Sehari Di Pontianak Kota Bersinar

12.01.00 Review Apa Aja 0 Comments

Apa? santai sejenak di tepian sungai Kapuas menghantarkan diri ini berhayal kemasa lalu, masa dimana Sultan Syarif Abdurahman Alkadrie berperang melawan Kuntilanak, yang konon katanya menguasai hutan belantara yang terbentang disepanjang sungai Kapuas, bersama pasukannya Sultan Syarif Abdurahman Alkadrie berhasil mengusir Kuntilanak yang asik ngongkrong bareng di atas pepohonan rimbun, ntah mimpi apa kuntilanak-kuntilanak tersebut, lagi asik-asik nongkrong eh ditembak dengan meriam oleh pasukan Sultan Syarif Abdurahman, kuntilanak pun kaget dan akhirnya memilih mengalah demi memuluskan jalan bagi Sultan Syarif Abdurahman Alkadrie mendirikan kerajaan Islam di Tanah Borneo, yang kelak siapa yang sangka menjadi Pontianak Kota Bersinar, lamunan ini terasa begitu nyata, dan tanpa terasa sudah mau hampir buka puasa, dan saya masih duduk termenung disini, di tepian sungai Kapuas.

Sehari Di Pontianak Kota Bersinar
Pontianak Kota Bersinar
Kota Pontianak, dulu hutan sekarang menjadi Kota, masih terngiang dibenak saya bagaimana orang-orang di pulau Jawa sering berkata, "Pontianak? kota yang masih penuh dengan hutan itu ya? Pontianak yang terpencil itu ya?" ya pada zaman itu sekitar tahun 1999, masih bisa dimaklumi Kota Pontianak memang tidak seramai sekarang, dan memang wajar orang-orang di pulau Jawa bisa berkata seperti itu, namun siapa sangka di tahun 2016 seperti sekarang masih ada yang beranggapan seperti itu, omaygod padahal Kota Pontianak yang sekarang sudah sangat padat, penuh dengan penduduk, mall mall dan hotel berdiri dengan megah, warung kopi berjejer dimana-mana, ah sungguh irony sekali untuk Pontianak Kota Bersinar.

Sehari Di Pontianak Kota Bersinar
Keraton Kadariyah Pontianak
Oh ya sobat Kota Pontianak mendapatkan julukan Kota Bersinar karena pada saat itu pemimpin-pemimpin Kota Pontianak berharap Kota Pontianak akan menjadi bersih, sehat, indah, aman, dan sejahtera diseluruh aspek dan sendi kehidupan masyarakatnya. 

Sehari Di Pontianak Kota Bersinar
Masjid Jami'
Jadi sobat sekalian pasti bertanya-tanya melalui tulisan ini apasih yang ingin saya review, ya saya hanya ingin membagikan cerita mengenai Kota Pontianak, Si Kota Bersinar yang merupakan kota Kelahiran saya, kota yang menjadi saksi perjalanan hidup saya selama 29 tahun umur saya, serta menjadi tempat kelahiran anak saya juga sob.

Sehari Di Pontianak Kota Bersinar
Tugu Khatulistiwa
Kota Pontianak merupakan kota yang dilalui garis khatulistiwa yang merupakan garis imaginer yang membagi Bumi menjadi dua bagian, di Kota Pontianak terdapat tugu yang ikonik, tugu yang menunjukkan arah garis khatulistiwa, yaitu Tugu Khatulistiwa, selain itu ada beberapa destinasi yang bisa sobat kunjungi, seperti Keraton Kesultanan Pontianak beserta Masjid Jami' yang merupakan saksi bisu sejarah perperangan antara Sultan Syarif Abdurahman Alkadrie, selain itu sobat bisa mengunjungi museum daerah yang menyimpan berbagai macam memoribilia dan saksi sejarah Kota Pontianak, Kalimantan Barat pada umumnya.

Sehari Di Pontianak Kota Bersinar
Festival Meriam Karbit
Selain mengunjungi tempat - tempat bersejarah yang ada di Kota Pontianak, sobat mesti coba mengunjungi warung-warung kopi yang tersebar diseluruh penjuru Kota Pontianak, dan jangan lupa cicipi pisang goreng srikaya khas Kota Pontianak ya sobat.
Berhubung masih dalam suasana bulan ramadan ada event yang sayang kalau dilewatkan sob, yaitu festival meriam karbit, festival ini hanya dilaksanakan di bulan Ramadan, maka dari itu sobat sekalian yang berkunjung ke Kota Pontianak wajib menyaksikan festival meriam karbit ini sob (dipostingan/review berikutnya akan saya jelaskan secara mendetail), serta jangan lupa menikmati kuliner khas yang hanya ada di bulan Ramadan yaitu sotong pangkong yang menjadikan hari-hari di bulan Ramadan menjadi bersinar.

Sehari Di Pontianak Kota Bersinar
Sotong Pangkong
Baiklah tulisan ini hanya sekedar review singkat mengenai Pontianak Kota Bersinar yang menjadi tempat tinggal, rumah, home sweet home, bagi saya kota Pontianak merupakan kota kelahiran yang penuh cerita dan kisah. Meskipun kota Pontianak memang jauh dari kata Bersinar, namun bukan tidak mungkin kelak Kota Pontianak menjadi sangat bersinar, menjadi Kota Megapolitan yang rakyatnya aman damai dan menjadi kota yang maju (ini harapan saya sob) #hehe. 
Sekian tulisan saya kali ini semoga bisa menjadi informasi, wawasan dan memberikan manfaat bagi sobat sekalian, sampai jumpa direview saya berikutnya.(RAA)

Demi mendukung Pontianak menjadi Smartcity Dinas Pariwisata meluncurkan video promosi Kota Pontianak yang keren sekali sobat, jangan lupa ditonton ya videonya, berikut videonya :



Sumber Foto : 
3. Masjid Jami 
5. Meriam Karbit, dan

Baca Juga : Jazz In Town