10,253.


Dengan prosesor Intel Core i7-7820 HK Kaby Lake yang sangat powerful rasanya sangat wajar apabila kartu grafis yang digunakan pada ASUS ROG GX800 ini juga harus yang powerful. Maka ASUS memilih untuk membenamkan Kartu Grafis dari NVidia yaitu NVidia 2 Way SLI GeForce GTX 1080, maksud dari 2 Way SLI GeForce GTX 1080 ini yaitu terdapat dua buah kartu grafis GTX 1080 pada ASUS ROG GX800. 
NVidia GeForce GTX1080, courtesy : www.nvidia.com
Bayangkan saja sobat, satu kartu grafis NVidia GeForce GTX 1080 yang berbasis pascal ini saja sudah sangat gahar serta memiliki spesifikasi yang sangat luar bisa yaitu VRAM sebesar 8 GB GDDR5X dengan jalur memori bus selebar 256 bit berkecepatan 10 Gbps, Tentunya dengan penggabungan dua buah kartu grafis ini tentunya akan menghasilkan performa dan kinerja yang sangat 'dewa'.

VR Ready, sourtesy : www.scan.co.uk
Tidak hanya itu saja kartu grafis ini juga telah didukung dengan fitur VR Ready, NVidia G-Sync, Vulkan API, OpenGL, semua fitur ini demi pengalaman yang optimal dalam bermain game.


ASUS ROG GX800 dibekali dengan memori/RAM yang sangat besar yaitu 64GB DDR4 2800Mhz berteknologi terbaru untuk menyokong prosesor dan kartu grafis, sehingga kecepatan, dan performa dari ASUS ROG GX800 semakin meningkat, sobat tidak perlu repot-repot lagi untuk menambah RAM lagi.



Untuk menyimpan segala macam data serta sistem operasi pada ROG GX800 ini ASUS telah menyematkan media penyimpanan yang sangat cepat berbasis SSD (solid State Drive) berjumlah 3 buah, media penyimpanan ini merupakan buatan Samsung dengan tipe SM951 yang diklaim merupakan SSD paling cepat saat ini Sobat.
Media penyimpanan ini memiliki fitur NVMe (Non Volatile Memory Express) yang kegunaannya untuk meningkatkan serta memaksimalkan kecepatan bandwithnya dengan memanfaatkan slot PCIE Generasi ke-3 M.2.
Selain itu slot PCIE4 memiliki kemampuan dan kecepatan dibandingkan dengan SATA3 dan merupakan koneksi media penyimpanan paling cepat saat ini yaitu 20GB perdetik. selain itu penggunaan PCIE4 juga diklaim lebih aman dan tahan lama apabila salah satu SSD mengalami masalah atau rusak, maka tidak akan mempengaruhi SSD yang lainnya.



Berdasarkan hasil benchmark SSD di atas dapat dilihat kecepatan SSD juga akan semakin meningkat apabila sobat menggunakan mode yang berbeda pada saat menggunakan ROG GX800.
Oh ya ROG GX800 ini sudah dibundle dengan sistem operasi Windows 10 Home Edition original dari Microsoft loh sobat.




Sobat ASUS ROG GX800 ini memiliki bentang layar sebesar 18.3 inci, ukuran layar seperti ini merupakan ukuran yang sangat besar untuk sebuah notebook, namun hal ini dirasa pantas karena kebutuhan untuk bermain game dilayar yang besar sangat diinginkan oleh para hardcore gamer.

Layar 18.3 inci dengan resolusi Ultra HD

Layarnya memiliki finishing matte yang memiliki fungsi untuk menjaga supaya mata tidak mudah lelah saat menggunakan ROG GX800 ini pada jangka waktu yang lama, selain itu manfaat finishing matte juga bisa membantu meredam pantulan sinar cahaya dari luar.
Sobat Layar ROG GX800 memiliki resolusi Ultra HD atau biasa disebut 4K (3840x2160) dan juga telah dilengkapi dengan refresh rate sebesar 60Hz tidak lupa ASUS juga telah menyematkan teknologi IPS pada layar tersebut yang tentunya akan meningkatkan akurasi serta reproduksi dari gambar yang ditampilkan pada layar.


G-sync

ASUS Splendid Technology

Fitur lain yang terdapat pada layar ROG GX800 ini adalah NVidia G-Sync yang akan memperhalus gambar dengan menyesuaikan refresh rate layar, yang akan meminimalisir gerakan patah-patah pada saat bermain game, kemudian terdapat fitur Splendid Display yang memiliki empat mode yaitu normal mode, eye care mode, vivid mode, dan manual mode, sobat bisa memilih pengaturan serta mode yang cocok bagi sobat saat menggunakan ROG GX800 ini.


Sobat desain ASUS ROG GX800 sekilas terlihat mirip dan sama persis dengan pendahulunya ROG GX700, warna metallic grey membalut seluruh body dari ROG GX800 ini, pada bagian tengahnya terdapat logo ASUS dan dua buah garis orange yang bisa menyala, terlihat cukup keren sobat.


Panel LIDnya terbuat dari alumunium begitu pula dengan area sekitar keyboard, dibagian bawah body ROG GX800 ini dibuat dengan material plastik khusus hal ini untuk memudahkan mengakses kompartemen yang menyimpan HDD, SSD, dan RAM.
Sobat ASUS ROG GX800 ini memiliki dimensi sekitar 45.8 cm x 33.8 cm dan beratnya sekitar 5,7 Kg dengan ketebalan sekitar 45 mm, bobot serta beratnya tersebut sangat jauh berbeda dibanding dengan para pendahulunya.




Hal yang sangat spesial dari ASUS ROG GX800 ini adalah dengan semakin meningkatnya kemampuan docking watercooling yang bermanfaat untuk mendingingkan GX800 dengan mengalirkan dua buah GPU sekaligus CPU karena docking tersebut seperti sebuah radiator yang akan terus mendinginkan.

Docking pendingin
Desain dari docking watercooling ini sama persis dengan sistem pendingin yang ada pada sebuah mobil, selain itu cara penggunaan docking ini pun terbilang cukup mudah karena sobat hanya tinggal mengaitkan konektor yang ada di GX800 dengan yang ada di docking.

Docking pendingin seperti radiator mobil

Konektor docking pendingin
Namun pada saat menggunakan docking maka sobat akan mustahil bisa memindahkan atau membawa GX800 kemana-mana karena bobotnya yang sangat berat sekitar 4,7kg dan apabila digabungkan dengan bobot GX800 maka akan menjadi sekitar 10,4 kg.
Namun saat tidak menggunakan docking sobat jangan khawatir GX800 sobat akan menjadi panas karena di dalam notebook ini sudah terdapat kipas yang cukup besar dengan daya rotasi yang bisa diatur untuk pendinginan maksimum sehingga sobat bisa menggunakan GX800 untuk aktifitas sehari-hari diluar bermain game.



Untuk keyboardnya sendiri ASUS tampaknya sudah beralih dengan menggunakan RGB keyboard yang dapat memancarkan bermacam warna serta bisa disesuaikan sehingga sesuai dengan keinginan sobat, untuk menyesuaikan cahaya lampunya bisa melalui ROG Aura yang terdapat pada ROG Gaming Center.

Keyboard dengan lampu RGB
selain itu keyboardnya kini telah menggunakan mekanikal keyboard yang lebih nyaman serta awet dan tahan lama, saat memencet tombolnya pun menjadi lebih lembut dan empuk, khusus untuk tombol WASD diberikan aksen warna putih dan sedikit bold disekelilingnya.

Tombol WASD
Logo ROG yang bisa menyala
Trackpad yang dihadirkan juga sangat responsive dan memiliki daya jelajah yang cukup luas, tombol trackpad cukup empuk saat ditekan dan dibuat dengan material yang sangat baik.
Ada satu hal yang cukup menarik yaitu terdapat logo ROG pada sebelah kanan GX800 yang akan menyala berwarna-warni ketika perangkat dinyalakan.



ASUS juga menghadirkan ASUS GameFirst III pada ROG GX800 ini karena akan mengoptimalkan koneksi internet saat bermain game, dan sobat tidak perlu khawatir akan koneksi yang putus nyambung saat bermain game dengan ASUS GameFirst III koneksi internet akan diutamakan untuk bermain game, sedangkan aplikasi lain yang menggunakan internet akan dikurangi bandwithnya.

ASUS GameFirst III
Di bawah ini terdapat hasil benchmark ASUS ROG GX800 saat menggunakan tiga buah mode yang terdiri dari standar, optimized, dan extreme, sobat bisa memperhatikan gambar screenshot tersebut saat perangkat ditingkatkan modenya dari standar menuju ke optimized dan extreme maka kemampuan GX800 meningkat secara drastis.
Berikut screenshot hasil benchmark ASUS ROG GX800 pada masing-masing mode : 

MODE NORMAL

MODE OPTIMIZED

MODE EXTREME 

Untuk lebih menyakinkan bahwa bermain game menggunakan ASUS ROG GX800 sangat menyenangkan serta bertenanga, berikut ini ada beberapa screenshot dalam game yang akan menunjukkan betapa gahar dan buasnya GX800 dalam melahap game-game yang ada apalagi pas digunakan dengan menggunakan mode extreme yang  kencang dan powerful :
 


ASUS ROG GX800 memiliki port HDMI 2.0 untuk memfasilitasi monitor 4K, kemudian terdapat display port 1.3 yang mendukung monitor 8K bagi sobat yang merasa kurang puas dengan monitor 4K, kemudian terdapat 2 buah USB 3.1 type C yang telah mendukung Thunderbolt 3.0, 3 buah USB Type A, Headphone jack, mic jack, serta 2-1 card reader, tidak ketinggalan juga LAN port dan Kensington lock.
Konektor yang ada di ROG GX800
Konektor lain yang ada di ROG GX800
ASUS ROG GX800 juga dilengkapi dengan WIFI antenna eksternal yang akan membuat GX800 dalam menangkap sinyal lebih baik dibandingkan dengan WIFI antenna standar, daya jangkau WIFI antenna eksternal ini bisa ditingkatkan hingga 50 persen lebih baik.
WIFI antenna eksternal
Speaker
Dual array microphones
Kemudian untuk mendukung multiplayer gaming yang membutuhkan real time video chat yang lagi tren, maka ASUS menyematkan fitur dual array microphones yang dapat menangkap suara dengan jernih tanpa terganggu dengan suara lingkungan sekitar, teknologi noise supression akan membuat suara sobat bisa terdengar dengan jelas tanpa terganggu.


Dengan semua kemampuan dan spesifikasi kelas 'Dewa' yang ditawarkan oleh ASUS ROG GX800 ini rasanya wajar kalau harganya dibanderol hampir setara dengan 1 buah mobil yaitu  Rp. 95.499.000,-, harga yang cukup fantastis bukan sob?
Pada paket penjualannya ASUS ROG GX800 memberikan satu buah mouse Gladius yang merupakan mouse gaming yang dapat di set DPI-nya hingga 6400 dan cukup ideal untuk digunakan pada game First Person Shooter. 




Setelah puas membahas review ASUS ROG GX800 diatas, maka didapat kesimpulan yang dapat saya berikan mengenai ASUS ROG GX800 ini kepada sobat sekalian :
ASUS ROG GX800 merupakan perangkat notebook gaming no 1 saat ini dan merupakan perangkat yang menawarkan kemampuan serta teknologi terbaru yang dapat sobat pergunakan untuk mendapatkan pengalaman bermain game secara maksimal serta tanpa kendala.
Spesifikasi dan kemampuan yang ditawarkan tidaklah main-main karena ASUS menghadirkan ROG GX800 ini sebagai janji bagi penggemar game hardcore yang membutuhkan sebuah notebook yang spesial, kuat, dan bisa diajak bermain game dalam waktu yang cukup lama.
namun dengan harganya yang tidak murah rasanya saya dan sobat mesti menabung dari sekarang untuk mendapatkan notebook ini, kecuali bagi sobat yang memang memiliki uang sangat banyak, atau bagi sobat yang memiliki tambang minyak segera dapatkan ASUS ROG GX800 di ASUS ROG Store terdekat di kota sobat.
Baiklah sobat sekian review saya mengenai ASUS ROG GX800 ini semoga bisa memberikan pencerahan bagi sobat yang ingin meminangnya, dan jangan lupa mulai menabung dari sekarang.(RAA)



Courtesy :
https://www.asus.com/Notebooks/ROG-GX800VH-7th-Gen-Intel-Core/
press release ASUS ROG GX800
https://ark.intel.com/products/97464/Intel-Core-i7-7820HK-Processor-8M-Cache-up-to-3_90-GHz