Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia

13.27.00 Review Apa Aja 0 Comments

Apa? Pontianak, kota yang terletak tepat di garis khatulistiwa ini merupakan ibukota provinsi Kalimantan Barat, dengan luas wilayah sebesar 107,82 kilometer persegi Pontianak mulai berbenah diri untuk mengembangkan pariwisatanya karena pariwisata merupakan target utama pemerintah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah, untuk mewujudkan hal tersebut berbagai macam aspek yang perlu ditingkatkan serta dimaksimalkan, sobat pasti bertanya-tanya apa yang akan saya bahas pada tulisan saya kali ini, ya pada kali ini saya akan membahas mengenai pariwisita yang mulai digalakan di Kota Pontianak tercinta ini sobat, sehingga Kota Pontianak mampu untuk memimpin kota-kota lain yang ada di Kalimantan Barat untuk menjadi pioner dalam obyek wisata Kalimantan Barat.
Kota Pontianak dalam mengembangkan pariwisatanya memiliki berbagai macam upaya seperti meningkatkan serta menyediakan fasilitas-fasilitas baru untuk mendukung obyek-obyek wisata yang ada sobat, karena obyek wisata yang tersedia di Kota Pontianak ini cukup beragam mulai dari obyek peninggalan sejarah, kuliner yang khas dan unik, adat istiadat dan budaya yang menarik, dan banyak lagi obyek wisata yang seharusnya bisa dieksplor sobat di Kota Pontianak ini namun sayang banyak terlupakan serta tak terawat, selain menyediakan fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan Kota Pontianak juga mulai gencar mempromosikan pariwisatanya baik itu melalui media cetak, televisi, bahkan sudah mulai merambah ke jejaring wisata Kalimantan Barat dan media sosial.
Untuk lebih jelas serta lebih memahami mengenai obyek wisata yang ada di Kota Pontianak maupun yang sedang diperkenalkan, saya akan membahasnya satu persatu sobat, yuk kita mulai dari :

OBYEK PENINGGALAN SEJARAH

Sangat banyak peninggalan sejarah yang terdapat di Kota Pontianak seperti Keraton Kesultanan Kadariyah Pontianak, Masjid Jami’ Pontianak, Kampung Budaya Beting, Tugu Khatulistiwa, dan Museum Provinsi Kalimantan Barat, obyek peninggalan sejarah tersebut bisa sobat kunjungi dan eksplor untuk mengetahui mengenai sejarah Kota Pontianak.
  • Keraton Kesultanan Kadariyah Pontianak
Keraton Kesultanan Kadariyah merupakan obyek peninggalan sejarah yang memiliki banyak cerita dan sejarah di dalamnya, karena Keraton Kesultanan Kadariyah merupakan awal mula dan titik awal berdirinya Kota Pontianak karena Keraton Kesultanan Kadariyan didirikan oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yang merupakan Sultan pertama Kota Pontianak yang juga merupakan pendiri Kota Pontianak pada tahun 1771M dan baru selesai pada tahun 1778M.

Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Keraton Kesultanan Kadariyah Pontianak, Sumber : kesultanankadriah.blogspot.co.id
Bangunan Keraton dibangun dari Kayu Belian dan bangunan keraton didominasi oleh warna kuning, pada bagian tengah, depan, dan kiri keraton sobat dapat menjumpai 13 meriam kuno buatan  Portugis dan Perancis, di keraton ini sobat bisa menjumpai berbagai macam benda kuno dan unik seperti genta, cermin antik dari Perancis yang sering disebut sebagai “kaca seribu”, foto-foto keluarga kesultanan, dan benda-benda kuno serta antik lainnya.
 Untuk mengunjungi Keraton Kesultanan Kadariyah Pontianak ini sobat bisa menggunakan jalur darat maupun jalur sungai yang keduanya sangat mudah untuk diakses, melalui jalur darat sobat bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat, sedangkan untuk jalur sungai sobat bisa menggunakan perahu sampan maupun speedboat dari pelabuhan senghie.
  • Masjid Jami’ Pontianak
Masjid Jami’ Pontianak atau bisa juga disebut dengan Masjid Jami’ Sultan Abdurahman berlokasi tidak jauh dari Keraton Kesultanan Kadariyah karena dibangun pada saat yang bersamaan dengan dibangunnya Keraton Kesultanan Kadariyah, Masjid Jami’ Pontianak dapat menampung sekitar 1.500 jamaah shalat.

Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Masjid Jami' Pontianak, Sumber : bujangmasjid.blogspot.co.id
Bangunan Masjid Jami’ Pontianak didominasi dengan warna kuning, pada bagian dalam masjid terdapat enam pilar dari kayu belian berdiameter setengah meter yang cukup unik karena dua orang dewasa tidak mampu memeluk secara penuh lingkaran pilar tersebut, masjid jami memiliki mimbar untuk khutbah yang berbentuk seperti geladak kapal. Secara keseluruhan tidak banyak perubahan yang terjadi pada masjid jami’ ini dari zaman dulu hingga sekarang,  Masjid Jami’ Pontianak masih tetap eksis dengan wajah lamanya menembus zaman.
  • Kampung Budaya Beting
Kampung Budaya Beting merupakan kampung yang berlokasi tepat dibelakang Masjid Jami’ Pontianak yang terus terjaga kelestariannya dari masa lalu hingga saat ini, Kampung Budaya Beting ini didirikan di daerah di atas pertemuan dua sungai yaitu sungai Landak dan Sungai Kapuas, bangunan dan rumah yang ada di Kampung Budaya Beting ini benar-benar dibangun di atas aliran sungai dengan jembatan kayu yang menghubungkan satu rumah ke rumah lainnya.
Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Kampung Budaya Beting, Sumber : Pontianak Post
Eksotisme kehidupan pinggir sungai sangat nyata terpampang di Kampung Budaya Beting ini. Mulai dari mandi, mencuci, hingga transportasi pun menggunakan sungai, karena dari zaman Kesultanan Pontianak kehidupan masyarakatnya sangat dekat dengan keberadaan sungai.Kampung Budaya Beting wajib sobat lihat saat mengunjungi Kota Pontianak, karena sobat “belum sampai ke Kote Pontianak, kalau belum sampai ke Betingnya” dan untuk mengunjungi Kampung Budaya Beting ini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena sobat bisa mengunjunginya dengan jalur darat maupun jalur sungai, karena lokasi Kampung Beting berdekatan dengan Masjid Jami’ Pontianak dan Keraton Kesultanan Kadariyah maka sobat bisa mengunjunginya sekaligus.
  • Tugu Khatulistiwa Pontianak
Tak lengkap rasanya apabila sobat berkunjung ke Kota Pontianak namun tidak mengunjungi Icon Kota Pontianak yaitu Tugu Khatulistiwa, karena tugu inilah Kota Pontianak mendapatkan julukan kota Khatulistiwa karena Tugu Khatulistiwa ini merupakan penunjuk arah jalur perlintasan garis O derajat yang melalui Kota Pontianak.
Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Tugu Khatulistiwa Pontianak, Sumber : khatulistiwapark.com
Tugu Khatulistiwa berjarak 3 Km dari pusat kota, bertempat di Jalan Khatulistiwa menuju keluar kota, untuk dapat mengunjunginya sobat bisa menggunakan jalur darat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Hanya ada 12 negara di dunia yang dilintasi garis khatulistiwa. Namun hanya ada 1 kota yang persis memisahkan belahan bumi utara dan selatan, yakni Kota Pontianak. Sobat tepat di titik tersebut saat mengunjungi Tugu Khatulistiwa Pontianak ini. 
  • Museum Provinsi Kalimantan Barat
Museum Provinsi Kalimantan Barat merupakan satu-satunya museum yang terdapat di Kota Pontianak, museum ini menyimpan berbagai macam benda bernilai sejarah, peninggalan sejarah tersebut meliputi peninggalan dari suku melayu, suku dayak, dan suku tionghoa yang merupakan suku asli yang ada di Kalimantan Barat.
Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Museum Provinsi Kalimantan Barat, Sumber : pontianak.kotamini.com
Museum Provinsi Kalimantan Barat juga memiliki koleksi geologi berupa peta dan jenis batuan unik, koleksi biologika berupa tumbuhan, binatang dan tengkorang manusia, koleksi arkeologi seperti kapak perimbas, beliung, kapak persegi dan lain-lain, koleksi historika yang bernilai sejarah seperti pakaian sultan, pistol VOC, koleksi numistika serta koleksi heraldika berupa mata uang kuno, tanda jasa, cap/setempel dan keramologika berupa tempayan, piring, mangkuk  dan gerabah. Untuk mengunjungi Museum Provinsi Kalimantan Barat cukup mudah karena lokasinya yang berada di pusat kota, dan memiliki akses yang mudah dijangkau.

KULINER YANG KHAS DAN UNIK

Kuliner merupakan hal yang terpisahkan dengan pariwisata yang tengah digalakan di Kota Pontianak, karena keragaman kuliner yang ada di Kota Pontianak ini cukup banyak, ada berbagai macam jenis kuliner yang ada di Kota Pontianak butuh waktu lama untuk menjelaskannya satu persatu, namun ada beberapa jenis kuliner yang lumayan terkenal hingga kemanca negera seperti :
  • Kwetiaw
Mie yang terbuat dari tepung beras ini cukup terkenal dan sangat mudah dijumpai di Kota Pontianak, karena banyak penjual yang menjual kwetiaw ini, dan variasinya juga cukup banyak seperti Kwetiaw goreng dan Kwetiaw rebus.
Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Kwetiaw Goreng
Kwetiaw baik itu yang digoreng maupun yang rebus memiliki tambahan daging dan sayuran yang terdiri dari sawi dan tauge, bahkan ada Kwetiaw yang hanya menambahkan telur atau hanya menggunakan sayuran tanpa ditambahkan daging.
Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Kwetiaw Rebus
Di Pontianak terdapat beberapa ikon yang khusus menjual Kwetiaw seperti di Apollo dan Polo yang berada di Jalan Pattimura, Kwetiaw Antasari yang terletak di Jalan Antasari no 72, dan masih banyak lagi penjual Kwetiaw yang tersebar di Sepanjang Jalan Gajahmada Maupun Tanjungpura, sobat tinggal pilih saja sesuai selera.
  • Pacri Nenas
Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Pacri Nenas di Rumah Makan Sahara, Sumber : Tukangjalanjajan.com
Sayur yang memiliki kuah sangat kental dengan rasa yang gurih dan beraroma sangat segar ini menggunakan bahan utama nenas dan terung, dengan kuah kental berwarna kuning hingga kemerahan ini adalah gulai vegetarian yang bisa dijumpai dibanyak rumah makan melayu yang tersebar di Kota Pontianak, namun untuk lebih memudahkan sobat bisa mengunjungi restoran sahara di Jalan Tanjungpurra Pontianak untuk mencicipi pacri nenas ini.
  • Bubor Paddas
Meskipun bukan masakan asli dari Pontianak, namun sangat mudah menjumpai Bubor Paddas ini karena makanan ini merupakan masakan khas melayu yang sangat disukai di Kota Pontianak, bentuknya seperti bubur nasi namun menggunakan beras yang digongseng dan ditambahkan kelapa sangrai, selain itu bubor paddas memiliki beberapa rempah yang khas di dalamnya seperti daun kesum, sayur pakis, dan aneka sayuran merupakan pelengkap di dalamnya serta ditambahkan taburan kacang dan ikan teri menjadikan rasanya makin gurih dan nikmat.
Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Bubor Paddas, Sumber :buruan.co
Rasanya yang unik dan mengenyangkan menjadikan Bubor Paddas sebagai makanan yang wajib sobat coba saat berkunjung ke Kota Pontianak.

ADAT ISTIADAT DAN BUDAYA YANG MENARIK

Adat istiadat serta budaya merupakan point menarik untuk dieksplor dalam meningkatkan pariwisata di Kota Pontianak karena, banyak wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah ingin melihat budaya serta adat istiadat dari masyarakat lokal.
  • Pontianak Oktoberfest
Pontianak Oktober Fest merupakan rangkaian kegiatan yang biasa diselenggarakan pada bulan Oktober setiap tahunnya, dalam rangka memeriahkan hari jadi Kota Pontianak yang jatuh pada 23 Oktober. Rangkaian kegiatan Pontianak Oktoberfest ini diadakan dalam balutan budaya melayu yang kegiatannya terdiri dari festival arakan pengantin hingga ke pemilihan bujang dare Pontianak.
Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Arakan Pengantin, sumber : travel.kompas.com
Event ini wajib sobat hadiri karena suasana budaya dan kemeriahannya sangat terasa, selain itu Pontianak Oktoberfest ini merupakan wujud pelestarian budaya melayu oleh Pemerintah Kota Pontianak.
  • Pekan Gawai Dayak
Pekan Gawai Dayak yang biasa dilaksanakan setiap tanggal 20 Mei ini merupakan wujud syukur masyarakat Dayak terhadap hasil panen yang melimpah ruah. Pekan gawai Dayak ini dikemas dalam wujud pagelaran dan berbagai macam atraksi budaya.
Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Pekan Gawai Dayak, Sumber : benarnews.com
Untuk Menghadiri Pekan Gawai Dayak cukup mudah karena sobat hanya perlu mengunjungi Rumah Radakng pada tanggal 20 mei, karena pekan gawai Dayak diadakan di Rumah Radakng Jalan Sultan Syahrir Pontianak selama sepekan, dengan berbagai macam aktrasi budaya seperti ritual naik dango, pameran seni, peragaan busana, karnaval, hingga permainan rakyat dayak, pekan gawai Dayak ini merupakan upaya pelestarian budaya Dayak di era globalisasi ini.
  • Festival Cap Go Meh
Festival Cap Go Meh ini merupakan festival yang diadakan oleh etnis Tionghoa didukung oleh Pemerintah Kota Pontianak, festival Cap Go Meh ini diadakan pada tanggal 7-12 Februari setiap tahunnya.
Pontianak, Kota Destinasi Favorit Masa Depan Indonesia
Festival Cap Go Meh, Sumber : jalan2.com
Festival Cap Go Meh  ini sudah sangat terkenal bahkan hingga ke manca negara adapun rangkaian acara yang dilaksanakan semuanya berbalut budaya Tionghoa seperti prosesi buka mata naga, ritual bakar naga, pawai Cap Go Meh, pemilihan gege dan meimei, dan festival barongsai, festival Cap Go Meh ini wajib sobat hadiri karena kemeriahan sangat luar biasa.

Dengan berbagai macam obyek wisata, kuliner yang unik, dan event-event menariknya sudah sewajarnya pariwista Kota Pontianak lebih ditingkatkan dan bisa menjadi pemasukan yang tentunya sangat menguntunkan bagi masyarakatnya, untuk sobat sekalian yang membaca tulisan saya ini, jangan lupa untuk hadir dan mengunjungi Kota Pontianak sebagai destinasi serta tujuan wisata sobat berikutnya. (RAA)

disclaimer “Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Pesona Kalbar 2017